- sponsor -

Seiring berjalannya waktu Manajemen risiko trading crypto harus diketahui khususnya bagi Anda yang masih pemula. Melihat cryptocurrency sebagai mata uang berbasis digital, sekarang telah menjadi perbincangan hangat di Indonesia.

Hampir sebagian besar masyarakat memiliki keinginan untuk mempelajari cara kerja cryptocurrency yang dijadikan instrumen trading. Perlu diketahui bahwa kripto bisa digunakan untuk bertransaksi dari satu orang ke lainnya secara daring.

Keberadaan crypto juga dapat dijadikan alat pembayaran dalam membeli barang secara online atau ditukarkan ke mata uang asli. Inilah yang membuat kripto semakin praktis dan dinilai menjadi aset terbaik.

Memiliki koin pada kripto tentu memberikan peluang bagi semua orang untuk mendapatkan cuan berlimpah. Namun perlu dipahami bahwa dalam dunia investasi tetap ada risiko yang selalu membuat kerugian tercipta.

Tidak sedikit orang mengalami kerugian akibat tidak memahami risiko bermain kripto yang cenderung sulit bagi trader awam. Mengingat kripto sangat berbeda jika dibandingkan dengan trading saham ataupun reksadana.

Keberadaan risiko cukup tinggi mewajibkan seluruh trader harus paham cara menghindarinya agar tetap profit konsisten. Berikut kami beberkan cara manajemen risiko terbaik dalam dunia trading crypto untuk menghindari kerugian besar.

Risiko yang Wajib Diketahui

Koran Crypto - Risiko yang Wajib Diketahui

Sebelumnya, Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan dengan melakukan investasi menggunakan aset cryptocurrency. Namun perlu dipahami bahwa sebenarnya cuan bisa didapatkan setelah Anda memperhatikan beberapa risiko selama trading berjalan.

Pahami risiko pertama saat melakukan trading pada cryptocurrency yaitu tidak memiliki fundamental yang dapat dianalisis. Kemungkinan terbesar jika Anda sedang membeli koin seperti bitcoin, ethereum, dan sebagainya tanpa melihat fundamental.

Dikarenakan semua mata uang digital bukan layaknya dolar AS ataupun rupiah yang punya fundamental masing-masing. Hal ini membuat para trader harus lebih berhati-hati jika ingin mendapatkan keuntungan hasil trading crypto.

Kemudian risiko menjalani trading cryptocurrency belum dijamin oleh badan otoritas seperti OJK. Sebagai jaminan keamanan, crypto telah dilengkapi kriptografi untuk menjaga seluruh aset dan transaksi yang berlangsung selama setiap hari.

Anda tidak perlu takut, meskipun belum ada OJK yang bertugas mengawasi, memberikan peringatan, dan memberi sanksi. Jadi kehadiran cryptocurrency masih menggunakan keamanan berbasis luar negeri yang dijamin tidak merugikan trader.

Risiko yang kerap terjadi terakhir nilai mata uang digital pada crypto bisa berubah sangat tinggi selisihnya. Ini merupakan fenomena paling sering ditemukan, sehingga membuat pemula mengalami kerugian besar saat trading.

Manajemen Risiko dalam Trading Cryptocurrency

Korancrypto - Manajemen Risiko dalam Trading Cryptocurrency

Untuk mengatasi risiko trading crypto atau mencegah terjadi pada diri Anda, pastikan mulai menerapkan manajemen yang baik. Inilah beberapa manajemen risiko demi menghindari terjadi sebuah kerugian akibat risiko berinvestasi crypto.

Pertama manajemen risiko yang harus dilakukan adalah mengendalikan sebuah emosi karena dapat berpengaruh terhadap performa trading. Jangan pernah emosi karena Anda bisa mendapatkan kerugian bila hal tersebut terus terjadi.

Mengingat emosi hanya sesaat biasanya dipengaruhi nafsu ingin meraih cuan berlimpah tanpa mengetahui sebuah risikonya. Paling sering ketika emosi tidak terkendali biasanya kerugian justru diperoleh selama trading sedang berlangsung.

Setelah itu, manajemen bermain cryptocurrency harus pandai terhadap teknik dasar untuk mengetahui kenaikan dan penurunan nilai. Hal ini bertujuan guna melakukan cut loss atau menjual aset ketika nilainya sedang menurun.

Terakhir, mengatur waktu adalah manajemen terbaik dalam menghindari risiko selama trading. Anda harus paham waktu yang tepat untuk membuka posisi melakukan jual beli aset cryptocurrency tanpa harus setiap saat bertransaksi.

Kini seluruh risiko sudah diketahui beserta cara mencegah terjadinya bagi diri Anda sendiri dijamin menguntungkan ke depannya. Mulailah menerapkan sebaik mungkin manajemen risiko trading crypto agar tidak terjadi kerugian fatal.

- sponsor -