- sponsor -

Pada hari Senin kemarin, tepatnya tanggal 8 Agustus 2022, Departemen Keuangan AS menyetujui larangan penggunaan platform pencampuran mata uang kripto, Tornado Cash karena penggunaannya yang luas untuk mencuci hasil kejahatan.

Brian Nelson, Wakil Sekretaris untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan di Kantor Terorisme dan Intelijen Keuangan Departemen Keuangan AS, menyatakan bahwa platform Tornado Cash sering sekali digunakan untuk mencuci uang. Oleh karena itu, Tornado Cash gagal dalam menerapkan konstrol efektifnya ke dfalam platform.

Tornado Cash Dilarang Oleh Departemen Keuangan AS

Korancrypto.com || Tornado Cash Dilarang Oleh Departemen Keuangan AS

Platform Crypto Asset Mixer dirancang untuk mengaburkan jejak dana dengan mencampurkan token mereka sendiri dengan kumpulan aset individu lainnya di platform. Ini melampaui platform kripto tradisional dengan menyembunyikan identitas orang-orang yang terlibat di dalam transaksi.

 Tornado Cash, di sisi lain, sering digunakan oleh beberapa orang  sebagai perlindungan privasi yang sah. Namun, pemerintah AS mengatakan pihaknya memfasilitasi kegiatan ilegal, termasuk penipuan dan kejahatan dunia maya.

“Mixer mata uang kripto yang mendukung kriminal akan menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Amerika Serikat”. Kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan.

Tornado digunakan dalam beberapa pencurian crypto bernilai tinggi tahun ini. Termasuk mencuri token senilai $615 juta dari Ronin Network, jaringan yang mendukung game P2E Axie Infinity.

Baca Juga:
100% Modal Kembali ada disini!

Selanjutnya, serangan tornado senilai $100 juta juga terjadi pada startup mata uang kripto AS Harmony. Keduanya telah dikaitkan oleh peneliti keamanan dengan Lazarus Group, kelompok peretasan yang didukung pemerintah Korea Utara.

Perusahaan analitik Blockchain Elliptic telah menemukan bahwa setidaknya $ 1,5 miliar hasil dari ransomware, peretasan, penipuan, dan kejahatan lainnya. Disebut sebagai tempat mencuci uang melalui Tornado Cash, dicuri dari Harmony Bridge pada 1 Juni dan seluruh miliar dolar dicuci melalui layanan ini.

Departemen Keuangan AS telah mengutip angka yang jauh lebih tinggi untuk Platform tersebut. Dengan mengatakan telah digunakan untuk mencuci mata uang kripto senilai lebih dari $7 miliar sejak didirikan pada 2019. Angka ini mengacu pada jumlah total aset kripto yang dikirim melalui Tornado Cash.

Tindakan terhadap Platform tersebut mengikuti sanksi serupa yang dikenakan pada Blender.io, layanan pencampuran kripto populer lainnya, pada Mei 2022 lalu.

- sponsor -