- sponsor -

Di Indonesia, Mata Uang kripto Tumbang dan masih belum mendapat izin pemerintah untuk dijadikan sebagai alat pembayaran. Namun, komoditas ini termasuk ke dalam komoditas berjangka, artinya kripto dapat digunakan dalam proses investasi ataupun diperjualbelikan.

Mata uang kripto dimuat dalam aturan yang diawasi oleh Bandan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) Kementrian Perdagangan. Pada perdagangan terbaru, aset kripto mengalami jungkir balik harga dalam sepekan perdagangan global.

Pada perdagangan selasa 8 Februari, sejumlah mata uang kripto mengalami penguatan. Hanya sebagian stable coin yang merosot. Namun, hal tidak disangka-sangka terjadi pada penutupan perdagangan pada rabu 9 Februari 2022.

Hal tersebut adalah nilai mata uang kripto tumbang setelah sepekan ini mengalami penguatan dan melambung tinggi pada beberapa aset. Mata uang digital yang memiliki kapitalisasi terbesar yakni bitcoin tidak mampu mempertahankan harga.

Sejumlah mata uang stable koin atau jenis mata uang yang tawarkan harga stabil yang dibuat khusus ini juga mengalami pelemahan terhadap dollar. Beberapa diantaranya adalah USD Coin (USDC) dan Tether (USDT).

Dikutip dari Coindesk, naik turun harga mata uang ini pekan ini merupakan dampak dari peretasan kripto Biftinex yang terjadi pada 2016 lalu. Pada Selasa lalu AS mengamankan dua orang terkait hal ini menyita 119.754 bitcoin.

Mata Uang Kripto Tumbang Setelah Mengalami Penguatan

KoranCrypto - Mata Uang Kripto Tumbang Setelah Mengalami Penguatan

Bitcoin sempat menorehkan hasil tinggi selama perdagangan seminggu terakhir hingga 12,38 %. Namun, sebagai mata uang paling populer ini alami kemerosotan ke 1,56 % atau posisi 43.358 dollar perkeping.

Etherum yang sempat menguasai pasar pun tidak luput dari kejatuhan. Dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan hingga 10,92 %. Tetapi, pada perdagangan terakhir runtuh 2,46 % ke posisi 3.071 dollar perkeping.

BTS Harga perkeping dari BNB 408,45 dollar dan Cardano seharga 1,16 dollar. BNB merupakan pelemahan mata uang yang terparah. Kemudian ada Terra yang jatuh hingga 4,67 % menuju posisi 56,26 dollar perkepingnya.

Polkadot sebesar 6,23 % pada posisi 21,29 dollar. Serta Dagecoin senilai 5,51 % ke posisi 0,1552n per keping. LUNA merosot ke angka 3,38 % ke posisi 57,2 Dollar Amerika Serikat. Ada juga penurunan dialami SOL ke angka 3,06 % berada di posisi 113,3 dollar Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, DOGE turut alami penurunan ke angka 2,9 % di posisi 0,15 dollar. ADA 2,9 dollar AS. Kemudian DOT turun sebanyak 2,27 % ke level 21,74 dollar AS. ETH 0,7 % pada 3.113 dollar AS.

Pada sektor stable coin, USDDC turun 0,04 % pada posisi 0,9 dollar AS. Sementara stable coin lainnya yakni USDC mengalami penstabilan pada harga 1 dollar.

Namun, disisi lain BTS justru alami kenaikan yang cukup tipis yakni 0,56 % pada level 44.050 dolar atau jika dirupiahkan hampir setara dengan 634,2 juta rupiah.

Top Grainer dan Losers

Korancrypto - Top Grainer dan Losers

Istilah top grainer dan losers dalam perdagangan online adalah istilah untuk menyebut posisi aset. Jika aset mengalami peningkatan harga tinggi maka disebut top grainer. Sedangkan, losers adalah sebaliknya. Nilai harga yang jatuh dan melemah disebut losers.

Pada perdagangan selasa top grainer diisi oleh XPR yang memegang reli tercepat pada perdagangan hingga 22,36 %. Top Grainer diisi oleh Birdchain yang harganya melambung tinggi 168,84.

Kemudian disusul oleh ZUM TOKEN hingga 253,5 %. Terakhir ada CryproVsZOmbie naik harga ke 68,8 %. Sedangkan untuk losesrs diisi oleh Magic Inu dan Colligo. Magic Inu (MAGIC) ambles dengan nilai 95,16 %, Colligo (COTK) ikut merosot drastic sebesar 93,3 %. Lalu ada Metaplay tumbang diangka 86 %.

- sponsor -