- sponsor -

Korancrypto.com – Siapa itu Satoshi Nakamoto ? Darimana asal Bitcoin ? Siapa yang menciptakan ? Apa tujuan Bitcoin dibuat ?

Ini adalah beberapa pertanyaan umum di komunitas kripto apalagi buat yang baru bergabung. Disini kita anggap Satoshi Nakamoto adalah seorang individu, walaupun mungkin mereka adalah suatu kelompok.

Namun berapapun jumlah individunya, pasti ada satu oang yang pertama kali mengusulkan dan mencetuskan proyek tersebut.

Kita tahu bahwa banyak pengguna internet menyukai misteri yang asik. karena itu, wajar jika identitas Nakamoto telah menjadi subyek dari perdebatan yang tak terhitung banyaknya.

Walaupun banyak teori yang telah dikemukakan, namun kita masih belum juga mengetahui kebenarannya dan sepertinya kita tidak akan pernah mendapatkannya.

Banyak gagasan yang telah dikemukakan akan identitas Satoshi Nakamoto seperti pendiri Wikileaks, Julian Assange, Gavin Andresen, Hal Finney (dan para penggembang Bitcoin pertama), Elon Musk, agen pemerintahan, sebuah proyek gabungan empat perusahaan teknologi di jepang, dan banyak tokoh terkemuka lainnya.

Coba bayangkan, Bitcoin telah menjadi tantangan bagi pemrintah dan status quo industri keuangan tradisional. Dengan menunjukan identitasnya, Nakamoto akan menerima konsekuensi dan menempatkan keselamatan diri dalam bahaya.

Salah satu teori yang sangat popular yaitu bahwa Nakamoto menyembunyikan identitas untuk melindungi diri sendiri atau melindungi Bitcoin. Hal ini demi keamanan Nakamoto sendiri karena jika identisanya diketahui maka mereka akan berada di bawah pengawasan media, komunitas cryptocurrency, para pembuat aturan dan banyak pihak lainnya

Untuk masalah desentralisasi. Bitcoin diciptakan untuk menjadi milik siapa saja dengan pembuatan keputusan berdasarkan konsensus. Jika identitas nakamoto diketahui, mereka mungkin akan dianggap sebagai pemimpin Bitcoin dan akan memiliki pengaruh besar dalam setiap keputusan yang dibuat. Hal ini tentunya menjadi beban yang sangat besar dan bertolak belakang dengan visi diciptakannya Bitcoin

Baca Juga : Mengenal Blockchain Lebih Jauh

- sponsor -