- sponsor -

Beberapa mata uang kripto kini sedang naik daun hingga harganya melambung jauh. Tetapi, beberapa diantaranya seperti bitcoin, XRP dan Stellar kemarin mengalami koreksi, sedangkan Uang Ethereum dan doge terus naik.

Sesuai data dari Coindesk, harga bitcoin koreksi sebesar 4,1 persen menuju level US$55,796 atau setara dengan 803 juta rupiah. Tentunya koreksi dalam jumlah besar ini cukup mengejutkan para investor.

Bitcoin dalam 2 hari terakhir diperdagangkan hingga US$ 57,59 miliar kali dengan kapitalisasi pasar mencapai angka US$ 1,04 triliun. Sepekan terakhir harga mata uang kripto memang sedang mengalami kenaikan.

Harga bitcoin bahkan bergerak antara US$52,760-58,812. Sebelumnya, sejarah penjualan tertinggi bitcoin mencapai angka US$62,829. Sejak awal tahun ini, imbal hasil bitcoin tercatat di angka 91,98 persen.

Sedangkan, mata Uang ethereum mengalami pergerakan yang cukup signifikan. Ethereum memasuki level US$3.230 atau setara dengan 46,54 juta rupiah. Angka ini mendekati pencapaian tertinggi ethereum yaitu 49, 8 juta.

Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder
Ethereum Cetak Rekor Tertinggi

Uang Ethereum Meningkat Tajam

Sejak awal tahun ini, ethereum berhasil memberikan return atau imbal hasil mencapai 356,21 persen. Menurut data dari Coindesk, total koin ethereum sudah beredar mencapai 115,73 juta koin.

Jenis ethereum tentunya berbeda dengan bitcoin. Aset kripto yang satu ini lebih terfokus bertindak sebagai platform yang mengembangkan dan membangun aplikasi. Uang digital yang digunkan bernama ether.

Meningkatnya harga ethereum didukung oleh munculnya pemberitaan European Investment Bank yang berencana untuk menerbitkan obligasi digital pertama pada blockchain ethereum. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi peningkatan ethereum.

Ada juga Sergey Nazarov merupakan salah satu orang dari perusahaan kontrak pintar Chainlink yang memberikan tanggapan. Sergey menyebutkan ribuan pengembang sedang membangun aplikasi untuk produk keuangan tradisional.

Pembangunan ini direncanakan dengan cara terdesentralisasi di atas ethereum. Semakin banyaknya pengguna yang berdatangan juga membuat para pengembang memerlukan ether sebagai media untuk transaksi tersebut.
Sergey juga menambahkan terkait minat institusional yang meningkat. Beliau menyatakan bahwa adanya minat institusional dalam blockchain ethereum publik serta pihak yang berkepentingan melakukan explorasi melalui pemanfaatan jaringan publik.

Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder
Vitalik Buterin jadi Miliarder

Pencipta Ethereum Jadi Miliarder

Kemajuan penjualan yang sangat signifikan berpengaruh pada pelopor blockchain ethereum. Pria bernama Vitalik Buterin saat ini menjadi miliarder kripto termuda di dunia setelah harga ethereum melambung.

Pria berusia 27 tahun tersebut mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga ethereum sejak Senin kemarin. Hari itu, harga ether mencapai US$3.000 atau sekitar 43,14 juta rupiah atau naik hingga 325 persen.

Buterin tercatat memiliki aset ether mencapai 33,520 ETH yang menyentuh harga US$1,09 miliar atau setara dengan 15,67 triliun rupiah. Saat itu, harga ether mencapai US$3,278.

Data dari Forbes juga menunjukkan bahwa kapitalisasi ethereum sudah mencapai US$376 miliar, menduduki posisi kedua setelah bitcoin yang mencapai US$1,08 triliun. Tentunya angka ini sangat memberikan keuntungan para investor ether.

Kenaikan nilai ether dimulai sejak awal tahun ini. Tentunya didukung oleh popularitasnya aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) sebagai pengganti dari perantara keuangan tradisional pada bank, perusahaan asuransi ataupun perusahaan lainnya.

Agregator data DeFi Pulse juga menunjukkan lebih dari US$72 miliar berada pada aplikasi tersebut. Meskipun dalam keadaan yang terus meningkat, ethereum masih menghadapi saingan seperti Binance Smart Chain.

Tahun 2021 Buterin meluncurkan ethereum. Ia juga pernah mendirikan Majalah Bitcoin bersama mihai Alisie saat berusia 18 tahun. Tercatat sebanyak US$600.000 token ether disumbangkan untuk bantuan dana Covid-19 di India.

Peningkatan tajam harga ethereum memang memberikan keuntungan bagi investor yang memiliki aset ini. Tidak terkecuali Buterin sebagai peluncur ether menjadi miliarder termuda akibat pelonjakan harga ethereum.

- sponsor -