- sponsor -

Di situasi Ukraina dan Rusia yang masih perang, Zelensky yang merupakan presiden Ukraina malah telah berikan tanda tangannya untuk Legalkan Industri Kripto disana. Banyak yang masih heran dengan keputusan sang presiden. Tetapi apakah ini akan membantu Ukraina?

Mata uang kripto dalam waktu dekat akan menjadi aset legal di Ukraina. Ini semua karena Volodymyr Zelensky telah sepakat untuk memperbarui UU tentang mata uang digital ini. Hasil pengesahan juga langsung diumumkan oleh menteri transformasi digital Ukraina.

Meskipun sedang berada di kondisi yang kurang kondusif dan lingkungan yang tidak aman, ini dinilai sebagai sebuah keputusan berani sekaligus mengherankan. Menurut CoinDesk, dalam UU kripto ini dijelaskan kalau status legal dan klasifikasi pengguna sudah diberikan.

Menteri transformasi digital Ukraina juga mengatakan kalau kripto ini juga sudah bisa dipakai di lingkungan bank dengan tujuan perkembangan aset virtual di Ukraina. Tetapi tidak semua orang setuju dengan keputusan yang terlihat tidak matang dan bisa jadi hanya jebakan.

Legalkan Industri Kripto oleh Presiden Ukraina yang Terlalu Terburu-buru dalam Hal Pengesahan

Koran Crypto - Legalkan Industri Kripto oleh Presiden Ukraina yang Terlalu Terburu-buru dalam Hal Pengesahan

Melihat aset kripto yang telah legal di Ukraina meskipun berada di kondisi sulit dengan Rusia praktis mengundang tanda tanya dari banyak ahli ekonomi. Ahli menilai ini adalah momen kripto untuk semakin berkembang, tetapi bukan momentum untuk Ukraina.

Melihat kesempatan global yang terjadi di pasar kripto saat ini, ahli ekonomi melihat apa yang menjadi dasar kebijakan ini adalah karena sanksi yang telah menunggu Rusia dan negara di kawasan Eropa lebih banyak berada di sisi Ukraina dan siap membantu.

Di sisi lain, ada juga yang melihat kalau ini adalah langkah yang tepat karena kripto telah aktif digunakan di Ukraina. Ada banyak diskusi di negara ini tentang aset digital dan Ukraina telah mendapat bantuan dalam aset kripto juga bulan lalu.

Bahkan sumbangan dari salah satu platform kripto ini jumlahnya mencapai 100 juta USD. Laporan dari TechCrunch mengatakan kalau kripto pertama Ukraina, Kuna, tidak akan lagi diproduksi secara terbatas, tetapi ini akan menjadi industri baru disana.

Ini bertujuan agar semua donasi lebih memudahkan pengguna kripto dan negara bisa lebih gampang dalam menerima bantuan. Tidak lagi perlu deposit ke bank, tinggal mengirim aset ke akun kripto dan bahkan terbebas dari batasan pengatur Rusia.

Akankah UU tentang Kripto Ini Akan Membantu Ukraina?

Korancrypto - Akankah UU tentang Kripto Ini Akan Membantu Ukraina?

Kini muncul lagi perdebatan lain yang menanyakan apakah cara ini dapat membantu Ukraina dalam banyak sektor digital. Pada nyatanya, regulasi ini dinilai tidak akan membantu banyak, terlebih karen pada Oktober lalu, Zelensky sudah menolak regulasi kripto.

Fans berat kripto mungkin saja sangat senang dengan meluasnya industri kripto dan kognitif. Bitcoin ini telah mendapat jaringan global yang luas dan transaksinya telah mencapai 150 juta USD setiap tahunnya. Tetapi apakah ini akan berefek ke ekonomi Ukraina setelah ini?

Banyak keraguan melihat kepercayaan terhadap ekonomi dan pemimpin di Ukraina yang menurun. Koin Kuna tidak akan memberikan efek yang besar karena proyek Blockchain yang lain belum menunjukkan tanda kalau ini bisa berhasil.

Terlebih situasi ini sangat tidak memungkinkan untuk seorang pemimpin mengambil kebijakan yang sangat jauh dari perhatian utama. Sistem mata uang digital ini akan membuat penduduk Ukraina semakin kesulitan memerangi perang yang berlangsung.

Zelensky melakukan langkah berani sekaligus tidak masuk akal ketika perang dengan Rusia sedang berlangsung. Zelensky mengalihkan fokusnya ke ranah mata uang digital. Ini terlihat tidak masuk akal sekaligus diluar fokus masyarakat Ukraina untuk saat ini.

- sponsor -