- sponsor -

Cryptocurrency terbesar kedua di seluruh dunia, Ethereum, pada hari Kamis (06/08), meluncurkan pembaruan yang disebut ‘London Hard Fork’. Update dikabarkan sangat ditunggu-tunggu oleh para pedagang bursa mata uang digital.

Pembaruannya berlangsung beberapa jam yang lalu di London dan diperkirakan akan memiliki dampak signifikan. Meskipun peluncurannya tertunda, pakar industri menggambarkannya sebagai bentuk transformasi total dengan beberapa perubahan.

Salah satu Manfaat terbesar dari update tersebut adalah memungkinkan jaringan untuk menangani lebih banyak transaksi per detik. Ada juga harapan bahwa skalabilitas tambahan ini akan mengatasi biaya penambangan yang tinggi.

Mengenal Apa itu Update 'London Hard Fork' || Koran Crypto

Mengenal Apa itu Update ‘London Hard Fork’

London Hard Fork adalah satu dari set lima proposal peningkatan Ethereum (EIP). EIP-1559 termasuk dalam London Hard Fork, bertujuan untuk mengubah kecepatan dan insentif penambangan Ethereum sehingga sangat memudahkan penambangan.

Tidak ada batasan jumlah Ethereum karena termasuk aset kripto inflasi. Penambang akan dihargai dengan koin baru setiap kali mereka memvalidasi blok, dan dikompensasikan dengan biaya transaksi yang dibayarkan oleh pengguna.

Setelah pembaruan diluncurkan, penambang tidak akan lagi menerima pendapatan dari biaya transaksi sehingga akan mengurangi pasokan. Hal tersebut membuat biaya transaksi dapat diprediksi oleh mereka yang menggunakan aset kripto ini.

Pembaruan tersebut juga akan memastikan bahwa tidak ada jumlah kemacetan jaringan yang menyebabkan kenaikan harga Ethereum. Langkah transparansi dari sisi nilai ini bakal membantu meningkatkan adopsi aplikasi secara terdesentralisasi.

Pengembang Ethereum Foundation Tim Beiko, telah menekankan bahwa pemilik aset tersebut – yang menggunakan pertukaran crypto, dompet web, dompet seluler, atau dompet perangkat keras, tidak akan terpengaruh oleh London Hard Fork.

Tanggapan Para Ahli Soal update ini | Korancrypto.com

Tanggapan Para Ahli Soal update ini

Menurut CEO WazirX Nischal Shetty, pembaruan ‘London Hard Fork’ disebut sebagai salah satu momen terpenting bagi komunitas, peneliti, dan insinyur aset kripto Ethereum. Terutama EIP 1559 yang mendapatkan pembaruan eksponensial.

Nischal Shetty mengatakan bahwa EIP 1559 bertujuan untuk mengubah Ethereum menjadi aset deflasi. Desain teknologinya akan mengurangi volatilitas biaya transaksi, yang selama ini menjadi sandungan bagi pengembang dan para investor.

Edul Patel, seorang pakar sekaligus CEO & Co-founder Mudrex, juga mengatakan pembaruan tersebut merupakan lompatan besar menuju Ethereum generasi 2.0, yang diharapkan akan segera muncul pada pada akhir tahun ini.

Menurut Patel, London Hard Fork akan membuka jalan bagi transisi ke Ethereum generasi berikutnya. “Ethereum adalah jantung dari revolusi blockchain. Beberapa proyek saat ini sedang dibangun di jaringan tersebut” ucapnya

Dirinya menambahkan, Beberapa pengembang seringkali dihadapkan soal tingginya biaya transaksi saat menggunakan Ethereum. Namun setelah adanya London Hard Fork, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan turunnya besaran nilai saat bertransaksi.
Dampak ‘London Hard Fork’ Bagi Investor Secara Umum

Bagi investor umum, dampak jangka panjang dari peningkatan ini sangat besar karena begitu biaya Ethereum turun, adopsi dan permintaan akan terus meningkat dan akan mendorong harga koin jauh lebih tinggi.

Dan Finlay, salah satu pendiri dan pengembang di MetaMask oleh ConsenSys, mengatakan ada sejumlah perubahan yang dapat menguntungkan dari sisi pengguna seperti pedagang dan calon investor, maupun pengembang di Ethereum.

Sama seperti pendapat yang dikemukakan oleh para pakar dari WazirX dan MudreX, Finlay juga mengatakan bahwa pembaruan tersebut bakal membawa dampak besar dari sisi biaya berupa transparansi dan penurunan harga.

“Peningkatan Ini akan mereformasi mekanisme biaya Ethereum, dan merupakan perubahan utama dalam peningkatan jaringan aset kripto tersebut. Salah satu manfaat utama dari pembaruan ini adalah transparansi seputar biaya”, ucapnya.

London Hard Fork saat ini menjadi harapan bagi para penambang, pedagang, hingga investor yang bertransaksi di atas platform Ethereum. Aset kripto tersebut ke depannya diharapkan memiliki banyak permintaan di bursa.

- sponsor -