- sponsor -

Kripto menjadi salah satu aset yang sedang digandrungi oleh para investor. Beberapa hari terakhir kripto memberikan sinyal pertambahan signifikan akibat membooming secara konsisten dalam beberapa waktu.

Para investor berlomba untuk membeli kripto sehingga mengalami kenaikan signifikan dari peminat sebelumnya. Karena hal inilah membuat investor kripto berhasil melampaui pasar modal di Indonesia.

Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia menunjukkan data bahwa dari seluruh masyarakat Indonesia sekitar 270 juta penduduk, 5 juta diantaranya merupakan investor yang membeli aset kripto.

Tidak hanya itu, demografi tersebut menunjukkan bahwa perempuan ikut andil dalam memboomingkan kripto sekitar 1 juta atau 20 persen dari pemilik aset kripto merupakan kaum perempuan.

Kemunculan teknologi dan meluasnya dampak blockchain dan aset kripto, COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan menginformasikan bahwa sejumlah wanita berperan penting dalam pengaruh global blockchain dan kripto.

Aset Kripto

Perkembangan Kripto di Indonesia

Data lain dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga menunjukkan bahwa hingga Maret kemarin investor pasar modal mencapai 4,84 juta. Angka ini tumbuh sekitar 24,95 persen sejak akhir 2020 kemarin.

Bahkan, C-BEST juga mencatat jumlah investor saham sebanyak 2,19 juta investor. Angka ini mengalami kenaikan hingga 29,59 persen persen sejak akhir tahun 2020 kemarin yang ada di angka 1,69 juta.

Harga kripto di Indonesia belakangan ini memang sedang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh masuknya perusahaan besar seperti tesla yang membeli US$1,5 miliar di Bitcoin.

Pengaruh besarnya setelah Elon Musk sebagai pemilik perusahaan ini memberikan izin membeli mobil listrik dengan Tesla. Hal ini menjadi menarik hingga membuat banyak orang melakukan investasi aset ini.

Bahkan, semenjak Elon Musk memberikan pengumuman tersebut, angka transaksi aset kripto di Indonesia sangat fantastis. Misalkan seperti data yang disampaikan oleh CoinMarketCap menunjukkan 4 perusahaan aktif melakukan transaksi.

Sebagai contoh Indodax melakukan transaksi mencapai US$166,62 juta atau setara dengan 2,41 triliun rupiah dalam seharinya. Tentunya angka ini sangat mempengaruhi laju kripto di Indonesia.

Perusahaan lainnya seperti Zipmex juga melakukan transaksi dalam jumlah besar mencapai US$69,25 juta atau setara dengan 1,1 triliun rupiah setiap harinya. Perusahaan Triv juga tidak tinggal diam.

industri ini melakukan transaksi kripto mencapai US$77,75 juta atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Perusahaan lainnya seperti Rekeningku.com juga ikut melakukan transaksi mencapai US$34,44 juta atau setara dengan 499,38 miliar rupiah.

Aset Kripto

Pengaruh Perempuan Pada Aset Kripto

Kaum hawa tidak hanya tinggal diam dalam memanfaatkan aset kripto untuk berinvestasi. Bahkan, hingga laju kripto semakin cepat di Indonesia, 20 persennya merupakan investor perempuan.

Tren ini tidak lepas dari pengaruh global. Salah satu Firma Investment Digital Asset yaitu Meltem Demirors, CSO CoinShares memaparkan bahwa di Amerika Serikat sebesar 80 persen wanita berpengaruh.

Data lainnya yaitu dari World Economic Forum menyebutkan bahwa Indonesia menduduki posisi ketujuh dalam kesetaraan gender di Asia Tenggara. Perempuan dianggap memberikan dampak jangka panjang pada aset kripto.

Selain itu, perempuan juga mampu memberikan dampak besar dalam industri kripto. Teguh Kurniawan juga menyebutkan bahwa asosiasi pedagang kripto harus lebih memotivasi perempuan untuk ikut serta dalam industri aset kripto.

Cara ini dianggap mampu memberikan peranan penting dalam mempertahankan kepopuleran kripto di kalangan perempuan. Edukasi tentang kripto juga perlu diberikan untuk para perempuan yang berinvestasi kripto.

Memilih untuk melakukan investasi aset kripto menjadi salah satu langkah memajukan investasi Indonesia. Apalagi investor kripto berhasil melampaui pasar modal dalam negeri akibat laju perkembangannya.

- sponsor -