- sponsor -

Belakangan, keputusan untuk menerima mata uang kripto (Bitcoin) sebagai alat pembayaran yang sah memang sering menimbulkan masalah. Menurut beberapa pengamat keuangan, masalah yang timbul terjadi pada ekonomi sekala makro.

Oleh karena hal tersebut, dibutuhkan analisa cermat untuk mengetahui duduk permasalahan Bitcoin dari segi dampak masalah ekonomi makro, keuangan negara, dan hukum. Pernyataan tersebut secara tegas dikatakan oleh juru bicara Dana Moneter Internasional (IMF).

Gerry Rice mengungkapkan bahwa dirinya telah mengikuti perkembangan di atas dengan cermat dan sudah melanjutkan konsultasi dengan para pihak berwenang. Aset kripto secara langsung dapat menimbulkan risiko besar.

Secara terang-terangan, Gerry Rice juga menyebut aset kripto satu ini perlu langkah pengaturan yang efektif. Apabila tidak dihadapi dengan tepat, maka hal terburuk dapat terjadi karenanya.

Gejolak Mata Uang Kripto (Bitcoin) di Mata Dunia
Gejolak Mata Uang Kripto (Bitcoin) di Mata Dunia

Gejolak Mata Uang Kripto (Bitcoin) di Mata Dunia

Rice, selaku juru bicara IMF telah melakukan pertemuan virtual dengan para otoritas El Salvador. Pertemuan virtual tersebut memiliki tujuan untuk meninjau ulang semua peraturan yang telah dibuat.

Lebih jelasnya, permasalahan yang dibahas yaitu seputar prioritas dari adanya program potensial. Hal tersebut mencakup kebijakan untuk memperkuat sektor tata kelola perekonomian negara. Pertemuan virtual tersebut telah dilakukan pada Kamis malam kemarin.

Ada banyak hasil pembahasan atas pertemuan Rice dengan Nayib Bukelele. Presiden El Salvador, Nayib Bukele sebelumnya telah menyetujui bahwa mata uang kripto (bitcoin) dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran sah.

Pada hari Rabu, satu hari sebelum pertemuannya dengan juru bicara IMF, El Salvador merupakan negara pertama di mana mengakui secara resmi mata uang digital satu ini. Tidak hanya itu, El Salvador juga menerima bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

El Salvador Rangkul Penambang Kripto
El Salvador Rangkul Penambang Kripto

El Salvador Rangkul Penambang Kripto

Perbincangan mengenai El Salvador sebagai negara pertama yang mengadopsi bitcoin setelah Kongres memang menuai reaksi dari banyak pihak. Tidak sampai di sana, setelah Kongres Nayib Bukele juga secara terang-terangan merangkul penambang kripto/
Dilansir dari sumber terpercaya, pada Sabtu kemarin (12 Juni 2021), tiga perempat anggota parlemen telah memilih untuk mendukung mengadopsi bitcoin. Langkah tersebut juga nantinya akan dituang dan diatur pada undang-undang.

Walau banyak kekhawatiran mengenai dampak potensial lewat program El Salvador tersebut, sepertinya negara satu ini benar-benar mantap dan mengakui keberadaan dari mata uang kripto, bitcoin.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele telah mengembar-gemborkan penggunaan mata uang ini karena potensinya dalam membantu warga Salvador yang tinggal di luar negeri. Bukele juga percaya bahwa pengiriman uang dari warganya yang di luar ke Salvador akan memberikan kemudahan.

Lewat akun twitter-nya, Bukele mengecap bahwa program tersebut akan membawa inklusi keuangan, investasi, peningkatkan sektor pariwisata, dan bentuk invoasi pembangunan ekonomi negara.

Presiden El Salvador ini juga menilai penggunaan mata uang kripto satu ini akan menjadi pilihan individu dan secara langsung tidak akan membawa risiko bagi penggunanya. Pemerintah juga akan menjamin konvertibilitas ke dolar pada proses transaksinya.

Jaminan dan kepercayaan yang dibuat di bank pembangunan negara Bandesal ini juga akan nantinya tertuang dalam undang-undang. Berdasarkan undang-undang sebelumnya, bitcoin harus diterima oleh suatu perusahaan saat ditawarkan sebagai alat pembayaran.

Alat pembayaran yang dimaksud di atas mencakup transaksi pada sektor barang maupun jasa. Kemudian hal menarik lain dari hasil Kongres tadi juga dari datang dari proses pembayaran pajaknya,
Nantinya, kontribusi pajak akan dapat dibayarkan dalam bentuk cryptocurrency. Sebagaimana bitcoin telah disetujui sebagai alat pembayaran sah akan akan dimulai dalam 90 hari dan nilai tukarnya akan ditetapkan langsung oleh pasar.

 

- sponsor -