- sponsor -

Regulasi Crypto || Terkait regulasi mata uang Crypto, Senator AS ingin semua tampak jelas sehingga memberikan ultimatum kepada ketua SEC, Gary Gensler. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan peraturan kripto oleh SEC.

Senator Amerika Serikat, Elizabeth Warren telah memperingatkan tentang meningkatnya risiko perdagangan mata uang kripto. Pada hari Jumat, dia menyerang Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) karena kurangnya pengawasan peraturan kripto.

Permintaan akan mata uang kripto dan adanya efek pertukaran terhadapnya sedang sangat meroket. Namun, peraturan akan mata uang ini belum cukup kuat sehingga membuat investor biasa bergantung pada manipulator atau penipu.

Peraturan yang kurang tegas ini membahayakan konsumen dan juga investor. Ini karena merusak keamanan dan reputasi pasar keuangan ini. Oleh karena itu, Warren menganggap SEC yang harus menggunakan otoritas penuh untuk menutup kekurangan peraturan ini.

Apa Inti dari Permasalahan Regulasi Crypto Ini ?

Di era sekarang ini, mata uang kripto mendapatkan pengguna yang jumlahnya melonjak tinggi. Ini mungkin dianggap sebagai sesuatu yang baik. Hanya saja, jika regulasi yang menengahinya kurang tegas dalam mengawasi perdagangan, maka ini bisa fatal.

Ini juga yang sedang diusahakan oleh Senator AS, Elizabeth Warren, kepada ketua SEC atau Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS. Senator menganggap ada kekhawatiran yang amat mendalam terhadap pasar cryptocurrency. Ada beberapa hal yang ditekankan untuk hal ini.

Banyak yang menganggap platform tidak memiliki perlindungan dasar kepada penggunanya, dan ini cukup riskan karena mirip dengan pertukaran sederhana atau barter. Dengan adanya kejadian ini, banyak terjadi kerugian besar yang berbasis kripto.

Senator mengutip data Komisi Perdagangan Federal (FTC) yang mengatakan bahwa ada beberapa yang lapot kerugian yang tidak sedikit yaitu $80 juta dari penipuan cryptocurrency selama enam bulan sampai maret 2021.

Dia juga menambahkan bahwa ada sebanyak 95% data terkait kripto yang diduga palsu dan hanya digunakan untuk menarik pengguna baru, untuk manipulasi maupun penipuan. Selain soal data dan kerugian, ada juga hal lain yang menjadi penekanan Warren.

Elizabeth Warren mengajukan pertanyaan tentang cara pertukaran mata uang kripto menyimpan dana klien mereka dengan berpotensi “berbaur” dengan dana klien lain. Dia menyatakan bahwa praktik ini tidak akan diizinkan dalam pertukaran tradisional.

Pertukaran mata uang kripto tidak memiliki jenis peraturan yang sama dengan pertukaran sekuritas tradisional. Mereka juga dapat terlibat dalam praktik seperti perdagangan kepemilikan dan perdagangan cucian untuk mengambil keuntungan dari pelanggan mereka.

Apa Solusi yang Diminta Oleh Elizabeth Warren?

Senator telah menyatakan di masa lalu bahwa cryptocurrency merusak lingkungan dan memfasilitasi serangan cyber. Namun untuk kepentingan bersama ia mengirimkan sebuah surat kepada Ketua SEC Gary Gensler bahwa dia membutuhkan jawaban pada 28 Juli.

  • Memastikan SEC mengawasi pertukaran crypto beroperasi dengan adil
  • Membedakan mata uang kripto dan aset digital dengan aset tradisional
  • Kejelasan pada protokol DeFi
  • Memperkuat peraturan yang agar menekan angka manipulator dan penipu
  • SEC harus menggunakan otoritas penuhnya untuk mengatasi risiko, dan Kongres juga harus melangkah untuk menutup kesenjangan peraturan ini

Peraturan ini memang sedikit terdengar sepele. Namun nyatanya, dengan peraturan ini akan membuat transaksi pasar mata uang kripto menjadi lebih lancar dan mengurangi penipu. Adapun permintaan Warren adalah pada 28 Juli nanti, SEC sudah memenuhi yang diminta.

Skeptis Crypto Senator AS Elizabeth Warren memberi Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) hingga akhir bulan ini untuk mengetahui perannya dalam mengatur cryptocurrency. Ini juga merupakan perintah dari Senator AS agar perdagangan kripto lebih lancar.

- sponsor -