- sponsor -

Menjadi mata uang digital yang sedang sering diperbincangkan untuk diperbincangkan, pro kontra investasi kripto salah satunya. Tentunya banyak pihak yang setuju dan ada juga yang menolak dengan berbagai alasan.

Investasi pada mata uang kripto memang sering menjadi perdebatan para pihak pro dan kontra. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, cruptocurrency memang terbilang jenis yang masih belia.

Meskipun demikian, kripto tidak tinggal diam dengan kehadirannya yang masih baru. Kenaikannya di tahun ini menandakan bahwa kripto menunjukkan diri dengan mencapai persentase yang mengejutkan.

Misalnya bitcoin yang berhasil meningkat lebih dari 100 persen dan Ethereum yang meningkat mendekati 250 persen. Selain itu, doge dengan dukungan Elon Musk berhasil meningkat lebih dari 3000 persen.

Meskipun sempat mencapai titik tertinggi tersebut, mata uang kripto juga mengalami masa keterpurukan. Hal ini membuat banyak orang mengalami kerugian hingga triliunan rupiah sehingga menimbulkan pro kontra dari berbagai pihak.

Alasan Pro Dalam investasi Kripto

Alasan Pro Dalam investasi Kripto | korancrypto

Berbagai alasan tentunya mendukung banyak orang untuk memilih jenis mata uang kripto. Alasan pertamanya dikarenakan potensial dari kripto untuk jadi mainstream memang sangat menarik bagi para investor.

Hal ini bisa terbukti dari banyaknya perusahaan yang mulai menerima pembayaran dan proses transaksi dengan menggunakan cryptocurrency. Tentunya hal ini menjadi lampu hijau untuk perkembangannya di masa depan.

Hal tersebut berhasil menunjukkan bahwa kripto memiliki potensi yang sangat besar sebagai media pembayaran mainstream di masa depan. Apalagi kripto memberikan perlindungan harga jika terjadi inflasi.

Tentunya jika kripto berhasil menjadi sebuah alat pembayaran yang mainstream akan berhasil melambungkan harganya lebih tinggi. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi pemilik mata uang kripto.

Beberapa ahli juga memperkirakan salah satu jenis kripto yaitu bitcoin akan mencapai USD 500 ribu setiap tokennya. Hal ini akan bergantung pada luas cryptocurrencu yang diadopsi khususnya bagi investor pemula.

Banyak orang yang bahkan memilih kripto karena perkembangannya yang signifikan. Tentunya sebagai alasan agar tidak adanya penyesalan ketika tidak membeli kripto tetapi harganya sedang melambung tajam seperti kondisi saat ini.

Alasan Kontra Berinvestasi Menggunakan Kripto

Alasan Kontra Berinvestasi Menggunakan Kripto | Koran crypto

Selain beberapa alasan tersebut, maka investasi kripto tidak terlepas dari pertentangan beberapa penggunaannya. Alasan yang membuatnya diperdebatkan karena penuh dengan spekulasi dan harga yang naik turun (volatile).

Berhubungan dengan spekulasinya, bahkan beberapa ahli investasi bertentangan untuk hal ini. Sebut saja Elon Musk yang mendukung bitcoin dan dogecoin, tetapi Warren Buffet terlihat tidak mendukung keberadaan cryptocurrency.

Hal ini tidak terlepas dari masa depan kripto yang tidak tahu akan seperti apa. Jika Anda seorang investor yang berani mengambil risiko tinggi, maka berinvestasi cryptocurrency bukanlah menjadi masalah.

Tetapi sebaliknya jika Anda bukanlah investor yang berani mengambil risiko, maka cryptocurrency bukanlah investasi yang cocok untuk Anda. Hal ini perlu disesuaikan dengan keberanian dalam berinvestasi kripto.

Selain banyaknya spekulasi seputar kripto, maka harga yang sangat naik turun menjadi alasan banyak orang menolaknya. Hal ini berhubungan dengan masa depan yang ditakutkan karena harga yang tidak stabil.

Meskipun peluang cryptocurrency sukses dalam jangka panjang tetap ada, tetapi hal ini masih dianggap sangat fluktuatif. Sebagai contoh di tahun ini jenis bitcoin yang sudah mengalami harga yang sangat mengejutkan.

Tentunya pilihan berinvestasi kripto atau tidak dikembalikan lagi pada toleransi terhadap risiko. Jika Anda menghindari risiko dan volatilitas, maka bukanlah cryptocurrency pilihan yang tepat untuk melakukan investasi.

- sponsor -