- sponsor -

Kebijakan El Savador terhadap Pajak membuat Bitcoin sebagai mata uang yang sah untuk pembayaran tentunya membuat sesuatu yang berbeda. Mereka bahkan membuat kebijakan pajak khusus dengan menggunakan Bitcoin. Kabarnya, investor asing tidak termasuk kedalam ini.

Menggunakan mata uang biasa sebagai metode pembayaran adalah hal yang lazim dilakukan suatu negara. Namun, El Savador memilih cara yang spesial. Pada tanggal 7 September 2021 kemarin, mereka menjadi negara pertama yang mengadopsi jenis mata uang baru.

Mereka menggunakan Bitcoin sebagai mata uang yang sah dan mulai meninggalkan mata uang asli mereka. El Savador sendiri melalui presidennya, Nayib Bukele, mengumumkan optimisme mereka terhadap mata uang ini dan bahkan telah membuat aplikasi sendiri.

Aplikasi Bitcoin tersebut diberi nama Chivo. Untuk semakin tampak nyata seperti mata uang pada umumnya, El Savador memberikan kebijakan pajak khusus untuk Bitcoin. Namun, untuk meningkatkan daya tarik investor, kebijakan pajak ini tidak berlaku untuk investor asing.

Pengecualian Kebijakan Pajak Bitcoin El Salvador untuk Investor Asing

Koran Crypto - Pengecualian Kebijakan Pajak Bitcoin El Salvador untuk Investor Asing

El Savador memang sudah menetapkan Hukum Bitcoinnya dan ini dinilai telah berhasil diaplikasikan dengan baik oleh pihak yang berwenang di negara itu. Dan masyarakat sana juga telah mengerti tentang kebijakan pajak bitcoin yang berlaku kepada mereka.

Akan tetapi, kebijakan ini baru saja dirubah dan membuat investor asing dibebaskan dari pajak atas keuntungan Bitcoin yang mereka raih. Jika melihat sistem ini, tentu saja menjadi sesuatu yang unik dan bisa menjadi daya tarik investor sendiri untuk berinvestasi di sana.

Namun jika adanya pajak ini juga berlaku kepada mereka, maka daya tarik investor akan jauh turun. Pengusaha akan memikirkan tempat lain untuk mereka berinvestasi Bitcoin dan pergi dari El Savador. Meskipun potensi El Savador untuk dijadikan tempat investasi besar.

Jelas, upaya yang dilakukan oleh pihak berwenang El Savador ini bertujuan agar mendorong investasi asing masuk ke negara mereka. Ini juga akan menjadi sumber keuntungan yang tinggi daripada harus mengaplikasikan pajak kepada para investor asing yang datang.

Apalagi dalam tahap awal ini, pastinya negara dengan mata uang yang berbeda dengan biasanya menjadi daya tarik tersendiri untuk para investor. Kebijakan terus diperbarui dan berusaha keras untuk memastikan seluruh pihak yang terlibat menaati peraturan.

Mengundang Banyak Pro dan Kontra

Korancrypto - Mengundang Banyak Pro dan Kontra

Pada awalnya, keputusan Nayib Bukele untuk mengganti mata uang mereka dengan Bitcoin memancing banyak perseteruan. Warga turun ke jalan dan memprotes kebijakan Bitcoin sebagai mata uang utama mereka karena akan menyusahkan orang kelas bawah.

Namun, presiden tetap bersikukuh dengan keputusannya ini. Di lain sisi, pemerintah Hong Kong juga mengapresiasi langkah berani ini dan meyakinkan kebijakan menggunakan Bitcoin adalah langkah yang maju dan tidak semua negara berani dengan perkembangan ini.

Menggunakan Bitcoin sebagai ekonomi lokal tentu saja menghasilkan pandangan banyak orang. Menteri dalam Negeri El Savador sendiri tidak yakin dengan keputusan presidennya yang dinilai terlalu cepat dan berpotensi mengundang masalah baru.

Akan tetapi, ini merupakan langkah yang tepat untuk tumbuh dengan cepat. Kebijakan untuk mengecualikan investor asing untuk membayar pajak keuntungan juga langkah yang luar biasa. Sehingga ekonomi El Savador juga semakin tumbuh dan berkembang pesat.

Pemerintah memang seharusnya mengambil langkah yang efektif, namun tidak terpikirkan sebelumnya. Rencana El Savador memperkuat ekonomi dimulai dari menggunakan Bitcoin sebagai mata uang resmi, namun investor asing tidak wajib membayar pajak keuntungan.

- sponsor -