- sponsor -

Meme coin merupakan token di industri kripto yang terinspirasi dari lelucon populer di sosial media maupun internet. Tahun 2021 kepopulerannya melejit setelah Elon Musk hingga Snoop Dogg mengunggahnya di Twitter.

Dogecoin (DOGE) menjadi aset koin jenis ini yang muncul pada tahun 2013. Selain itu ada juga Shiba Inu (SHIB) yang banyak disoroti karena harganya sepat meroket hingga 700%, mengalahkan Doge.

Namun dalam 24 jam terakhir ternyata SHIB mengalami penurunan harga. Sedangkan sebaliknya, Dogecoin harganya naik hingga 7,8% karena buntut adanya peluang membelinya pada tren pasar.

Kripto Meme Populer, Harganya Melejit Setelah Cuitan Elon Musk

KoranCrypto - Harga Melejit Setelah Cuitan Elon Musk, Kini Kembali Naik

Pada tahun ini, harga Dogecoin menyentuh harga tertingginya, yaitu US$ 0.6 per koin. Melejitnya harga ini terjadi setelah miliader dunia, Elon Musk, mengunggah cuitan di Twitter.

Data coindesk menunjukkan harga Dogecoin pada 8 November 2021 yaitu US$ 0.28. Namun melansir dari Express.co.uk, Doge memiliki kemungkinan menembus nilai US$ 0.4 karena adanya tren pasar tersebut.

Menurut Analis FXStreer, Dhwani Mehta, “Ketika harganya masih rendah, maka bisa muncul peluang pembelian. Kalau orang mengikutinya, maka mereka dapat memperoleh koin supaya mendapatkan kembali pada harga sebelumnya.”

Perkiraan Mehta harganya akan menyentuh US$ 0.3550 dalam beberapa bulan kedepan ini. Namun ada kemungkinan Dogecoin akan menyentuh target harga baru, yaitu US$ 0.4432 per koin.

Saat ini Doge sendiri ada di peringkat 9 dengan market cap sebesar US$ 36 miliar. Sebenarnya berdasarkan mention di Twitter, Shiba Inu lebih banyak disebutkan.

Tepatnya pada 9 November 2021 SHIB mention twitternya sebanyak 7.640. Sedangkan dogecoin mendapatkan 2.355 cuitan. Namun faktanya SHIB justru berkebalikan dengan tren kebanyakan cryptocurrency yang kapitalisasi pasarnya meningkat.

Alasan lain kepopuleran DOGE diantaranya menjadi salah satu cryptocurrency yang paling banyak diperdagangkan di India. Bersamaan dengan SHIB, total volume tradingnya juga mencapai 13,72% di Asia Selatan.

DOGE dan SHIB memang saling berkejaran di tahun ini. Namun tren peningkatan kapitalisasi pasar crypto ternyata tidak menjadikan SHIB ikut naik. Nilainya justru turun 5,27% dalam 24 jam terakhir.

Tidak Ikuti Tren, Harga Shiba Inu Anjlok 5,27%

Korancrypto - Tidak Ikuti Tren, Harga Shiba Inu Anjlok 5,27%

Berlainan dengan DOGE yang sekarang ada di atasnya, Shiba Inu mengalami penurunan harga mencapai 5,27% di 24 jam terakhir. Tren harganya juga turun apabila dibandingkan dengan bulan lalu.

Penurunan ini terjadi karena ‘pengendali’ atau sering disebut whale dari SHIB yang memindahkan aset ke empat rekening berbeda. Whale sendiri merupakan sebutan sejumlah orang pemegang aset kripto jumlah besar.

Whale memang memiliki dampak besar pada harga atas setiap transaksinya. Sedangkan kepemilikan SHIB sendiri konsentrasi tertingginya ada di 10 pemilik teratas yang memegang nyaris 72% koinnya.

Perpindahan aset tersebut memiliki nilai US$ 586 juta pada setiap transaksinya. Sedangkan total perpindahan mencapai US$ 2,3 miliar. Tidak heran anjloknya harga SHIB disebut karena ‘pengendali’ kripto tersebut.

Mengutip dari Cointelegraph, analis keuangan Jacob Oracle menyebutkan, “Kalau mereka (whale) menjual kantong asetnya, harga Shiba Inu bisa menyentuh nilai nol atau anjlok sebanyak 99,99%.”

Selain itu, Analis pasar Dino Ibisbegovid juga menyebutkan ada beberapa transaksi SHIB yang mengalir ke centralized exchange (bursa terpusat). Bursa ini sendiri adalah pihak ketiga yang membantu transaksi cryptocurrency.

Mengutip dari CoinDesk, Ibisbegovic menyebutkan, “Sepertinya ada peningkatan penjualan Shiba Inu.”. Dimana adanya transaksi ke bursa terpusat bisa menunjukkan adanya peningkatan tekanan jual untuk jangka pendek.

Selain SHIB yang anjlok, cryptocurrency yang populer karena film Squid Game bahkan anjlok ke nilai US$ 0. Sedangkan sebelumnya harga sempat meroket sampai 131,800%.

Hal ini terjadi karena skema ‘tarik karpet’ di ekosistem keuangan terdesentralisasi. Melansir dari CoinMarketCap, skema ini adalah maneuver berbahaya dan merugikan yang bisa terjadi di industri kripto.

- sponsor -