- sponsor -

Kini, Korban Penipuan Kripto sudah lebih dilindungi. Ada lembaga khusus yang diberi nama Scam Reporting Tool yang siap membantu, yaitu Scam Reporting Tool. Hal ini juga berdasar dari maraknya kasus penipuan yang berbasis kripto, dan sekarang sudah lebih bervariasi.

Pada awalnya, mata uang kripto menjanjikan keamanan 100%. Tetapi dengan berjalannya waktu, banyak yang kehilangan aset kripto mereka dan ini membuat satu per satu investor mulai menarik diri dari platform tersebut. Tetapi jenis penipuan ini semakin beragam.

Dan tahukah Anda kalau orang yang terkena penipuan ini bukan hanya kehilangan aset, tetapi juga berkaitan dengan data diri yang dicuri. Ahli juga sudah sarankan kalau sebaiknya orang yang ingin terjun ke dunia investasi aset virtual ini cari tahu dulu bahayanya apa saja.

Wallstreet dan media lain juga sudah simpulkan apa saja kasus penipuan kirpto terbesar selama 1 tahun ini. Apalagi yang baru-baru terjadi ini yang melibatkan kripto ETH. Maka dari itu, kini sudah ada alat bantu untuk Anda gunakan agar kasus penipuan bisa ditangani.

Scam Reporting Tool untuk Membantu Anda Menghadapi Masalah Korban Penipuan Kripto

Korancrypto - Scam Reporting Tool untuk Membantu Anda Menghadapi Masalah Korban Penipuan Kripto

Sebelumnya, kasus penipuan kripto yang telah jelas terjadi ini membuat jumlah investor menjadi turun. Tidak ada data pasti mengenai siapa hacker atau orang yang menipu dengan aset kripto ini hingga kehilangan uang. Apalagi ini berkaitan dengan virtual, jadi akan sulit.

Menurut laporan Internet Crime, terdapat 1500 lebih laporan penipuan kirpto yang andalkan media ATM. Secara total, 1500 kasus itu menyebabkan kerugian hingga 28 juta USD. Ini bukan hanya terjadi di Eropa atau negara barat lain, tetapi terjadi di hampir semua negara dunia.

Tidak bisa dipungkiri juga kalau kasus penipuan kripto ini membaut sikorban merasa putus asa. Belum lagi yang mengandalkan kripto untuk mendapat penghasilan. Popularitas kripto yang tinggi ini membuat ada banyak orang yang ingin melakukan kejahatan siber dari sini.

Tidak seperti saham atau trading mata uang, kripto ini tidak diatur oleh pemerintah atau bank sentral sehingga belum ada regulasi yang tegas setiap ada kejahatan ini. Fakta ini juga yang membuat scammer lebih tertarik untuk melakukan kejahatan berbasis kripto saat ini.

Menyadari hal ini, Cryptocurrency Compliance Cooperative atau Crypto3C bersama dengan platform yang mengatasi kejahatan siber dan pembocoran data, Cybera, meluncurkan tools untuk membantu mengatasi masalah ini. Di platform ini juga korban bisa lapor penipu.

Alat bantu yang diberi nama Scam Reporting Tool ini ditujukan untuk menghadapi segala bentuk ancaman dan pembocoran data. Selain itu, Scam Reporting Tool juga bisa digunakan untuk identifikasi aktor kejahatan itu dan membantu menghindari jenis kejahatan lain.

Segala Macam Penipuan yang Membahayakan Pengguna

Koran Crypto - Segala Macam Penipuan yang Membahayakan Pengguna

Mulai sekarang, Anda sudah tahu ke mana bisa melapor jika ada kasus penipuan atas dasar kripto. Jika sebelumnya tidak ada, kini investor kripto sudah lebih dilindungi dan ini sudah resmi bisa dipakai. Dan ini adalah bentuk kejahatan yang bisa investor kripto laporkan;

  1. Skema Ponzi dengan mengandalkan aset virtual
  2. Pump and Dump, atau perusahaan yang membagikan informasi palsu mengenai kripto
  3. Endorsemen public figure untuk trading kripto di plaform yang asal
  4. Menunjukkan hasil perdagangan yang tidak nyata
  5. Phising, atau pesan yang berisi ancaman ke calon investor

Untuk menghindari kasus penipuan ini, pengguna sebaiknya menggunakan sistem keamanan yang berlapis serta hanya bermain di platform yang terdaftar. Jika masih saja ditipu, maka ini saatnya Anda lapor ke Scam Reporting Tool, dan ini bisa digunakan sejak hari ini.

 

- sponsor -