- sponsor -

Bank China tampaknya semakin serius dalam mengembangkan mata uang digital Yuan. Baru-baru ini, muncul kabar akan diadakannya “sayembara” untuk siapa saja staff yang bisa mendapatkan pengguna untuk mata uang itu. Dan yang bisa, akan mendapatkan hadiah.

Mungkin masih hangat pemberitaan tentang bagaimana China memberikan regulasi terhadap mata uang crypto sehingga banyak penambang yang berpindah. Namun ternyata ini merupakan suatu cara juga untuk memulai penjualan yuan digital agar semakin laku.

Baru-baru ini, bank-bank di Negara China telah melakukan penjualan dengan menggunakan dompet digital yuan, staf diminta untuk melakukan perekrutan terhadap member baru. Hal ini agar dengan masing-masing bisa mendapatkan angka segitu, maka pengguna yuan digital bisa mencapai jutaan.

Menurut artikel dari Shenlian Caijing, pegawai para bank terkemuka di China bersama dengan bank yang lainnya sudah memberlakukan untuk menggunakan dompet digital yuan ini sebagai alat pembayaran.

Apa yang Bisa Didapatkan?

Untuk menambah pengguna dan menarik member setiap tahun, setiap bank juga diperintahkan untuk memasarkan mata uang digital bank sentral (CBDC). Hal ini seakan merupakan tugas bagi pegawai dengan perekrutan paling banyak.

Pada aspek ini setiap bank sudah menerapkan secara intensif dan berfokus pada perekrutan member baru pengguna dompet digital, nantinya juga akan memberikan apresiasi kepada bank yang telah melakukan kinerja yang bagus dan terstruktur.

Sebagai bagian dari pengujian mata uang di China ini, mengumumkan bahwa sudah mengeluarkan 12 juta yuan digital melalui lotre kepada penduduk sebanyak 100.000 pada tanggal 2 Juni ini.

Tema lotere dijuluki “Perjalanan Hijau – musim panas rendah karbon” dan menariknya, 12 juta yuan digital telah diprogram sebelumnya untuk bekerja secara khusus untuk pembayaran transportasi umum, seperti tiket bus dan kereta bawah tanah, dan pembayaran sewa sepeda.

Selain untuk kantor cabang dan pengguna yang berhasil mencapai target, ada juga bonus per rekrutan. Setiap pengguna baru, pegawai akan mendapatkan bonus dari hasil kerja kerasnya dalam merekrut member baru.

Dari pandangan pemerintah yang ada di China, pegangan yang kuat dalam teknologi keuangan ini akan meningkat apabila menerapkan dompet yuan digital sebagai alat pembayaran yang sah, ini juga akan bersaing dengan penyedia layanan pembayaran seperti WeChat dan Alipay.

Dua pasar itu dilaporkan sedang menduduki 98% pasar dengan pembayaran di Cina. Dengan adanya mata uang digital CBDC ini, diharapkan bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Bahkan, 6 bank terbesar di China sudah mempromosikan CBDC agar lebih banyak digunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan Mata Uang Digital Yuan?

Bagi yang ingin menggunakan uang digital ini, maka aplikasi Digital Yuan adalah solusinya. Aplikasi ini dioperasikan oleh People’s Bank of China dan semua orang yang menyimpan uang mereka disini dapat mengakses aplikasi enam bank negeri milik China.

Untuk mendapat akses, Anda perlu ke salah satu dari bank tersebut. Prosesnya akan memakan waktu beberapa jam dan akan langsung memiliki dua dompet e-CNY dari Bank of China (BoC) dan Industrial and Commercial Bank of China (ICBC).

Secara khusus, aplikasi Digital Yuan terhubung dengan dompet bank untuk membuat semuanya dapat diakses di layar yang sama. Selain belanja konsumen skala kecil, yuan digital digunakan oleh beberapa anggota partai China untuk membayar iuran partai mereka.

Semakin maraknya perkembangan kripto membuat China memikirkan cara agar ia bisa mempopulerkan mata uang digital mereka. Salah satunya adalah dengan cara membatasi mata uang kripto lain dengan memberikan regulasi sehingga mereka menarik diri.

 

- sponsor -