- sponsor -

Setiap harinya, penjualan aset kripto mengalami kenaikan harga yang bervariasi di setiap jenisnya. Hal ini tentunya terjadi di berbagai jenis mata uang kripto, termasuk dua terpopuler yakni Kripto bitcoin dan Kripto dogecoin.

Beberapa hari terakhir terjadi kenaikan harga pada mata uang kripto jenis dogecoin. Tentunya hal ini membuat para investor baru bermunculan dan tertarik untuk melakukan investasi pada aset kripto.

Menurut data dari CNBC Internasional, dogecoin menjadi salah satu kripto yang paling diburu saat ini. Dalam enam bulan terakhir, kenaikan harganya mencapai 25.000 persen, lebih tinggi dibandingkan bitcoin.

Nama besar dogecoin didongkrak oleh Elon Musk yang sering membicarakan tentang mata uang ini. Pada bulan lalu, dogecoin melebihi kenaikan bitcoin dengan menyentuh harga US$63.000.

Kenaikan mata uang kripto ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga para investor baru perlu memahaminya sebelum berinvestasi. Selain itu, terdapat juga beberapa perbedaan dogecoin dan bitcoin.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin
Kripto Dogecoin

 

Berinvestasi Kripto Dogecoin

 

Ketika Anda ingin berinvestasi dogecoin, maka perlu memahami beberapa hal sehingga tidak salah paham. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah spekulasi kenaikan harga dogecoin yang memicu economic bubble.

Hal ini sejalan dengan yang dituliskan CNBC Internasional tentang spekulasi kenaikan dogecoin yang memicu gelembung. Beberapa ahli juga memberikan pendapat terkait kenaikan harga dogecoin dalam setahun terakhir.

Dalam kurun waktu setahun ini, menurut para ahli dogecoin belum menjadi produk yang lebih berharga. Hal ini dikarenakan tidak bisa mencegah orang untuk memanfaatkan situasi dalam memperoleh keuntungan.

Salah satu profesor ekonomi di Rutgers School of Arts and Science bernama Bruce Mizrach memberikan pendapat bahwa orang membeli aset dogecoin karena mereka menganggap akan mengalami kenaikan harga lebih tinggi.

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan yakni rasa takut kehilangan atau “fear of missing out”. Rasa takut kehilangan ini sering menjadi boomerang bagi para investor dogecoin di berbagai dunia.
Ketiga, Anda tidak akan mengetahui seberapa nilai sebenarnya dari harga aset dogecoin. Tentunya mencoba memahami penilaian secara fundamental aset digital lebih sulit dan tidak bisa disamakan dengan saham.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin
Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin

Berinvestasi aset kripto menjadi hal yang sangat baru sehingga ada juga kebingungan tentang cara membeli dan menjualnya. Termasuk pula kebingungan dalam menjaga token agar tetap aman dari kerugian.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Bitcoin dan Dogecoin

Dogecoin dan bitcoin menjadi dua jenis aset kripto yang paling digemari. Menurut CNBC Internasional, bitcoin dan dogecoin memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya menjadi aset berharga.

Perbedaan pertama terlihat dari banyaknya pasokan koin digital. Dogecoin lebih unggul karena tidak dibatasi jumlah koin yang ditambang, sedangkan bitcoin yang bisa ditambang sebanyak 21 juta koin sehingga menyebabkan kelangkaan.

Bitcoin muncul pertama kali dari diluncurkannya buku putih yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 lalu. Penulis ini berniat untuk menjadikan bitcoin sebagai mata uang digital yang terdesentralisasi.

Sedangkan, dogecoin tercipta akibat lelucon dari seorang Insinyur Software Billy Markus dan Jackson Palmer pada tahun 2013. Lelucon tersebut berupa meme “doge” yang menggambarkan anjing shiba inu.

Hal ini membuat dogecoin kalah dalam hal pengembangan teknis sehingga tidak seaman bitcoin. Walaupun pengguna dogecoin terus meledak setelah Elon Musk dan Mark Cuban sering membicarakannya.

Perbedaan lainnya ialah bitcoin memiliki ekosistem yang lebih baik. Mike Novogratz, CEO Galaxy Digital menyatakan bitcoin tercipta dari pikiran matang dengan distribusi baik selama 12 tahun.

Tentunya dengan hal ini membuat bitcoin dan dogecoin terus digemari karena kelebihannya masing-masing. Terutama soal kenaikan harga keduanya termasuk yang konsisten sehingga jarang merugikan para investor.

- sponsor -