- sponsor -

Kripto Bangkit Sepanjang satu tahun terakhir, mata uang kripto semakin populer keberadaannya di Indonesia dan dunia internasional. Banyak yang menjadikan mata uang kripto sebagai aset untuk berinvestasi dengan gaya baru.

Menurut data dari Kementerian Perdagangan per bulan Mei 2021, jumlah investor kriptodi Indonesia sudah menyentuh 6,5 juta orang. Terjadi peningkatan sekitar 50 persen sejak tahun 2020 lalu.

Setiap harinya kripto memberikan kejutan menarik terkait harga jual belinya. Per hari Senin kemarin harga mayoritas mata uang kripto memiliki kinerja positif pada pagi hari waktu Indonesia.

Kripto sudah mengalami peningkatan signifikan semenjak sepekan terakhir. Menurut data dari CoinMarketCap, ke-enam kripto dengan kapitalisasi terbesar kompak bergerak kea rah positif dan menguat dengan cepat.

Tidak ada yang menandingi, Bitcoin memimpin penguatan kripto. Tidak tanggung-tanggung, peningkatannya mencapai angka 11,85 persen menuju level harga US$ 38.035,01 setiap koinnya atau setara dengan Rp 551.507.645 per koinnya.

Kabar Tentang Kripto Bangkit

Kabar Tentang Kripto Bangkit

Tidak hanya kripto berjenis Bitcoin yang mengalami peningkatan, jenis lainnya yang melonjak ialah Ethereum. Peningkatannya mencapai angka 7,09 persen menuju level US$ 2.297,14 setiap koinnya.

Sementara itu jenis lainnya yang mengalami peningkatan ialah Binance yang meningkat ke angka 7,66 persen menuju level harga 319,76 setiap koinnya atau setara dengan Rp 4.636.520 per koinnya.

Peningkatan lainnya juga terjadi pada kripto Cardano yang terbang ke level harga US$ 1,31 setiap koinnya. Harga ini setara dengan Rp 18.995 setiap koin yang terjual.

Jenis lainnya yang mengalami peningkatan yaitu kripto Ripple yang melesat ke angka 7,43 persen menuju level US$ 0,6437 setiap koinnya. Harga ini setara dengan Rp 9.334 setiap koinnya.

Jenis kripto terakhir yang mengalami peningkatan yaitu koin digital Dogecoin. Doge mengalami peningkatan hingga 8,22 persen ke level harga US$ 0,2083 setiap koinnya atu setara dengan Rp 3.020 setiap koinnya.

Keenam kripto ini memiliki kapitalisasi pasar yang bertambah cukup signifikan. Dimana, kapitalisasi pasar dipimpin Bitcoin yang semula menyentuh US$ 400 miliar kini sudah berada di angka US$ 700 miliar.

Bitcoin Banyak Mencuri Perhatian Investor

Bitcoin Banyak Mencuri Perhatian Investor

Pada peningkatan level harga kripto masih dipimpin oleh kripto Bitcoin yang melesat tinggi. Bitcoin berhasil meroket dalam sepekan terakhir dengan menyentuh peningkatan mencapai 20 persen.

Peningkatan kripto dalam sepekan terakhir karena adanya reli Bitcoin dan kripto lainnya. Kenaikan Bitcoin pada hari Minggu kemarin mewakili nilai kenaikan harian tunggal terbesar lebih dari enam minggu.

Meskipun sudah ada sinyal hijau terkait peningkatan Bitcoin, beberapa analis masih memprediksi adanya kemerosotan di pasar kripto. Bitcoin disebut naik karena sentimen dan minat terhadap risiko pelaku pasar.

Peter Hank seorang analis di DailyFX menyebutkan bahwa ketika aset digerakkan oleh faktor sentimen, maka kemungkinan akan menurun. Beliau juga menyebutkan kedepannya juga lebih mudah mengalami kemerosotan.

Pernyataan ini terbukti dengan anjloknya harga Bitcoin pada pekan lalu menyentuh level harga US$ 30.000. Bitcoin disebutkan sudah mengalami 14 aksi jual yang membuatnya anjlok hingga 30 persen.

Bahkan Bitcoin bisa anjlok sebesar 50 persen sebanyak enam kali, tiga kali anjlok lebih dari 80 persen. Jika nilai Bitcoin semakin anjlok, maka setelahnya akan cenderung mendatar dalam waktu panjang.

Rekor terbaik dan tertinggi yang diciptakan oleh Bitcoin pada Desember 2017 lalu menyentuh angka US$ 19.458 setiap koinnya. Kurang dari dua bulan setelahnya mengalami penurunan hingga 70 persen.

Bitcoin bisa bangkit dari kemerosotannya pada 2020 lalu setelah melewati rekor tertinggi tersebut. Kemudian terus melesat hingga mencapai angka US$ 64.899,97 per koinnya pada 14 April lalu.

- sponsor -