- sponsor -

Ada berbagai macam penyebab orang beli NFT meskipun Berharga hingga miliaran. NFT atau Non Fungible Token merupakan salah satu jenis aset digital yang sekarang ini sedang marak menjadi perbincangan.

NFT digunakan oleh para content creator atau seniman untuk menjual karya yang mereka miliki. Perdagangan karya tersebut melalui teknologi canggih Blockchain yang menyimpan data secara digital dan saling terhubung antara perangkat satu dengan lainnya.

Mata uang yang digunakan dollar serta Ethereum. Untuk bisa melakukan jual beli aset, Anda membutuhkan cryptocurrency. Jadi, aset ini dipakai sebagai bukti kepemilikan suatu benda yang mampu dibeli dengan cryptocurrency. Apa saja penyebab orang membelinya? Berikut uraiannya.

Inilah 5 Penyebab Orang Beli NFT yang Berharga Hingga Miliaran

Korancrypto - Inilah 5 Penyebab Orang Beli NFT yang Berharga Hingga Miliaran

Walaupun aset ini bisa digunakan untuk membeli sesuatu, namun sulit diperdagangkan. Hal ini tentu saja berbeda dengan aset kripto yang mudah untuk diperjual belikan. Terdapat 5 penyebab orang beli NFT yang memiliki harga hingga miliaran, yaitu:

Merekam Bukti Kepemilikan

NFT merupakan aset digital yang merekam bukti kepemilikan suatu benda. Aset ini memungkinkan cryptocurrency seperti eter atau Bitcoin menjadi alat tukarnya. Aset jenis ini merupakan sebuah karya seni digital.

Seluruh Transaksi Mampu Dilacak

Desainer grafis serta praktisi NFT, Robert Zumkeller mengungkapkan bahwa seluruh transaksi mampu dilacak sesudah proses penjualan objek digital dilakukan. Fitur pelacakan ini memungkinkan pemilik awal memperoleh royalti abadi.

Ia menjelaskan bahwa biasanya, dalam karya seni fisik hanya terdapat beberapa lusin karya seni cetak atau satu salinan asli. Karya asli terbagi menjadi dua yaitu reproduksi dan palsu. Zumkeller mengatakan bahwa karya digital merupakan sebuah file berupa data.

Sehingga memiliki salinan sempurna yang jumlahnya tidak terbatas. Sedangkan NFT bukan semata-mata jual beli file karya. Tapi, merupakan jual beli dari bukti kepemilikan asli karya digital tersebut.

Merupakan Benda Mewah Versi Digital

NFT merupakan benda mewah versi digital. Bahkan seorang tokoh redaktur majalah jam tangan Europa star bernama Serge Maillard mengungkapkan bahwa NFT karya foto maupun animasi 3 dimensi jam mewah bisa dipakai oleh perusahaan terkait.

Tujuannya untuk mempererat hubungan lebih dekat dan pribadi dengan klien tanpa adanya perantara. Calros Moreira, selaku CEO Wisekey perusahaan keamanan TI di Swiss mengungkapkan bahwa perusahaannya sekarang ini juga menyediakan NFT.

Tujuannya tidak lain untuk melindungi benda mewah, membuat sebuah pasar seni serta manajemen hak digital film maupun musik. Moreira mengatakan bahwa seni serta salinan digital barang mewah sejauh ini merupakan pasar utama.

Harganya Tinggi Karena Pembuatnya Masih Terbatas

Claudio Tessone, dosen Blockchain Universitas Zurich mengungkapkan bahwa desain dari teknologi NFT memicu adanya spekulasi. Hal ini karena jumlah pembuatan benda digital seorang seniman masih terbatas.

Sedangkan pihak yang mencarinya semakin banyak. Sehingga muncul investor serta spekulasi yang keduanya membuat tarif jual Non Fungible Token ini menjadi semakin mahal.

Identitas Mampu Ditelusuri

Ketika menggunakan aset jenis ini, identitas dari penggunanya mampu ditelusuri. Sehingga, tidak hanya transaksinya saja yang dapat dilacak, tapi juga identitas. Tesson mengatakan bahwa privasi ketika membahas mata uang kripto merupakan ilusi.

Jika identitas mampu ditelusuri, berarti ketika ada gerak gerik yang mencurigakan bisa dilacak dengan baik. Mengingat penggunaan teknologi investasi apapun itu jenisnya berkemungkinan dijamah oleh para peretas.

Tidak mengherankan bila akhirnya aset ini dihargai hingga miliaran rupiah. Biasanya, perusahaan besarlah yang berani memberikan harga hingga miliaran. Jadi, bukan soal perdagangan file digital, tapi bukti asli kepemilikannya penyebab orang beli NFT.

- sponsor -