- sponsor -

Sejak beritanya, kini banyak pengguna berharap Uang Digital Kripto bisa halal agar sedikit lebih leluasa untuk menjadikannya sebagai alat tukar. Sebagaimana sebelum berita tersebut dikeluarkan oleh MUI, kripto masih digunakan dalam perdagangan.

Mata uang digital kripto merupakan sebuah mata uang yang tidak membutuhkan bentuk fisik untuk bisa digunakan. Akan tetapi, mata uang yang tidak berbentuk fisik ini tetap memiliki nilai tukar cukup baik serta bisa disimpan dalam dompet digital.

Transaksi menggunakan mata uang digital kripto ini dilakukan secara anonym namun akan diamankan oleh teknologi bernama blockhain. Hal ini yang kemudian dilihat oleh MUI sebagai alasan untuk menjadikannya alat tukar haram.

Setelah melihat adanya perlawanan dari pengguna mata uang ini, akhirnya MUI berikan beberapa syarat yang harus dilakukan agar kripto bisa halal. Meski baru beberapa hari mengeluarkan fatwa tersebut, namun MUI memang tidak menutup kemungkinannya.

MUI Nyatakan Kripto Haram Sebagai Alat Tukar

Korancrypto - MUI Nyatakan Kripto Haram Sebagai Alat Tukar

Fatwa yang dikeluarkan oleh MUI mengenai mata uang digital kripto cukup mengejutkan pasar perdagangan di Indonesia. Tentu saja ada alasan dibalik keputusan fatwa yang dikeluarkan oleh MUI alias Majelis Ulama Indonesia

Adapun alasannya tersebut disebutkan oleh Ketua MUI bidang Fatwa, yaitu KH Asrorun Nia’m Sholeh yang menjelaskan bahwa mata uang digital kripto mengandung gharar, dharar, serta bertentangan dengan UU nomor 7 tahun 2011.

Selain itu, menurut Ketua MUI ini perlakuan mata uang digital kripto tidak sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia nomor 17 tahun 2015. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat mata uang digital kripto bisa halal dengan berbagai syarat yang ada.

Karena jika secara syar’i nya maka mata uang ini harus memiliki bentuk fisik, jumlah yang pasti, hak kemilikan, serta memiliki nilai dan bisa diserahkan ke pembeli. Keputusan Ketua MUI ini ternyata hanya memberikan efek kejut pada beberapa penggunanya saja.

Syarat Mata Uang digital Kripto Bisa Halal

Koran Crypto - Syarat Mata Uang digital Kripto Bisa Halal

Setelah pernyataan yang dikeluarkan beberapa hari lalu, Wakil Sekretaris Jenderal MUI yaitu Kyai Fakhrur Razi menyebutkan bahwa hukum akan berkembang sesuai dengan alasannya. Wakil Sekretaris MUI ini sebut bahwa kripto bisa halal.

Latar belakang yang membuat spekulasi mengenai kripto seperti sedang berjudi, tidak ada manfaatnya, serta bisa merugikan dalam jumlah besar mulai ditepis. Apalagi mengenai bahwa tidak ada negara yang menjamin mata uang digital ini.

Oleh karena itu, jika semua alasan-alasan di atas bisa terpecahkan, maka mengapa tidak mungkin membuat mata uang tersebut menjadi halal di Indonesia? Kyai Fakhrur juga menyebutkan bahwa jika ada yang menjamin keselamatan alat tukar ini bisa menjadi syaratnya.

Tujuan dari mengeluarkan keputusan bahwa kripto haram karena MUI tidak menginginkan umatnya mengalami penipuan. Dimana suatu keadaan yang besar membuat mereka dirugikan besar-besaran.

Maka syarat kripto bisa halal harus dipenuhi terlebih dahulu. Apalagi melihat bahwa di masa pandemi banyak orang yang akhirnya coba-coba karena tidak memiliki pekerjaan. Sehingga kemungkinan terjadinya orang yang buntung akan semakin bunting.

Dan untung akan semakin untung menjadi lebih besar. Harapan dan keinginan MUI adalah semua masyarakat dapat melakukan investasi secara sehat. Mencari keuntungan diperbolehkan.

Namun bukan dengan prediksi menang kalah seperti yang dilakukan pada kegiatan berjudi. Dasar serta semua alasan yang disampaikan sekiranya bisa dijadikan sebagai syarat agar suatu saat kripto bisa halal di Indonesia.

- sponsor -