- sponsor -

Transaksi Crypto Indonesia Naik, Pertumbuhan bahkan mencapai empat kali lipat atau 75% di tahun 2021 ini sebut salah satu platform, Luno.

Tidak hanya di Indonesia, pencapaian lain Luno juga dapatkan secara global. Salah satunya pendanaan yang diberikan oleh Digital Currency Group (perusahaan induknya) sebesar USD700 juta.

Capaian selanjutnya adalah dari segi pertumbuhan karyawannya, dimana kini sudah memiliki nyaris 700 anggota tim. Platform tersebut juga sudah melayani di lebih dari 40 negara dan pelanggannya mencapai 9 juta.

Sudah Joint Venture dengan PT Multipolar Tbk

Koran Crypto - Sudah Joint Venture dengan PT Multipolar Tbk

Berniat perluas akses crypto di kalangan investor Indonesia, Luno belum lama ini melakukan joint venture dengan PT Multipolar Tbk (MPC). Tujuannya tentu memperkuat ekosistem perdagangan di Indonesia mengenai aset digital.

Startup asal Singapura tersebut melakukannya karena kepemilikan aset crypto di Indonesia semakin berkembang pesat. Ditunjukkan oleh data Bappebti bulan Oktober 2021, mengenai jumlah investor crypto Indonesia mencapai 10 juta orang.

Pada Rabu (29/12/2021) Country Manager Luno Indonesia, Jay Jayawijayaningtiyas memberikan pendapatnya mengenai investor crypto di Tanah Air. “Indonesia memiliki potensi jadi pemain aset kripto terbesar, khususnya di Asia Tenggara.”

Dirinya menyebutkan bahwa pertumbuhan tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah investor aktif yang sampai lima kali lipat. Sepertiga diantaranya merupakan investor Tanah Air yang berfokus pada cryptocurrency Bitcoin.

Menurut Jay pertumbuhan nilai transaksi perdagangan crypto di Indonesia menunjukkan kuatnya animo masyarakat. Sehingga mendorong Luno untuk lebih aktif mengedukasi berbagai kalangan. Salah satunya dengan konten yang mudah dipahami.

Pihak Luno juga meyakini bahwa adopsi aset crypto kini masih ada di tahap awal, terlepas dari pertumbuhan pesatnya. Bahkan survei tahun 2021 masih menunjukkan beberapa keraguan masyarakat umum mengenainya.

Survei Luno Terhadap Transaksi Crypto Indonesia Naik Tunjukkan Stigma Negatif Masyarakat

Korancrypto - Survei Luno Terhadap Transaksi Crypto Indonesia Naik Tunjukkan Stigma Negatif Masyarakat

Tahun 2021 YouGov dan Luno melakukan survei mengenai aset crypto, sehingga menemukan beberapa alasan masyarakat umum ragu investasi. Kisaran 62% masyarakat Indonesia tidak investasi kripto karena tidak tahu caranya.

Berhubungan dengan keraguan tersebut, responden juga menyebut bahwa pengetahuan lanjut diperlukan untuk menjadikan mereka tertarik investasi crypto. Intinya stigma negatif tentang kripto banyak muncul dari mereka yang belum mengerti.

Contohnya anggapan bahwa investasi aset kripto akan sulit, serta investor berpengalaman saja yang mampu melakukannya. Selain itu banyak anggapan malas berinvestasi karena kabar mengenai kasus penipuan berkaitan dengannya.

“Menjadikan Kami membuat strategi untuk memperbanyak konten edukasi. Dimana tujuannya untuk meluruskan stigma negatif tersebut. Selain itu juga memberi pemahaman masyarakat untuk menjaga diri dan dananya seaman mungkin.” Tambah Jay.

Jay juga menyebutkan strategi lainnya yaitu ingin membantu investor baru untuk paham dasar crypto dalam 30 menit saja. Jay juga menambahkan mengenai dukungan platform cryptocurrency tersebut kepada Pemerintah Indonesia.

Dukungan tersebut berfokus pada standardisasi regulasi mengenai industri crypto Tanah Air. Mengingat kebijakan baru mengenai cryto dapat memberi kejelasan serta perlindungan untuk investor maupun entitas bisnis.

Perwakilan startup asal Singapura tersebut mempercayai bahwa inisiatif ini mampu menjadi titik awal terbaik untuk meningkatnya adopsi kripto. Mengingat masyarakat juga akan lebih aman serta percaya diri ketika masuk pasaran.

Berdasarkan laporan Messari Crypto, diperkirakan ke depannya fase ‘Web3’ mampu semakin luar. Dimana ini mengacu ke fase ketiga tentang perkembangan internet, khususnya dari fase Web1 dan Web2.

Pada fase Web3, pengguna internet akan dapat memproduksi, mengkonsumsi, hingga punya aset virtual pada Web3. Misalnya saja punya aset crypto, NFT, hingga aset digital yang baru dibangun, Metaverse.

- sponsor -