- sponsor -

Pasar cryptocurrency terus mengalami tekanan besar sejak beberapa pekan lalu. Akibatnya, harga semua cryptocurrency dipastikan menurun tajam. Bahkan, perubahan harga Pasar Kripto dalam 24 jam perdagangan saja bisa anjlok sampai 5%.

Hal tersebut membuat banyak investor kripto merasa khawatir. Bahkan, beberapa investor sudah mengalami kerugian besar akibat harga yang tidak kunjung naik. Kerugian bisa akan terus terjadi selama beberapa hari.

Permasalahan utama para investor kripto adalah banyaknya sentimen negatif dari lembaga keuangan dunia. Bahkan, pengetatan kebijakan dari Pemerintah China dan AS membuat pasar kripto langsung anjlok ke titik terendahnya.

Sentimen Negatif Lembaga Keuangan Dunia
Sentimen Negatif Lembaga Keuangan Dunia

Sentimen Negatif Lembaga Keuangan Dunia

Deutsch Bank memandang bahkan cryptocurrency adalah sebuah tren yang bisa kapan saja berganti dengan tren lain. Apalagi, menurut lembaga keuangan ini menilai bahwa cryptocurrency tidak memiliki pusat yang mampu mengendalikannya.

Keinginan Deutsch Bank adalah melindungi peredan uang dari spekulasi tidak pasti. Selain itu, kontrol pemerintah terhadap peredaran alat tukar membuat ekonomi negara lebih baik. Berbeda jika cryptocurrency banyak diperdagangkan.

Berbeda dengan Deutsch Bank, HSBC memberikan komentar yang cukup menarik. Menurut bank global yang berbasis di London ini, cryptocurrency sebenarnya adalah sebuah perkembangan baru. Namun, banyak negara masih belum siap.

HSBC menilai pengetatan yang dilakukan oleh China sebenarnya bukan penolakan. China melarang kripto asing, tetapi sedang menyiapkan cryptocurrency dalam negeri. Rencana tersebut berkaitan dengan proyek Yuan digital.

Diskusi Riset Makro Global (21/5) yang dilakukan oleh Goldman Sachs juga menyebutkan bahwa cryptocurrency adalah penipuan. Diskusi ini membahas tentang bagaimana perkembangan pasar kripto di masa depan.

Meskipun begitu, Goldman Sachs adalah bank investasi kripto yang sangat terkenal di AS. Pihaknya menyebutkan bahwa selama ini tidak ada regulasi yang jelas. Itulah mengapa kripto tidak memiliki grafik pasti.

Dukungan Musk Terhadap Kripto
Dukungan Musk Terhadap Kripto

Dukungan Musk Terhadap Kripto

Elon Musk adalah sosok yang dianggap cukup berpengaruh terhadap pasar kripto. Hampir setiap cuitan di Twitter yang ia lakukan mampu memberikan dampak besar terhadap harga kripto.

Cuitannya tentang Dogecoin yang sebelumnya sudah mampu membuat koin berlogo anjing Shiba Inu itu melonjak tinggi. Cuitan lainnya tentang pembelian penerimaan pembayaran Bitcoin juga meningkatkan harga koin tersebut.

Cuitannya juga bisa menurunkan harga kripto secara global. Dia pernah menuliskan bahwa harga Bitcoin terlalu tinggi. Setelah cuitan tersebut, harga Bitcoin langsung ambles dan tidak bisa bangkit hingga sekarang.

Meskipun begitu, Musk tetap mendukung uang kripto dari pada uang konvensional. Tidak alasan yang spesifik mengapa Musk memberikan dukungan terhadap dunia kripto. Banyak analis yang berbeda pendapat tentang hal tersebut.

Namun, dukungannya ini terlihat dari cara Musk memperlakukan Dogecoin. Dia berencana menahan kepemilikan Dogecoin hingga menyentuh level USD 1/DOGE. Bahkan, dia juga membuat “misi DOGE-1” di perusahaannya.

Kerugian Investor Pasar Kripto
Kerugian Investor Pasar Kripto

Kerugian Investor Pasar Kripto

Harga kripto yang tidak menentu membuat investasi terus menguap. Hal tersebut terlihat dari menguapnya kapitalisasi pasar kripto sebesar USD 779 miliar. Kapitalisasinya bisa terus menurun setiap saat.

Tekanan yang begitu besar terhadap mata uang kripto menjadikan kripto populer terus tergerus. Awal pekan terakhir bulan Mei (24/5) memperlihatkan penurunan tajam beberapa koin populer, bahkan Ripple sangat parah.

Tercatat, Bitcoin sudah turun hingga 20,94%, Cardano turun 37,48%, Ethereum sebesar 37,17%, dan bahkan Binance Coin terjun sampai 50,61%. Dipastikan bahwa sepanjang bulan Mei penurunan akan terus berlanjut.

Beberapa spekulasi telah muncul dari berbagai pihak tentang masa depan kripto. Meskipun nilainya terus melemah, tetapi masih ada beberapa harapan. Terutama bagi investor yang berharap nilainya kembali ke titik tertinggi.

- sponsor -