- sponsor -

Nike terjun lebih dalam ke dunia koleksi crypto art, Nike Akuisisi Studio Crypto dan telah mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi studio NFT RTFKT. Studio RTFKT sendiri merupakan studio khusus membuat desain koleksi sepatu kets dengan ciri khasnya menggabungkan reality dan dunia game yang sedang tren kedalam metaverse.

Nike mengumumkan akuisisi atas RTFKT dimasa yang sangat tepat dimana saat ini studio desain NFT tersebut sedang mencapai popularitas tinggi dan banyak dibicarakan. Karena kolaborasi pembuatan avatar bersama artis Takashi Mirakami yang dinamakan dengan CloneX.

Nike Akuisisi Studio Crypto Art RTFKT Meningkat

Korancrypto - Nike Akuisisi Studio Crypto Art RTFKT Meningkat

 

Sejak dari peluncuran Crypto Art NFT CloneX selama kurang lebih tiga minggu proyek tersbut mendapatkan hampi $65 juta, menurut pelacak CryptoSlam. Persyaratan telah diungkapkan oleh RTFKT dipimpin oleh Andreessen Horowitz memberi nilai perusahaan sebesar $33,3 juta.

“Ini adalah kesempatan unik untuk membangun merek RTFKT dan kami sangat antusias untuk memanfaatkan kekuatan. Keahlian dasar Nike untuk membangun komunitas yang kami cintai,” kata salah satu pendiri RTFKT Benoit Pagotto dalam sebuah pernyataan dikutip dari Coindesk.

Sebelumnya kompetitor Adidas juga telah mengumumkan kemitraan dengan proyek NFT Bored Apes Yacht Club. Selain membuat NFT sendiri, RTFKT telah berkolaborasi dengan pembuat crypto lain untuk merancang item seperti sepatu fisik yang menggunakan konsep dalam proyek NFT lainnya, termasuk CryptoPunks dan Bored Apes.

Tepatnya pada hari Jumat, koleksi NFT dan startup mode RTFKT mengumumkan di Twitter bahwa perusahaan telah diakuisisi oleh Nike. Akuisisi tampaknya berhasil dilaksanakan dengan lancar tanpa hambatan apapun, melihat RTFKT mendapatkan nilai sesuai kesepakatan.

Salah satu produk unggulan RTFKT adalah koleksi sepatu fisik/NFT hybrid yang terinspirasi oleh koleksi NFT CryptoPunks legendaris. Proyek tersebut kemudian menjadi berita utama pada bulan Maret ketika kolaborasi alas kaki digital dilakukan dengan seniman non fungible token produktif bernama FEWOCiOUS berhasil menjual $3,1 juta dalam bentuk tendangan metaverse.

RTFKT juga merupakan brand terkemuka yang memanfaatkan inovasi mutakhir untuk menghadirkan koleksi next generation. Menggabungkan budaya dan dunia game serta Didirikan pada tahun 2020, oleh Benoit Pagotto, Chris Le, dan Steven Vasilev.

RTFKT adalah brand rintisan yang inovatif dan mengubah batas nilai fisik dan digital untuk melayani komunitas pembuat konten mereka dalam dunia blockchain hingga Metaverse. Tim khusus ini memanfaatkan mesin game, NFT, otentikasi blockchain, dan augmented reality terbaru untuk menciptakan produk serta mempunyai pengalaman virtual unik.

Eksplorasi Nike Dalam Blockchain

Koran Crypto - Eksplorasi Nike Dalam Blockchain

Sementara itu Nike mulai mengeksplorasi teknologi blockchain pada awal 2019, melangkah lebih jauh dengan mematenkan sepatu yang diberi token. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Presiden Nike John Donahoe bahwa perusahaan ingin melakukan transformasi Nike kedalam bentuk digital.

“Akuisisi ini merupakan langkah lain untuk mempercepat transformasi digital Nike agar memungkinkan kami. Tujuannya untuk melayani atlet serta pencipta karya lain di bidang olahraga, kreativitas, permainan, dan budaya,” tulis Presiden Nike John Donahoe dikutip dari Coindesk.

“Kami memperoleh tim pembuat konten yang sangat berbakat dengan merek yang otentik dan telah terhubung dengan baik bersama kami. Rencana kami adalah berinvestasi dalam merek RTFKT, melayani serta mengembangkan komunitas inovatif kreatif mereka serta memperluas jejak kemampuan digital Nike.” Pungkasnya.

Mode metaverse juga merupakan sektor yang berkembang pesat, banyak kompetitor Nike yang telah meluncurkan produk Metaverse berkolaborasi dengan kreator dan bintang olahraga terkenal.

Seperti kompetitor produk streetwear NFT Cryptokickers yang telah menandatangani kesepakatan sepatu digital dengan mantan bintang National Basketball Association Wilson Chandler pada bulan April.

- sponsor -