- sponsor -

Beberapa waktu belakangan ini, netizen Indonesia dihebohkan dengan adanya fenomena Ghozali yang menjual NFT di OpenSea atau Non Fungible Token dengan bentuk koleksi foto selfie yang ia miliki dari tahun 2017 hingga 2021.

NFT yang dimiliki Ghozali memiliki nama Ghozali Everyday. NFT tersebut dijual pada salah satu marketplace NFT paling besar di dunia yakni OpenSea. OpenSea sendiri diciptakan untuk melakukan pembelian dan penjualan NFT.

NFT ini seperti bagian unik atau kode digital yang memiliki dukungan teknologi blockchain. NFT yang diperjualbelikan di OpenSea bisa sangat bervariasi. Namun, yang paling popular ialah karya seni digital yang dibuat seniman.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Transaksi

Korancrypto - Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Transaksi

Jika Anda ingin melalukan transaksi NFT OpenSea, ada beberapa hal yang harus disiapkan, seperti:

Menyiapkan dompet kripto

Sebelum Anda membuat akun OpenSea, nantinya calon pengguna terlebih dahulu harus memiliki dompet kripto. Semua transaksi nantinya akan terhubung ke alamat dompet. Para pengguna disarankan memeriksa Etherscan sesudah menyelesaikan transaksi.

Mungkin Anda bertanya, mengapa dompet kripto ini dibutuhkan sebelum melakukan transaksi. OpenSea merupakan platform yang dipergunakan untuk melakukan transaksi dengan blockchain.

OpenSea tidak pernah mengambil alih asset atau menyimpan NFT milik pengguna. Oleh sebab itu sebagai gantinya, NFT menyediakan sistem pertukaran peer to peer agar bisa melakukan transaksi dengan orang lain secara langsung di blockchain.

Menyiapkan asset kripto

Hal lainnya yang harus disiapkan ialah mata uang digital. OpenSea mempergunakan Ethereum untuk alat transaksi, sehingga calon pengguna harus mempunyai ETH agar dapat melakukan transaksi NFT pada OpenSea.

Pengguna dapat memperoleh mata uang digital yang mendorong transaksi di blockchain dari pertukaran mata uang digital. Sehingga nantinya ETH bisa digunakan untuk alat transaksi OpenSea.

Menghubungkan dompet dengan OpenSea

Jika sudah memiliki dompet, berikutnya pengguna harus menghubungkan dompet yang dimilikinya dengan OpenSea. Pengguna hanya perlu membuka laman resmi dari OpenSea, kemudian pilih profil.

Nantinya, Anda akan diminta menghubungkan dompet, dan memilih dompet sesuai dengan dompet yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Kemudian, pengguna hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberi.

Cara Menjual serta Membeli NFT di OpenSea

Korancrypto .com - Cara Menjual serta Membeli NFT di OpenSea

Sebenarnya untuk menjual serta membeli NFT di OpenSea adalah hal yang mudah. Apalagi bila sebelumnya Anda sudah mempunyai dompet serta akun yang terhubung dengan OpenSea. Jika tidak memiliki akun serta dompet, transaksi tidak bisa dilakukan.

Berikut langkah untuk menjual NFT, jika sudah memiliki akun:

Masuk di laman resmi OpenSea kemudian login akun yang dimiliki

Klik di bagian foto profil sebelah kanan atas kemudian pilih profile

Pilih NFT yang akan Anda jual

Pilih sell untuk mengarahkan pada halaman penjualan

Memilih jenis dan harga jual. Anda bisa menetapkan harga tetap dan harga lelang. Jika memilih harga lelang, Anda bisa memasukkan harga awal, ambang harga serta waktu kadaluarsa.

Pilih durasi yang sesuai. Untuk durasi penjualan di OpenSea ini bisa berlangsung selama satu hari, tiga maupun satu minggu, sehingga pilih durasi penjualan sesuai dengan keinginan Anda.

Bila sudah selesai, Anda bis aklik complete listing.

Agar bisa mendaftarkan penjualan yang pertama, tentu saja Anda harus melakukan verifikasi wallet yang Anda miliki. Tentu saja untuk memverifikasinya dengan menyelesaikan transaksi.

Anda harus menyelesaikan 2 buah transaksi, transaksi yang pertama untuk menginisiasi akun penjualan kemudian yang lainnya ialah memberikan akses item OpenSea penjualan.
Jika sudah membayar fee, nantinya Anda hanya perlu konfirmasi rincian penjualan serta post NFT.

Berjualan di OpenSea sebenarnya mudah. Sekarang ini semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi OpenSea karena viralnya cuitan NFT Ghozali Everyday di Twitter.

- sponsor -