- sponsor -

Cuitan bos Tesla pada awal pekan dan pengetatan kebijakan Pemerintah pada pertengahan pekan membuat Pasar Mata Uang kripto mengalami depresi. Nilainya mengalami penurunan tajam hingga nilai titik terendah dalam beberapa bulan terakhir.

Pasar kripto menjadi sangat tidak stabil dalam beberapa hari dengan fluktuasi yang terus terjadi. Perdagangan pagi rata-rata koin kripto mengalami kenaikan, tetapi pada perdagangan siang hingga malam mengalami depresi.

Beberapa analis memberikan pendapat bahwa kondisi ini akan terus terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Terutama jika kebijakan dari Pemerintah China masih berlanjut, maka harga kripto akan semakin anjlok.

Cuitan Twitter Bos Tesla
Cuitan Twitter Bos Tesla

Cuitan Twitter Bos Tesla

Anjloknya harga koin mulai lebih parah ketika cuitan Elon Musk terkait Bitcoin. Tesla menunda sistem pembayaran menggunakan Bitcoin untuk semua produk mobilnya. Hasilnya, hampir semua kripto langsung berguguran.

Tesla melihat bahwa penambangan Bitcoin telah memberikan dampak besar terhadap lingkungan. Bahkan, dampak kerusakannya melebihi kerusakan di beberapa negara. Tesla tidak ingin hal tersebut berlanjut lebih lama.

Namun, Tesla sudah memberikan konfirmasi bahwa ini hanya sebuah penangguhan saja, bukan pembatalan. Meskipun begitu, sentimen pasar sudah menuju arah negatif dan membuat banyak investor kehilangan nilai asetnya.

Kebijakan Pasar Mata Uang Kripto Pemerintah China
Kebijakan Pasar Mata Uang Kripto Pemerintah China

Kebijakan Pasar Mata Uang Kripto Pemerintah China

Ketegangan pasar koin sebenarnya sempat terhenti sesaat. Namun, pada hari Rabu (19/5) lalu, pasar koin global menjadi terdepresi. Bahkan depresi ini lebih buruk dari pada ketika cuitan Twitter Elon Musk.

Pemerintah China pada akhirnya memberikan pengetatan semua transaksi dalam bentuk kripto. Semua lembaga keuangan, finansial, dan fintech dilarang menggunakan kripto. Bahkan, layanan pinjaman dan trust juga tidak diperbolehkan menggunakannya.

Kebijakan ini membuat ruang penukaran Bitcoin dan kripto lain menjadi lebih sempit. Para penambang merasa bingung harus menukarkan koin miliknya dimana. Pada akhirnya banyak investor yang melakukan penjualan aset kripto.

Kebijakan ini sendiri sebenarnya sudah berjalan sejak 2017 lalu. Namun, pengetatan dalam transaksi kripto baru dilanjutkan pada tahun ini. Pemerintah China mengingatkan supaya tidak berinvestasi pada aset spekulatif.

Pengetatan Kebijakan Pemerintah AS
Pengetatan Kebijakan Pemerintah AS

Pengetatan Kebijakan Pemerintah AS

Belum lama pasar kripto menderita depresi, tekanan kembali hadir melalui kebijakan Pemerintah AS. Pemerintah AS melalui Kementerian Keuangan mewajibkan adanya pelaporan ketika ada transaksi kripto di atas USD 10.000.

Semua transaksi di atas USD 10.000 harus melapor pada Internal Revenue Service, sebuah lembaga pengumpul pajak. Selain itu, Internal Revenue Services juga mengatur pendapatan dalam negeri AS.

Pemerintah AS menilai bahwa langkah ini sangat penting demi menghindari aktivitas ilegal. Penggelapan pajak adalah salah satu kekhawatiran Pemerintah AS jika transaksi kripto tidak diperhatikan secara baik.

Sebagai contoh, Binance Ltd sempat mendapatkan perhatian khusus setelah adanya dugaan pelanggaran. Beberapa pihak menilai bahwa transaksi Binance Ltd kebanyakan dipakai untuk aktivitas tidak normal dan ilegal.

Pergerakan Pasar Mata Uang Kripto
Pergerakan Pasar Mata Uang Kripto

Pergerakan Pasar Mata Uang Kripto

Data dari Investing menyebutkan bahwa beberapa kripto telah mengalami fluktuasi yang tidak stabil. Harga pada perdagangan pagi hingga malam terus mengalami naik turun dan sulit diprediksi.

Pada perdagangan Jum’at (21/5) pagi pukul 09.00 WIB, Bitcoin telah menyentuh level USD 41.446,30/BTC. Namun, pada perdagangan malam pukul 20.25 WIB Bitcoin kembali turun ke level USD 41.336,76/BTC

Litecoin yang pada perdagangan pagi menyentuh level USD 216,33/LTC akhirnya turun kembali ke level USD 215,89/LTC di perdagangan malam. Sedangkan Ripple menunjukkan konsistensi di level USD 1,19/XRP sepanjang Jum’at (21/5).

Pergerakan yang tidak menentu ini ini akan terus terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Beberapa analis juga tidak bisa memastikan kapan Bitcoin dkk kembali ke titik terbaiknya setelah anjlok.

- sponsor -