- sponsor -

Korancrypto.com – Bicara tentang Bitcoin, pasti banyak yang bertanya-tanya apakah itu hash rate dan seberapa pentingkah hastrate itu, mari kita bahas.

Hash rate sendiri merupakan sebuah daya ukur komputasi untuk jaringan Bitcoin. Ketika Bitcoin ditambang, blok-blok yang berisi transaksi terverifikasi harus di “hash” sebelum ditambahkan ke rantai blok.

Setiap hash diciptakan dengan cara menyelesaikan teka-teki matematika yang sangat sulit. Oleh karena itu hash rate adalah ukuran seberapa banyaknya jaringan Bitcoin mencoba memecahkan teka-teki tersebut setiap detiknya.

Hash rate sendiri merupakan indikator bagus untuk menunjukan kesehatan jaringan Bitcoin. Semakin tinggi hash rate maka semakin bagus karena jaringan bitcoin akan lebih tahan terhadap serangan 51 persen.

Hash rate yang sangat tinggi membuat koordinasi logistik jumlah komputer yang dibutuhkan semakin banyak, sehingga akan sangat sulit untuk di manipulasi.

Maka untuk menjaga nilai dari Bitcoin, kepemilikan hash rate harus diawasi dengan baik.

Menurut The Next Web, hash rate sebesar 80 persen dimiliki oleh penambang yang terdiri dari enam kelompok, dimana lima kelompok tersebut adalah kepemilikan individu atau perusahaan dari Tiongkok.

Hal ini membuat Tiongkok sangat berpengaruh besar terhadap jaringan Bitcoin.

Sumber : TNW

- sponsor -