- sponsor -

Harga kripto dunia semakin tidak karuan dalam beberapa pekan terakhir. Setelah sempat menyentuh level tertinggi pada beberapa waktu lalu, akhirnya semua berguguran. Bahkan, Bitcoin menyentuh level terendahnya.

Jika dilihat secara keseluruhan, setidaknya ada 3 faktor penting penyebab rontoknya kripto populer. Penyebab awalnya adalah ketika Elon Musk mencuitkan penangguhan pembayaran mobil Tesla yang menggunakan Bitcoin.

Kemudian ada pengetatan yang dilakukan oleh Pemerintah China dan Pemerintah AS. Pengetatan dari kedua negara superpower dalam bidang ekonomi ini membuat banyak kripto langsung anjlok.

Pergerakan Harga Kripto Dunia
Pergerakan Harga Kripto Dunia

Pergerakan Harga Kripto Dunia

Salah satu kripto yang mengalami penurunan paling tajam adalah Bitcoin. Dalam 1 pekan terakhir, ada penurunan yang sangat besar. Hal ini membuat sebagian besar investor Bitcoin mulai was-was.

Pada tanggal awal pekan ketiga bulan Mei (17/5), Bitcoin masih menyentuh level Rp 650,4 juta/BTC. Namun, pada akhir pekan pada Minggu (23/5) nilainya anjlok ke level Rp 478,8 juta/BTC.

Pada pekan terakhir bulan Mei (24/5), harga Bitcoin dibuka pada level Rp 476,7 juta/BTC. Perubahan harganya dalam 24 jam terakhir adalah -12,26%. Diprediksi Bitcoin akan terus anjlok hingga akhir bulan.

Nasib serupa juga dialami oleh Ethereum yang mengalami penurunan harga hingga 50% dalam sepekan terakhir. Pergerakan harganya terus menunjukkan ketidakpastian oleh sentimen negatif pasar dan pengetatan kebijakan.

Pada pembukaan harga pekan ketiga bulan Mei (17/5), Ethereum masih berada di harga Rp 49,4 juta/ETH. Namun, pada akhir pekan ketiga bulan Mei (23/5) nilainya terjun ke Rp 27,4 juta/BTC

Dalam 24 jam terakhir saja nilainya telah anjlok sebesar 12,87%. Selama perdagangan akhir pekan ketiga bulan Mei (23/5), harga tertingginya ada di Rp 34,2 juta/BTC.

Dogecoin yang menjadi favorit Elon Musk juga tidak lepas dari nasib buruk. Selama sepekan terakhir, nilainya telah anjlok hampir 50%. Bahkan pergerakannya menunjukkan penurunan hingga awal pekan terakhir bulan Mei.

Pada Minggu (17/5) lalu, Dogecoin masih menyentuh level Rp 7.267/DOGE. Namun, pada Minggu (23/5), nilainya tergerus hingga Rp 4.119/DOGE. Bahkan, pada pembukaan Senin (24/5) nilainya anjlok lagi Rp 3.705/DOGE.

HARGA KRIPTO AKAN TERUS MENURUN
HARGA KRIPTO AKAN TERUS MENURUN

Akan Terus Menurun

Jika melihat riwayat perdagangan dari semua kripto, maka hampir pasti bisa dipastikan nilainya akan terus turun. Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin menjadi beberapa contoh yang pergerakan harganya akan terus turun.

Jika dilihat dari perdagangan harian, maka nilainya sangat fluktuatif dengan cepat. Namun, jika melihatnya melalui perdagangan setiap pekan, pergerakan harganya cenderung turun. Terlebih lagi setelah adanya pengetatan kebijakan.

Data dari coinmarketcap juga memperlihatkan grafik pergerakan harga kripto global. Grafiknya terus menurun dengan kapitalisasi pasar Rp 18.683,9T. Dipastikan kapitalisasinya akan semakin menurun hingga akhir bulan Mei.

Pengetatan kebijakan dari Pemerintah China dan Pemerintah AS adalah penyebabnya. Kebijakan pada pertengahan pekan tersebut langsung membuat kripto sengsara. Setelah itu, hampir semua kripto sulit memperbaiki harganya.

Keresahan Investor Kripto
Keresahan Investor Kripto

Keresahan Investor Kripto

Pergerakan harga yang terus menurun membuat banyak investor merasa resah. Hal tersebut sudah terlihat sejak Rabu (19/5) sejak pengumuman pengetatan dari Pemerintah China mulai diberlakukan.

Investor kripto langsung melakukan penjualan aset secara besar-besaran dan mengalihkannya ke emas. Aksi tersebut juga membuat banyak investasi dalam pasar kripto global menguap dengan cepat.

Hal ini juga diperkuat sentimen negatif lain dari para pejabat publik di negara-negara maju. Di China, otoritas keuangan menyebutkan bahwa investasi pada aset spekulatif sangat berbahaya.

Pada pekan terakhir bulan Mei ini banyak investor berharap pergerakan harga kripto membaik. Pergerakan harga yang tidak menentu membuat aset tersebut membuat rugi banyak investor global.

- sponsor -