- sponsor -

Korancrypto.com – Tentunya kata bitcoin sudah tidak asing lagi di telinga para sobat korancrypto sekalian. Tahukan sobat bahwa bitcoin tidak bisa berdiri jika tidak ada teknologi yang namanya blockchain. Lantas apakah pengertian blockchain itu ?

Pengertian Blockchain

video pengertian blockchain dari Tech in Asia ID

Blockchain adalah sebuah teknologi yang dikenalkan bersamaan dengan bitcoin oleh sekelompok ataupun seorang yang menyebut dirinya Satoshi Nakamoto.

Teknologi blockchain ini awalnya digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari bitcoin itu sendiri.

Menurut Wikipedia sendiri, pengertian blockchain itu adalah record yang terus berkembang, disebut block, yang terhubung dan diamankan menggunakan teknik kriptografi.

Dengan adanya teknologi blockchain ini, setiap transaksi dari bitcoin akan disimpan pada sebuah buku besar atau biasa disebut dengan Ledger yang di distribusikan pada setiap jaringan bitcoin.

Setiap block yang dicatat, akan di bagikan copy datanya kepada setiap komputer yang terhubung pada jaringan tersebut.

Kelebihan Blockchain

Blockchain adalah sebuah sistem dimana tidak ada pihak ketiga yang mencatat transaksi, karena semua transaksi yang dicatat pada ledger, akan di distribusikan ke semua komputer yang terkoneksi pada jaringan blockchain.

Oleh sebab itu, teknologi blockchain ini sangat aman dan susah untuk diretas, karena untuk mengubah satu data, diperlukan konfirmasi dari semua komputer yang terhubung pada jaringan.

Pengertian sederhananya, untuk mengubah sebuah data, maka harus mengubah data disemua komputer yang terhubung pada jaringan.

Teknologi blockchain ini diciptakan dengan harapan bisa menjadi teknologi yang transparan.

- sponsor -