- sponsor -

Legalitas Bitcoin | El Savador mungkin menjadi salah satu negara yang tidak banyak diketahui masyarakat luas. Apalagi berada di kawasan Amerika Tengah yang cenderung kurang maju. Tapi ternyata, pemerintah setempat membuat ide brilian.

Melalui Presiden Nayib Bukele, akan ada pembahasan mengenai bitcoin sebagai alat pembayaran sah. Tentu saja harus melewati beberapa pertemuan dengan kongres nasional. Baru setelah itu diatur lagi dalam Undang Undang.

Alasan Pemerintah Legalitas Bitcoin 

Alasan utama mengapa El Savador mencoba melegalkan bitcoin yaitu ingin membuat inklusi untuk warganya. Di mana menurut perhitungan, bisa membuat lapangan kerja meningkat. Akhirnya menempuh langkah jangka pendek dengan bitcoin.

Pernyataan tersebut langsung diberikan oleh sang Presiden saat menghadiri konferensi bitcoin 2021. Tentu saja pernyataan Nayib Bukele cukup mengagetkan. Apalagi banyak juga tokoh menghadiri konferensi yang diselenggaraan dikota Miami.

Lebih bagus karena sepertinya akan dibantu dengan aplikasi bernama Strike. Aplikasi ini sendiri bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online. Sudah sangat maksimal meski baru dikeluarkan sekitar Maret 2021.

Hasilnya nanti pemerintah bisa bekerja sama membangun mata uang crypto negara tersebut. Apalagi sudah diharapkan bisa menjadi contoh untuk negara lain. Bahkan didukung oleh sang CEO Strike sendiri Jack Mallers.

Menurut Maller, penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran di El Savador bakal membuka dunia baru. Apalagi dia menjadi tingkat keamanan serta efisien. Nantinya juga dapat melakukan integrasi dengan negara lain.

Sebenarnya El Savador memiliki perkembangan bagus pada masa lalu. Terlebih ternyata sebelumnya sudah pernah lolos dari jeratan krisis ekonomi. Hal ini dapat dilihat seperti tahun 2009 lalu.

Nantinya banyak bidang yang dapat dijual belikan menggunakan crypto. Misalnya industri maupun pertanian yang sedang terus dikembangkan. Mungkin sektor pariwisata juga dapat dijamah mata uang digital.

Sampai sekarang memang masih berada dibawah Amerika Selatan. Tapi daya saing cukup kuat karena mau bangkit. Mungkin saja jika berhasil bisa melebihi, apalagi kalau diatur dengan baik regulasinya.

Berani Melangkah Dibanding Negara Lain
Berani Melangkah Dibanding Negara Lain

Berani Melangkah Dibanding Negara Lain

Karena masih termasuk dalam kawasan Amerika Tengah, kekuatan El Savador dalam segala bidang tidak cukup baik. Apalagi jika melihat pertumbuhan ekonomi. Tidak heran banyak orang belajar tentang crypto seperti bitcoin.

Tapi sebenarnya langkah El Savador ini sepertinya belum dapat dicontoh oleh negara lain. Apalagi jika mau dilakukan dalam waktu dekat. Terlebih memang masih banyak aturan perlu diperjelas.

Salah satu negara yang melakukan pelarangan adalah Tiongkok. Di mana ada aturan larangan membayar memakai bitcoin dan sejenisnya. Aturan ini sudah lama diberlakukan dan sangat ketat.

Selanjutnya langkah Tiongkok langsung diikuti Vietnam dan Rusia. Mereka menganggap tidak sah atau ilegal bila dipakai untuk transaksi negara tersebut. Hasilnya kemudian penambang lokal merasa kesulitan.

Hal ini diikuti negara besar lainnya seperi Turki. Di mana tergolong masih cukup ketat sama seperti Tiongkok. Ditambah belum ada regulasi pasti dan otoritas resmi juga belum dibentuk.

Kurang lebih sama halnya dengan Nigeria yang mulai dari februari 2021 memerintahkan warganya melakukan transaksi crypto. Semua bank dan lembaga terkait juga tidak diperbolehkan jual beli bitcoin.

Iran, Qatar dan Bangladesh juga sepertinya belum bisa menyamai langkah El Savador. Bahkan tidak akan ada perdagangan bitcoin jika belum diresmikan pemerintah setempat. Apalagi membuat banyak efek negatif pada lingkungan.

Meski cukup berani, tapi belum diketahui bagaimana tingkat keberhasilan rencana ini. Tapi jika ada pembangunan ditambah banyak investor masuk, bisa saja berhasil. Bukan hanya berhasil untuk pemerintah, tapi juga rakyatnya.

 

- sponsor -