- sponsor -

Penolakan mata uang kripto semakin menjadi-jadi. Sempat dilarang secara tegas oleh Otoritas China, kini kripto mendapat kecaman dari Trump.

Mantan presiden Amerika Serikat itu menuding mata uang digital ini adalah penipuan terhadap dollar AS. Menurut Trump bitcoin dapat mengancam keberadaan mata uang dollar AS. Trump ingin dollar tetap ingin dollas AS yang menjadi mata uang dunia.

Meski mendapat penolakan dari Amerika Serikat sejak awal, namun negara bagian Amerika lainnya akan menjadikan kripto sebagai mata uang negaranya. Beberapa waktu lalu El Salvador mengumumkan akan segera melegalkan bitcoin.

Nayib Bukele menegaskan bahwa bitcoin akan segera menjadi mata uang negara EL Salvador berdampingan dengan mata uang dollar AS. Hal ini disampaikannya pada The Bitcoin Conference yang diadakan di Miami AS 4-5 Juni 2021.

Pengumuman ini merupakan dukungan yang besar terhadap kripto setelah terpuruk karena mendapat beragam penolakan. Terutama ketika CEO Tesla bermain dengan cuitannya yang berdampak pada naik turunnya nilai kripto.

Tidak hanya itu, beragam inovasi dari The Bitcoin Conference memberikan angin segar dan kabar baik bagi perkembangan kripto. Meski demikian, penggiat cryptocurrency berharap negara adidaya seperti Amerika Serikat akan mendukung aktivitas cryptocurrency ini.

Selain Amerika dan China, negara lain yang menentang adanya aktivitas perdagangan dan penambangan mata uang digital ini adalah Iran.

Penolakan Mata Uang Kripto dan Sebut Bitcoin Bentuk Penipuan
Penolakan Mata Uang Kripto dan Sebut Bitcoin Bentuk Penipuan

Penolakan Mata Uang Kripto dan Sebut Bitcoin Bentuk Penipuan

Donal Trump menuding kripto menjadi ancaman bagi dollar AS, ia menilai saat ini kripto dapat mempengaruhi mata uang negara lainnya. Hal ini tentunya membuat dollar AS semakin disingkirkan dan berpegang pada kripto.

Selain itu, aktivitas trading atau investasi ini merupakan sebuah bentuk penipuan. Trump mengatakan “Bitcoin, sepertinya bentuk penipuan, saya tidak suka karena ada yang berkompetisi melawan dollar AS.”

Mantan presiden Amerika Serikat ini menginginkan dollar sebagai mata uang dunia, dan menganggap bahwa mata uang digital menjadi ancaman baru baginya.

Menurut Justin Urquhart-Stewart, salah satu pendiri Seven Investment Management Anda the Regionally mengatakan kripto memiliki kemampuan mempengaruhi mata uang lainnya. Justin menilai mata uang kripto dibuat meroket tanpa dilandasi kekuatan financial yang sehat.

Kekhawatiran Trump terhadap ancaman kripto kepada dollar AS ini tidak didasari dengan hal yang jelas. Menurut Neil Wilson, Chief Market Analyst Markets.com mengatakan bahwa kripto tidak bisa mengancam keberadaan mata uang dollar AS.

Menurutnya, kripto tidak bisa menjadi mata uang, karena tidak memenuhi kriteria didalamnya. bitcoin hanya lebih sering disimpan daripada dibelanjakan, sehingga kemungkinan beredarnya bitcoin secara luas sangat kecil.

Wilson menilai, bitcoin cs lebih mengancam emas daripada dollas AS.

Beragam Inovasi di The Bitcoin Conference
Beragam Inovasi di The Bitcoin Conference

Beragam Inovasi di The Bitcoin Conference

The Bitcoin Conference telah diadakan di Miami, Amerika Serikat pada 4-5 Juni 2021 lalu. Dari konferensi ini muncul beragam inovasi baru dan terobosan besar bagi perkembangan kripto di dunia.

Meski sedang jatuh, CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan untuk membeli sebanyak mungkin.

Oscar mengatakan “ini juga kesempatan membeli bitcoin dengan harga murah dibandingkan awal tahun lalu” (8/6/2021).

Sementara itu beberapa hal menarik dan inovasi baru hadir setelah konferensi ini, diantaranya.

CEO Twitter, Jack Dorsey akan bekerjasama dengan perusahaan keuangan Square Inc untuk membuat penambangan Bitcoin yang ramah lingkungan, sehingga isu lingkungan dapat dihilangkan.

Pemerintah El Salvador segera melegalkan bitcoin sebagai mata uang negaranya, bersandingan dengan dollar AS. Saat ini pemerintah El Salvador sedang merancang UU mengenai pelegalan ini.

Rencana platform BitMex bermitra dengan perusahaan robot luar angkasa agar benar-benar meletakkan Bitcoin di bulan, sesuai dengan jargon “Bitcoin to the Moon”.

Beberapa rencana tersebut tentunya berhasil membuat inovasi baru bagi kripto yang hingga saat ini masih terpuruk. Nilai mata uang kripto masih belum mengalami kenaikan setelah merosot akibat pertentangan berbagai negara dan cuitan Elon Musk di Twitter.

- sponsor -