- sponsor -

korancrypto.com – Bitcoin dan Altcoin lainnya mengalami penurunan harga pada hari Rabu 16 januari 2019, setelah pemilihan pada hari sebelumnya.

regulasi terhadap aset digital terus menjadi sorotan dari banyak pihak, dengan adanya seruan dari bank sentral afrika selatan tentang pengawasan yang lebih ketat terhadap aset digital karena dapat dikatikan dengan aktivitas kriminal.

Bitcoin kehilangan 1.81% dan Litecoin jatuh sebesar 3.66%

Pada 15 Januari 2019, Bank Cadangan Afrika Selatan mengusulkan regulasi yang lebih keras terhadap aset digital.

“Untuk mencapai persyaratan anti pencucian uang dan memerangi terorisme (AML/CFT), persyaratan yang lebih spesifik akan diperlukan sejalan dengan amandemen baru-baru ini untuk Rekomendasi Satgas Aksi Keuangan (FATF),” makalah itu berbunyi, menambahkan bahwa “tindakan pengaturan tidak boleh ditunda.”

Langkah ini dilakukan ketika FATF, regulator pencucian uang global, diharapkan untuk mengeluarkan peraturan tentang pengawasan cryptocurrency pada Juni 2019.

Di Afrika Selatan, aturan yang diusulkan mengharuskan semua platform perdagangan aset cryptocurrency, penyedia layanan kustodian, dan penyedia layanan pembayaran untuk mendaftar ke pihak berwenang dan mematuhi ketentuan AML/CFT dari Financial Intelligence Center Act.

Penyedia layanan Cryptocurrency juga harus memantau transaksi pengguna, terutama transaksi besar yang bisa terkait dengan terorisme.

Dengan itu, Afrika Selatan saat ini tidak memiliki rencana untuk melarang pembelian, penjualan atau penyimpanan aset crypto, atau aset crypto untuk pembayaran.

Negara kepulauan sedang mengembangkan mata uang kripto nasional yang dikenal sebagai Sovereign (SOV), yang dapat diluncurkan tahun ini. Tim di belakang koin digital mengatakan minggu lalu bahwa mereka telah membuat “kemajuan yang signifikan dalam menemukan mitra, investor, dan pengembang” untuk merealisasikan proyek tersebut.

Badan keuangan utama seperti Dana Moneter Internasional dan Departemen Keuangan AS telah mengkritik proyek tersebut, memperingatkan “potensi biaya yang timbul dari risiko ekonomi, reputasi, AML/CFT, dan tata kelola.”

- sponsor -