- sponsor -

CEO Tesla, Elon Musk kembali pengaruhi pasar kripto. Belum usai pemberitaannya beberapa waktu lalu mengenai isu lingkungan akibat penambang bitcoin, kini Elon Musk kembali membuat Bitcoin Jatuh Lagi.

Sebelumnya, pada Jumat (4/5/2021) pagi, bitcoin sempat menguat 1,5%. Namun hanya beberapa hitungan jam kembali turun tajam. Cuitan Elon Musk di twitter memberikan dampak besar bagi perubahan pasar saham digital ini.

Tidak hanya bitcoin, pergerakan mata uang kripto lainnya juga mengalami penurunan. Lika-liku kripto naik turun dengan cepat, dan membuat trader atau investor merasa khawatir.

Elon Musk seakan menjadi kunci utama dari pergerakan mata uang kripto, ketika ia menyampaikan bahwa pembelian Tesla akan menggunakan Bitcoin, disaat yang sama harga mata uang kripto melejit.

Namun beberapa waktu setelahnya, ketika Elon Musk mengatakan akan meninggalkan bitcoin dan menyampaikan isu lingkungan, mata uang kripto melesat jatuh. Bitcoin berangsur membaik setelah mendapat dukungan dari beberapa pihak, khususnya Blokchain. Dan kini harus kembali jatuh hanya dalam hitungan beberapa jam saja.

Pergerakan Mata Uang Kripto yang Merosot Tajam
Pergerakan Mata Uang Kripto yang Merosot Tajam

Pergerakan Mata Uang Kripto yang Merosot Tajam

Saat ini, semua mata uang kripto sedang merosot tajam sejak Jumat (4/6/2021) sore waktu Indonesia. Tidak hanya bitcoin, mata uang lainnya juga ikut jatuh. Bitcoin kembali jatuh 5,11% ke level US$ 36.652,20 per koinnya atau setara dengan Rp.524.589.775/koin.

Sama halnya sengan Ethereum (ETH) yang merosot 7,54% ke US% 2.630,33 per koinnya (RP. 37.614.867/koin). Mata uang lainnya seperti LItecoin ambruk 8,86% ke US$ 174,01 per koin (RP. 2.488.216/koin).

Mata uang Chainlink jatuh 11,78% ke US$ 28,23 per koin (Rp. 404.070/koin). Ripple merosot 9,65% ke US$ 0,942 per koin (Rp. 13.447/koin). Mata uang Cardano yang beberapa waktu lalu mengumumkan akan berkolaborasi dengan Nervos juga jatuh 7,83% ke US$ 1,653 per koin (RP. 23.677/koin).

Sama halnya dengan Dogecoin yang melesat jatuh hingga 15,29% ke US$ 0,365 per koin (Rp. 5.221/koin). Pergerakan mata uang kripto ini secara kompak mengikuti gerakan CEO mobil listrik tersebut.

Ini tentunya semakin membuat trader dan investor khawatir, selain itu kerugian yang didapat juga sangat besar. Sebelumnya di pertemuan yang membahas mata uang Bitcoin pada tahun 2021 di Miami, Negara Amerika Serikat pada tanggal 4-5 bulan Juni sempat mempengaruhi harga kripto yang mendorong bitcoin ke level $ 38.000.

Bitcoin Jatuh Lagi Karena Cuitan Twitter Elon Musk
Bitcoin Jatuh Lagi Karena Cuitan Twitter Elon Musk

Bitcoin Jatuh Lagi Karena Cuitan Twitter Elon Musk

Cuitan Elon Musk seakan menjadi magnet yang bisa membuat pergerakan mata uang kripto naik turun. Bos Tesla ini berhasil membuat dirinya menjadi pengaruh bagi pasar bitcoin cs. Setelah sebelumnya ia me-tweet tidak akan menggunakan mata uang bitcoin untuk Tesla.

Bitcoin cs melesat jatuh hingga menyebabkan kerugian ratusan miliar. Sama halnya dengan tweet yang kembali ia posting pada Jumat (4/5/2021) yang dilengkapi dengan tagar bitcoin dan emoji patah hati.

Cuitan tweet Musk ini tentu mendapat beragam respon, dan bisa disalahartikan oleh beberapa trader atau investor. Dalam cuitan Elon Musk kali ini menunjukkan gambar sepasang kekasih sedang bertengkar dengan disertai tulisan

Her: I know I said it would be over between us if you quoted another Linkin Park song but I’ve found someone else.
Him :So in the end it didn’t even matter?

Meski tidak ada ungkapan bahwa ia akan meninggalkan bitcoin, namun tweet ini diartikan sebagai ungkapan Musk akan segera meninggalkan bitcoin cs.

Seperti roller coaster, Musk mengendalikan mata uang kripto dengan cuitannya. Setelah diposting, beberapa waktu kemudian, mata uang digital yang sempat menguat kembali merosot.

Melalui tweetnya kadang membuat pelaku pasar resan dan pasar kripto seakan menjadi rapuh. Nilai yang jatuh juga tidak sedikit mencapai miliaran juta rupiah.

- sponsor -