- sponsor -

Salah satu Perusahaan raksasa yang bergerak dibidang crypto, Tether mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan meluncurkan “StableCoin GBPT” bulan depan dengan underlaying pound Inggris. langkah ini diambil berbarengan dengan London yang menyusun rencana untuk mengatur jenis mata uang digital.

Stablecoin adalah cryptocurrency yang dirancang untuk menjaga nilai stabil terhadap mata uang tradisional atau komoditas seperti emas. Stablecoin dirancang untuk menghindari volatilitas yang membuat mata uang Kripto seperti bitcoin dan token digital lainnya terlalu beresiko dan spekulatif.

Apa itu StableCoin GBPT?

Koran Crypto - Apa itu StableCoin GBPT?

Pasar Crypto diguncang bulan lalu ketika nilai terraUSD, stablecoin yang menggunakan algoritma kompleks, runtuh, menyoroti pentingnya stablecoin bagi dunia perdagangan crypto.

Stablecoin Tether yang berbasis di British Virgin Islands yang didasari dolar tersebut merupakan Stablecoin terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan sekitar $68 miliar yang beredar.

Stablecoin diharapkan dapat menjadi media pemindahan dana dari tunai ke mata uang kripto. Tokennya didukung oleh campuran dolar, obligasi utang pemerintah, dan utang jangka pendek yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Keruntuhan TerraUSD menimbulkan fenomena ‘panic selling’ pada pasar kripto dimana TerraUSD yang dikatkan akan stabil 1:1 terhadap dolar terpatahkan. Hal tersebut mengguncang kepercayaan investor terhadap stablecoin lebih-lebih mata uang kripto.

Inggris berencana untuk membuat undang-undang untuk membawa beberapa stablecoin di bawah pengawasan regulator. Bagian dari rencana untuk mengeksploitasi potensi teknologi crypto dan blockchain untuk membantu konsumen melakukan pembayaran dengan lebih efisien.

Kenapa harus memilih terraUSD?

Korancrypto - Kenapa harus memilih terraUSD?

GBPT merupakan usaha terbaru dari perusahaan raksasa Kripto, Tether untuk dapat membuat alternatif TerraUSD dengan membuat stablecoin yang dipatok 1:1 dengan mata uang Poundsterling. Diharapkan GBPT dapat mempermudah transaksi perdagangan kripto di Birtania Raya.

Stablecoin GBPT nantinya akan bergabung bersama 3 stablecoin lain yang sudah didukung oleh Tether. Ini termasuk EURT berdasarkan euro, dan CNHT yang didasari yuan Tiongkok, bersama dengan MXNT yang didasarkan peso Meksiko yang lebih baru.

Terlepas dari aksi jual besar-besaran crypto yang saat ini sedang berlangsung. Tampaknya beberapa pemerintah besar dunia melihat peluang yang disajikan oleh stablecoin, dan ingin memanfaatkan kemungkinan yang bisa mereka dapat.

Pemerintah Inggris telah mengumumkan bahwa setelah membawa stablecoin tertentu di bawah peraturannya. Maka mereka dapat dikenali dan digunakan sebagai bentuk pembayaran yang valid.

Inggris juga mengatakan, bahwa dalam semangat mempromosikan pendekatan visioner terhadap kripto secara umum. Royal Mint akan bekerja pada pembuatan NFT khusus.

Menurut Tether CTO Paulo Ardoino. Inggris adalah relasi yang sangat penting dalam adopsi stablecoin di seluruh dunia. dan berharap dapat bekerja sama dengan regulatornya untuk mempromosikan tujuan ini.

Ia percaya bahwa Britania Raya atau Inggris merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh untuk mengembangkan invoasi blockchain untuk dapat diterima secara luas.

GBPT diharapkan dapat menjadi invoasi yang nantinya akan disusul dengan stablecoin di seluruh negara.

Ia juga menambahkan bahwa Tether bersedia dan siap untuk bekerja dengan pemerintah Inggris untuk dapat mewujudkan GBPT sebagai mata uang stablecoin sah, terpercaya dan aman.

Penanggugjawab Teknologi Tether dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa perusahaan akan bekerja dengan Pemerintah Inggris.

Dikatakan pada bulan Mei, akan diadaptasi aturan yang ada untuk menangani keruntuhan stablecoin utama. Disisi lain Kementerian keuangan Inggris dilaporkan belum memberikan tanggapan atas hal tersebut.

Selain koin yang didukung dolar, Tether menawarkan token yang dipatok ke euro, yuan Tiongkok lepas pantai, dan peso Meksiko.

- sponsor -