- sponsor -

Pihak pemerintah telah secara resmi memberikan kebijakan mengenai adanya pengenaan tariff (PPN) Pajak Penambahan Nilai kripto. Hal tersebut, juga untuk Pajak Penghasilan (PPh) terhadap pasar perdagangan untuk aset digital.

Seperti yang sudah diketahui dengan baik, jika perdagangan mata uang digital tersebut telah merambah secara luas di Indonesia. Maka dari itu, regulasi jelas juga dianggap sangat penting agar memberikan keamanan.

Dalam momentum kali ini, dengan pemberian kebijakan mengenai pengenaan pajak tersebut menjadi sebuah pengakuan. Hal tersebut telah memberikan pengakuan legalnya perdagangan untuk aset digital di masa mendatang.

Melihat dari langkah telah diambil tersebut, mendapatkan respon positif dan negatif dari masyarakat. Mereka yang menggunakan ast digital sebagai salah satu penghasil dana tambahan juga terkena imbas dari pengenaan pajak.

Untuk pertumbuhan dari pasar kripto sendiri, juga tentunya ke depannya akan mengalami banyak perubahan. Dengan pemberlakuan dari PKM No. 68 tahun 2022 tersebut, juga akan memiliki dampak besar.

Pengenaan PPN dan PPh atas setiap transaksi dilakukan pada perdagangan aset crypto. Dari pemerintah secara resmi, telah memberikan pemberlakuan pajak tersebut sebagai salah satu langkah pengamanan serta pengakuan.

Untuk PPN dikenakan setiap investasi yaitu sebesar 1 persen pada kripto serta ada tariff PPN setiap transaksi. Ketika menggunakan perdagangan memanfaatkan sistem elektronik atau biasa disebut juga dengan PMSE berlaku.

Dampak Positif Setelah Pengenaan Pajak Kripto

Korancrypto - Dampak Positif Setelah Pengenaan Pajak Kripto

Dalam perdagangan aset digital tersebut, sudah diatur juga di dalam PPh pasal 22 secara jelas. Nah, di dalamnya dikatakan untuk pajak akan diberikan kepada penjual, penyelenggara PMSE, maupun para penambang.

Untuk tariff dikenakan setiap melakukan transaksi adalah sebesar 0,1 persen pada aset didapatkan. Nah, investor saat ini harus lebih jeli ketika sedang melakukan perdagangan agar tetap bisa mendapatkan hasil terbaik.

Dapat melakukan penghimpunan dana secara cerdas tentu merupakan hal diinginkan oleh setiap orang. Bukan hanya itu saja, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa mengalami hambatan lagi.

Di masa sekarang, melakukan investasi dengan adanya pajak tersebut memiliki pengaruh positif berupa pengakuan legalitas perdagangan. Hal tersebut, akan memudahkan ketika sedang melakukan transaksi menjadi lebih aman terhadap OJK.

Meskipun sudah berada pada naungan dari Bappebti, namun dikatakan oleh OJK jika hal tersebut masih kurang memuaskan. Maka dari itu, kebijakan dibuat tersebut menjadi sebuah pengukuhan positif akan investasi.

Ketika crypto termasuk pada salah satu aset pajak, maka negara Indonesia sudah memberikan pengakuan penuh. Legalitas dari aset juga sudah tidak perlu lagi diragukan sehingga akan lebih mudah ketika bertransaksi.

Melihat dari pengakuan legalitas telah dikeluarkan tersebut, maka banyak investor merasa lebih aman. Ke depannya saat sedang melakukan penghimpunan dana sudah tidak perlu lagi merasa khawatir akan harta Anda tersebut.

Dampak Negatif yang Ikut Muncul dari Pengadaan Pajak

Dampak Negatif yang Juga Ikut Muncul dari Pengadaan Pajak - Korancrypto

Selain hal positif yang timbul dari kehadiran kebijakan pajak crypto, dampak negatif juga ikut muncul. Salah satunya adalah dengan pertumbuhan dari perdagangan yang akan memberikan efek negatif di mana masih baru.

Dikatakan juga jika untuk aset ini, masih berada pada posisi baru tumbuh, sehingga belum begitu kuat. Pemberian pajak tersebut, juga dikatakan cukup memberikan gangguan terhadap iklim inovasi untuk aset kripto.

Di Indonesia, keadaan tersebut, tentu saja mau tidak mau investor harus mengeluarkan pajak ditentukan. Karena sudah sesuai terhadap peraturan, mereka sudah tidak bisa lagi melakukan penghimpunan secara bebas.

Dari pengembang kemungkinan juga akan melakukan pemikiran ulang ketika membeli aset digital. Hal tersebut, melihat dari besarnya pajak, keuntungan serta risiko ditimbulkan ketika berinvestasi nantinya.

 

 

- sponsor -