- sponsor -

Korancrypto.com – Di tengah aksi jual Bitcoin yang memicu pesimisme atas masa depan mata uang virtual, Bloomberg melaporkan perusahaan layanan messaging terbesar di Jepang Line Corp membuka bursa cryptocurrency Bitbox bulan depan di Singapura.

Bitbox akan menawarkan perdagangan lebih dari 30 token virtual termasuk bitcoin, ethereum, bitcoin cash, dan litecoin, tetapi tidak mata uang konvensional (fiat currency). Hal itu diungkapkan manajemen Line dalam penjelasan strategi tahunan di Tokyo pada hari Kamis (2018/06/28).

Situs web Bitbox akan tersedia dalam 15 bahasa untuk pengguna di seluruh dunia, kecuali Jepang dan AS. Bitbox akan mengenakan biaya perdagangan 0,1 persen.

CEO Line Takeshi Idezawa menyampaikan visi ekonomi berbasis token, yang menempatkan teknologi blockchain di tengah upaya menggabungkan berbagai penawaran perdagangan, hiburan, dan media. Langkah memasuki cryptocurrency datang pada saat industri menghadapi peningkatan pengawasan regulasi dan kekhawatiran keamanan yang menekan harga bitcoin sekitar 60 persen lebih rendah tahun ini.

Line memperluas layanan keuangan untuk mengurangi ketergantungan pada pendapatan iklan, dan menawarkan cara untuk mendapatkan pelanggan di negara-negara yang didominasi oleh Facebook Messenger dan WhatsApp.

“Tidak ada sistem saat ini yang dapat menghargai kontribusi pengguna ke layanan dalam bentuk nilai uang. Menghubungkan pertumbuhan layanan dengan kompensasi bagi para kontributor dalam ekonomi token dapat membuka banyak nilai baru,” ungkap Idezawa,

Line sedang mempertimbangkan untuk membuat token sendiri yang dapat digunakan untuk membayar pengguna yang berkontribusi ke berbagai layanannya, dan penyedia layanan pihak ketiga juga dapat memiliki akses ke platform. Idezawa mengatakan pengembangan sudah berjalan, tetapi tidak memberikan waktu yang spesifik.

Menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, yang meminta untuk tidak disebutkan identitasnya, Line juga sedang mengembangkan aplikasi mobile khusus untuk bursa, yang akan terpisah dari layanan chat-nya. “Perusahaan keamanan Blockchain BitGo Inc. bermitra dengan Line terkait keamanan untuk bursa,” kata sumber tersebut lebih lanjut.

Perusahaan yang mendirikan Line Financial Corp pada bulan Januari ini juga telah mengajukan lisensi untuk membuka bursa mata uang kripto di Jepang. Messenger itu telah menawarkan layanan dompet ponsel Line Pay sejak 2014 dan telah menarik lebih dari 40 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Line menginvestasikan 30 miliar yen ($ 272 juta) dalam bisnis fintech dan AI (Artificial Intelligence) tahun ini dan berencana memperluas layanannya untuk memasukkan layanan pinjaman dan asuransi.

Sumber : Bloomberg.com

- sponsor -