- sponsor -

Penambangan Bitcoin ilegal sudah berhasil ditemukan oleh kepolisian di Inggris. Tapi yang cukup mengagetkan ternyata sebelumnya teridentifikasi sebagai tempat penumbuhan ganja. Tapi tetap saja kasus ini mengungkap tabir crypto ilegal.

Penambangan Bitcoin Ilegal dan Mencurigakan di Inggris
Penambangan Bitcoin Ilegal dan Mencurigakan di Inggris

Proses penggeledahan sendiri dilakukan langsung oleh pihak kepolisian Birmingham. Lebih tepatnya dekat area industri mendekati daerah pinggiran negeri Ratu Elizabeth. Ternyata kegiatan tersebut sangat merugikan bagi negara karena dampak negatifnya.

Penambangan Bitcoin Ilegal dan Mencurigakan di Inggris

Sebelum proses penggeledahan dilakukan oleh kepolisian Birmingham, sebenarnya ada beberapa masalah lain muncul. Misalnya saja adanya pencurian daya listrik. Di mana berhasil merugikan negara sampai ribuan Pondsterling banyaknya.

Dengan beberapa identifikasi dan hasil penyelidikan inilah kemudian langsung dilakukan penggerebekan pada unit gedung Sandwell. Hal ini dilakukan mulai dari tanggal 18 Mei 2021 sampai selesai. Kepolisian sebelumnya dibantu intel.

Intel tersebut sebenarnya khusus menyelidiki tentang penyalahgunaan narkoba. Terutama perkebunan ganja berskala kecil. Unik gedung yang digeledah ini sudah diidentifikasi kemungkinan besar menjadi tempat jual beli.

Sementara itu sebelum proses penggeledahan dilakukan, terlihat banyak orang keluar masuk. Polisi tambah curiga karena banyak kabel serta saluran ventilasi terbuka. Di mana mirip dengan gedung tempat kebun ganda.

Selain itu pihak penyidik juga melihat melalui drone supaya lebih jelas. Mereka menemukan suhu panas yang cukup melimpah. Di mana ternyata memang banyak orang ada dalam gedung tersebut.

Tentu saja kemudian pihak kepolisian mengklasifikasikan sebagai tanda umum apabila sebuah gedung menjadi tempat perkebunan ganja. Hasilnya tidak pakai lama langsung digeledah. Meski akhirnya mereka malah menemukan fakta tidak biasa.

Pada saat penggeledahan terjadi, polisi menemukan lebih dari 100 komputer dan berhasil diamankan. Tapi sayangnya memang tidak ditemukan satu gram ganja sekalipun. Akhirnya langsung dinyatakan bersih dari obat-obatan terlarang.

Menurut kepala penyelidik yakni Jennifer Griffin sebelumnya sama sekali tidak menyangka kalau hanya berupa tambang crypto semata. Hasilnya kepolisian wilayah West Midlans harus bekerja lebih keras menemukan kebun ganja ilegal.

Penyitaan Alat Bukti Berupa Komputer
Penyitaan Alat Bukti Berupa Komputer

Penyitaan Alat Bukti Berupa Komputer

Untuk penyitaan komputer memang tetap dapat dilakukan karena kegiatan mining bersifat ilegal. Memang hanya dipakai sebagai penyelesaian persamaan matematika. Di mana kemudian mampu mempermudah mining bagi para penambang.

Tapi sebenarnya tidak begitu sederhana karena membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Apalagi jumlah komputer dan peralatan pendukung lain cukup banyak. Terlebih ditambah lagi kasus pencurian daya yang merugikan.

Bisa dibilang kegiatan mining memang memiliki beberapa efek negatif bagi lingkungan. Selain menyerap daya listrik, bakal mengeluarkan jejak karbon. Contohnya sudah terjadi di Selandia Baru yang dianggap rentan dan berbahaya.

Sementara itu meski komputer berhasil disita, tapi tidak dapat menangkan orangnya. Hal ini disebabkan karena tidak ada orang yang membuat laporan khusus. Terlebih tidak mengganggu karena sifatnya rahasia.

Perlu diketahui kalau kegiatan penambangan bitcoin tidak ilegal di Inggris. Bahkan sampai sekarang sudah tergolong cukup maju dibanding negara lain. Apalagi bakal berguna untuk berjuang memajukan keuangan Inggris.

Bahkan banyak miners atau penambang memperoleh apresiasi khusus dari pemerintah. Mereka dianggap mau berjuang memajukan mata uang digital negara. Apalagi punya peluang agar bisa terus berkembang.

Tapi tentunya pemerintah Inggris selalu menganjurkan penambangan secara legal. Terutama tidak ada kesalahan hukum sehingga dianggap legal. Pastinya faktor keamanan juga menjadi prioritas utama agar tetap maksimal.

Terlebih crypto khususnya bitcoin belakangan sedang memperoleh pamor kurang baik. Buktinya di negara lain seperti Iran sudah dilarang sementara waktu ini. Penyebab utamanya karena memakan daya sangat besar setiap harinya.

- sponsor -