- sponsor -

Kabar Buruk Bitcoin || Setelah pada perdagangan Selasa (18/5) Bitcoin mampu menunjukkan pergerakan baik, kali ini ada kabar buruk menyerang Bitcoin. Dalam 24 jam terakhir saja, koin kripto dengan kapitalisasi terbesar ini anjlok tajam.

Hal ini juga diikuti oleh koin kripto lain yang mengalami penurunan tajam. Bahkan ada koin yang sampai anjlok 50% dalam sepekan terakhir. Kabar ini membuat investasi di pasar kripto menguap.

Anjloknya beberapa koin kripto ini disebabkan oleh kebijakan keras China. Negara dengan ekonomi terbesar di Asia ini memaksa semua bentuk perdagangan meninggalkan berbagai koin kripto.

Anjloknya 7 Kripto Terbesar
Anjloknya 7 Kripto Terbesar

Anjloknya 7 Kripto Terbesar

Data dari coinmarketcap pada Rabu (19/5) pada pukul 19.45 WIB menunjukkan hasil mengejutkan. Hampir tidak ada koin kripto yang mampu bertahan setelah kebijakan Pemerintah China ini diberlakukan.

Bitcoin mengalami penurunan 16,43% dalam 24 jam terakhir ke level USD 37.047/BTC. Sedangkan jika di hitung dalam perdagangan sepekan terakhir, Bitcoin sudah terjun bebas sebesar 34,18%.

Hal yang sama terjadi pada Ethereum yang mengalami nasib lebih buruk. Dalam 24 jam terakhir, Ethereum anjlok sebesar 26,34% ke level USD 2.502,58/ETH. Ethereum juga anjlok 43,05% dalam sepekan terakhir.

Binance Coin mengalami penurunan harga yang cukup besar. Binance Coin anjlok separuh harga sebesar 50,08% dalam sepekan terakhir. Dalam 24 jam terakhir, Binance Coin anjlok 34,70% di level USD 333,42/BNB.

Cardano yang sebelumnya menunjukkan performa baik juga ikut terdampak. Selama 24 jam perdagangan terakhir, Cardano anjlok sebesar 37,54% di level USD 1,28/ADA. Sedangkan dalam sepekan terakhir sudah turun sebesar 28,14%.

Kripto favorit Elon Musk juga tidak lepas dari penurunan harga. Dogecoin turun sebesar 37,94% di level USD 0,30/DOGE. Dogecoin juga anjlok sebesar 42,34% selama sepekan perdagangan terakhir.

Ripple juga mengalami penurunan harga, meskipun tidak terlalu besar. Ripple anjlok sebesar 36,99% di level USD 1,02/XRP dalam 24 jam terakhir. Namun, dalam sepekan terakhir hanya turun sebesar 29,93%.

Nasib buruk dialami Litecoin setelah anjlok lebih dari separuh harga. Litecoin sudah anjlok sebesar 40,7% di level USD 181,75/LTC hanya dalam waktu 24 jam saja.

Kabar Buruk Bitcoin Akibat Imbas Kebijakan China
Kabar Buruk Bitcoin Akibat Imbas Kebijakan China

Kabar Buruk Bitcoin Akibat Imbas Kebijakan China

Pemerintah China mengeluarkan sebuah kebijakan yang cukup mengejutkan. Kebijakan ini ternyata mampu memberi pengaruh besar terhadap pasar kripto global. Bahkan, banyak investasi di pasar global yang menguap tidak tersisa.

Pemerintah China melarang semua transaksi keuangan menggunakan koin kripto. Bank, fintech, dan perdagangan lain harus mengikuti kebijakan tersebut. Bahkan, investor mendapatkan peringatan keras supaya meninggalkan perdagangan pada pasar koin kripto.

Ada anggapan bahwa pasar kripto membawa dampak serius pada keamanan dan keuangan konvensional. Apalagi, banyak mata uang konvensional yang tidak berdaya di hadapan koin kripto.

Keputusan ini membuat banyak investor kripto menjual asetnya secara besar-besaran. Meskipun hal tersebut adalah kerugian, namun lebih baik dilakukan dari pada harus menghapus semua aset milik mereka.

Semua institusi juga tidak diperbolehkan menyediakan layanan simpanan dalam bentuk koin digital. Bahkan, trust dan pinjaman juga dilarang ketika berhubungan dengan koin digital seperti Bitcoin.

Ini merupakan kebijakan lanjutan di mana Pemerintah China melarang semua bentuk penawaran koin perdana. Semua platform yang memperdagangkan mata uang digital juga telah di tutup oleh Pemerintah China.

Kebijakan ini sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Namun, proses yang berjalan mengharuskan Pemerintah China harus memperhatikan situasi. Ditambah dengan kondisi pasar global yang masih tidak stabil.

Kebijakan ini jelas membuat banyak investor merasa kesulitan. Apalagi, banyak koin yang sudah mengalami penurunan harga sejak beberapa terakhir. Bahkan, Bitcoin telah menyentuh level terendah dalam 3 bulan terakhir.

- sponsor -