- sponsor -

Tingginya volatilitas dalam beberapa waktu terakhir, ternyata jadi penyebab harga bitcoin turun. Hal ini ditunjukkan dengan bukti nyata di mana nilai tukar kurang dari USD40.000. Tentu cukup membuat was-was para penambang.

Sebenarnya menyebabkan utama kenapa volatilitas bisa meningkat karena ada isu dari beberapa negara. Contohnya Iran yang melarang sementara kegiatan mining bitcoin. Sama halnya pada beberapa area atau wilayah negara Tiongkok.

Penyebab Harga Bitcoin Turun Terbaru 29 Mei
Penyebab Harga Bitcoin Turun Terbaru 29 Mei

Penyebab Harga Bitcoin Turun Terbaru 29 Mei

Menurut data yang dikeluarkan oleh Coindesk nilai tukar crypto terutama bitcoin telah turun sampai 5,79%. Tentu saja nilai semacam ini sudah termasuk cukup tinggi. Maka dari itu menganggu fokus miners.

Coindesk sendiri menjadi salah satu situs yang banyak dipakai penambang karena terdapat informasi seputar bitcoin. Bukan itu saja, semua jenis mata uang digital bisa kita lihat. Tidak heran mempengaruhi mining.

Sementara itu dengan adanya penurunan 5,79% tersebut, artinya nilai bitcoin hanya USD36.806,64 saja. Bisa dibilang tidak bagus karena dibawah sudah 40 ribu dollar. Diperkirakan dapat memperburuk pasar crypto.

Padahal tanggal 27 mei lalu sebenarnya sudah berhasil meningkat perolehan nilai tukarnya. Di mana mencapai USD40.089,51 sehingga dianggap cukup stabil. Selain itu sempat menjadi pertanda baik adanya peningkatan nilai.

Tapi meski sedang dalam masa baik, muncullah pelarangan mining bitcoin dari pemerintah Iran pada warga negaranya. Di mana tidak lain disebabkan adanya masalah kekurangan listrik.

Pemadaman listrik sebenarnya tidak terjadi pada seluruh bagian negara Iran. Melainkan beberapa daerah penting tapi pengaruhnya tetap besar. Terutama menurunnya produktivitas kerja bidang bisnis maupun jasa.

Dilansir dari Bloomberg, keputusan ini diambil langsung oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani. Bahkan disiarkan serta diumumkan langsung melalui televisi negara. Hasilnya pelarangan tersebut diberlakukan sampai 22 September 2021.

Poin tersebut kurang lebih sudah sama dilakukan juga di Tiongkok. Bahkan jauh lebih besar karena dilaksanakan secara regional. Tiongkok sepertinya lebih sulit dihentikan pelarangannya karena tidak dapat di protes warga.

Keputusan dan Peraturan Negara Besar Dunia tentang bitcoin
Keputusan dan Peraturan Negara Besar Dunia tentang bitcoin

Keputusan dan Peraturan Negara Besar Dunia

Khusus untuk Iran, ternyata pelarangan sementara mining bitcoin karena orang melakukan secara ilegal. Bukan hanya cara memperolehnya saja. Melainkan tempat mining, apalagi banyak yang memakai tempat ibadah suci.

Sementara itu dengan adanya penggunaan listrik berlebih, kemungkinan subsidi semakin meningkat. Apalagi perlu diketahui kalau ternyata 3,4% miners crypto berasal dari Iran. Kalau Tiongkok jauh lebih tinggi karena mencapai 69,3%.

Iran setidaknya memiliki lebih dari 50 tempat penambangan legal. Penyebarannya cukup merata pada wilayah provinsi besar disana. Inilah mengapa keperluan listrik meningkat sehingga mengganggu keseimbangan.

Sebenarnya masalah menurunnya harga tersebut bukan hanya karena Iran dan Tiongkok saja. Melainkan negara seperti Amerika Serikat juga berpengaruh. Terlebih sudah termasuk kiblat penambangan crypto dunia sampai sekarang

Penurunan harga Bitcoin ini tambah memburuk karena tidak digunakan oleh Tesla. Terutama karena perusahaan mobil terkemuka tersebut tidak ingin menerima pembayaran memakai crypto. Hasilnya banyak penambang merasa kecewa.

Perusahaan seperti Tesla sebelumnya sudah mempertimbangkan banyak hal. Terutama berhubungan sama masalah lingkungan yang ternyata dapat muncul. Tidak heran jika tanggal 23 mei lalu nilai tukarnya hanya sekitar USD31.248.

Untuk harga atau nilai tukar bitcoin tertinggi sampai sekarang sebenarnya bisa mencapai USD64.870. Hal ini belum lama terjadi karena berlaku pada april 2021 lalu. Cukup disayangkan karena sulit disamai kembali.

Meski kemungkinan dari segi peningkatan nilai tukar crypto kurang bagus, sepertinya tetap bakal diminati. Apalagi melihat fungsi serta manfaat uang digital saat ini. Pasti pelarangan tidak akan bertahan terlalu lama.

 

- sponsor -