- sponsor -

Transaksi Kripto || Pasar Cryptocurrency terus mengalami naik turun seperti roller coster. Hal ini membuat trader atau investor merasa waspada akan harga kripto yang sewaktu-waktu bisa turun tajam.

Beberapa saat lalu, kripto anjlok hingga menyentuh angka terendah. Anjloknya uang digital ini disebabkan oleh larangan beberapa negara besar serta cuitan dari pengusaha Elon Musk.

Dari cuitannya, Elon Musk berhasil mempengaruhi harga pasar sehingga menyebabkan bitcoin cs jatuh ke jurang. Sedangkan negara besar seperti Cina, Amerika, Maroko, dan Iran secara tegas melarang dan memperketat aturan kripto di negaranya.

Namun, saat ini pasar digital mulai membaik dan mendapatkan respon positif dari Asosiasi Blockhain (3/6/2021). Tidak hanya itu, pada kamis (3/6/2021) mata uang digital Dogecoin (DOGE) naik lagi.

Naiknya nilai mata uang digital tidak hanya terjadi di DOGE saja, namun mata uang lainnya juga berangsur membaik dan stabil. Selain itu transaksi kripto juga semakin dimudahkan dengan adanya kolaborasi antara Cardano dan Nervos. Hal ini tentu bisa memangkas biaya bagi para trader.

Transaksi Kripto Lebih Ramah Lingkungan Dibanding Perbankan
Transaksi Kripto Lebih Ramah Lingkungan Dibanding Perbankan

Transaksi Kripto Lebih Ramah Lingkungan Dibanding Perbankan

Kali ini kripto mendapat dukungan mengenai isu lingkungan yang sedang beredar. Chairman Asosiasi Blockhain Indonesia, Oham Dunggio lebih mendukung kripto dibanding dengan perbankan.

Oham Dunggio membantah pernyataan mengenai penambangan kripto menjadi isu lingkungan yang harus diperhatikan. Karena penambangan dinilai berlebihan dapat merusak ekosistem lingkungan.

Setelah sebelumnya mendapatkan perlawanan dari beberapa negara karena dapat merugikan negara, berkaitan dengan pajak dan penambangan. Kini bitcoin dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan listrik yang digunakan oleh perbankan.

Menurut Oham Dunggio, listrik yang digunakan oleh bank untuk mencetak uang lebih besar jika dibandingkan dengan penambangan bitcoin. Bitcoin tentunya juga membutuhkan energi untuk menambang, sama halnya dengan bank yang membutuhkan listrik untuk mencetak uang.

Oham menilai, listrik yang digunakan untuk menambang tidak terlalu banyak. Sedangkan listrik yang digunakan bank untuk mencetak uang atau dalam operasinya lebih boros. Oham menyebutkan bahwa energi yang digunakan untuk menambang, 73% merupaan energy terbarukan.

Sehingga lebih ramah lingkungan. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan cuitan Elon Musk beberapa waktu lalu yang menyatakan kekhawatirannya terhadap penambangan kripto yang dapat memperparah kondisi lingkungan.

Kolaborasi Antara Nervos dan Cardano
Kolaborasi Antara Nervos dan Cardano

Kolaborasi Antara Nervos dan Cardano

Mulai melesat naik dan mendapatkan dukungan, kripto menjadi investasi yang cukup menjanjikan. Dukungan lain berasal dari Blockhain public asal Cina. Saat ini Nervos beserta dengan tim pengembang di belakang Cardan.

IOHK bekerjasama untuk menghubungkan jaringan Nervos dan Cardano. Jembatan yang dibangun nantinya dapat memudahkan trader untuk melakukan transaksi mata uang digital.

Proyek ini direncanakan untuk mengaktifkan pertukaran informasi di seluruh platform milik Nervos dan Cardani dalam enam minggu kedepan. Terhitung sejak 3 Juni 2021 dan diperkirakan hingga 16 Juli 2021.

Jembatan kolaborasi ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tujuan bersama, yaitu saling menghubungkan jaringan industri krpto. Dimana penggunanya memiliki pengalaman yang sangat mudah ketika menggunakan jaringan blockhain, terlepas dari platform mana saja yang digunakan.

Peluncuran proyek ini sangat penting karena akan menghubungkan dua raksasa bernilai miliaran dolar dari segi kapitalisasi pasar. Selain itu, proyek ini merupakan jembatan pertama bagi Cardano (ADA) yang saat ini memiliki nilai US$56,3 miliar.

Force Birdge akan memungkinkan pengguna untuk bertransaksi secara bergantian dengan mata uang asli Nervos (CKB) dan Cardanno (ADA). Selain itu, pengguna juga bisa membuat token terbungkus (wrapped token) mereka sendiri.

Dukungan dari beberapa pihak ini berpengaruh pada naiknya pasar uang digital kripto. Sehingga beberapa nilai mata uang kripto seperti Bitcoin, DOGE, ETH mengalami kenaikan.

- sponsor -