- sponsor -

Vitalik Buterin, pendiri Eheretum, turut meramaikan konferensi Ungkap Masa Depan ETH di Buenos Aires, Argentina. Pria berkebangsaan Kanada tersebut memberikan kuliah mengenai mata uang crypto secara gratis pada kunjungannya tersebut.

Buterin sendiri menyampaikan beberapa hal mengenai cryptocurrency. Termasuk juga kondisinya ketika dirinya sudah tidak ada untuk mendukung salah satu jenis mata uang terpopuler saat ini.

Vitalik Buterin Ungkap Masa Depan ETH Tetap Stabil Tanpa Dirinya

Koran Crypto - Vitalik Buterin Ungkap Masa Depan ETH Tetap Stabil Tanpa Dirinya

Pada konferensi tersebut, mantan presiden Mauricio Macri juga menghadirinya. Macri turut memuji cryptocurrency yang menurutnya merupakan teknologi dengan pikiran maju. Buterin menanggapi dengan mengungkapkan rasa kagumnya terhadap komunitas Ethereum Argentina.

Mengutip dari Yahoo Finance pada Selasa 28/12/21 kemarin, Buterin memuji berbagai proyek yang berasal dari komunitas tersebut. Misalnya Kleros, OpenZeppelin, Nomics, hingga Proof of Humanity.

Dirinya juga berpendapat bahwa Argentina sangat membutuhkan teknologi blockchain. Tentunya hal tersebut dilakukan sembari memanfaatkan bakat penduduknya. Selain itu Vitalik juga membicarakan protokol Proof of Stake serta Proof of Work.

Dirinya mengungkapkan akan bermigrasi ke Protokol of Stake (PoS), dibandingkan Protokol of Work (PoW). Mengingat PoW membutuhkan banyak enrgi serta material pertambangan. Sehingga ini rentan terkena sensor pemerintah.

Pada konferensi tersebut Vitalik menyebut para pengembang digital pula. Dirinya meminta mereka untuk menerima tantangan serta mulai menyingkirkan sentralisasi infura. Berikut juga mengenai masalah desentralisasi.

Pendiri Ehereum tersebut mengungkapkan bahwa konsep desentralisasi tidak akan berarti tanpa pemimpin. Maka pemimpin juga tidak mampu membuat keputusan sepihak. Lebih tepatnya harus mempertimbangkan keputusan setiap orang.

Namun tentunya ada kemungkinan pemimpin baru akan muncul. Menjadikan dirinya percaya, nantinya Ethereum berpeluang lebih terdesentralisasi seiring berjalannya waktu. Lebih lanjut, Vitalik meyakini Ethereum mampu stabil walaupun tanpa dirinya.

Cryptocurrency sendiri tidak perlu dukungan darinya lagi untuk mampu berdiri kokoh. Dia juga meyakini bahwa fondasi mata uang tersebut cukup kuat, sehingga mampu menahan kekurangan lainnya.

Harga Ethereum Menguat Dalam Sepekan Terakhir, Begini Cara Belinya di Indonesia

Korancrypto - Harga Ethereum Menguat Dalam Sepekan Terakhir, Begini Cara Belinya di Indonesia

Terlepas dari konferensi pendirinya, harga Ethereum (ETH) menurun dalam 24 jam terakhir. ETH ikut terbakar merah pada perdagangan tanggal 28 Desember 2021. Mengingat beberapa mayoritas cryptocurrency secara bersamaan mengalami penurunan.

Pada 24 jam terakhir ini saja, ETH turun sebesar 5,63%. Kini harganya ada di nilai Rp54.213.896,-. Meskipun demikian dalam sepekan ini Ethereum masih menguat hingga 1,15%.

Kalau Anda tertarik dengan popularitas Ethereum ini, bisa mulai dengan cari cara investasinya. Dimana Anda bisa membelinya lewat exchange maupun website yang menyediakan ETH di Indonesia.

Kalau ingin membelinya dengan rupiah, maka bisa lewat Luno.com, Indodax.com, atau Triv.co.id. Nantinya Anda dapat deposit dalam bentuk rupiah, kemudian langsung menukarkannya dengan cryptocurrency ETH.

Kemudian opsi untuk membeli Ethereum dengan menukarkannya dari crypto lain. Maka Anda bisa menggunakan Binance.com atau Changelly.com. Kalau punya crypto lain pada dua web tersebut, maka bisa menukarkannya dengan ETH.

Anda juga bisa memilih opsi untuk membeli Ethereum pada exchange internasional. Misalnya di Coinbase.com. Nantinya diharuskan untuk buat akun, verifikasi, kemudian transfer rupiah ke platform untuk dapat beli ETH.

Nantinya setelah membeli baik dengan rupiah, penukaran crypto, maupun lewat exchange internasional, jangan lupa simpan Ether dengan aman. Salah satu caranya adalah dengan memakai dompet hardware.

Contoh dompet hardware sendiri ada Ledger Nano S, Ledger Blue, maupun Trezor. Anda tinggal pilih yang sesuai kebutuhan dan budget. Misalnya Ledger Blue yang menawarkan user experience berupa ukuran layarnya.

Pada konferensi, Vitalik Buterin menyebut ETH akan tetap kuat tanpa dirinya. Bagi Anda penggemar crypto Indonesia yang tertarik membeli, bisa dilakukan melalui exchange maupun website pilihan.

- sponsor -