- sponsor -

Investasi mata uang kripto sudah semakin marak di kalangan para investor. Bahkan kini sedang ramai diperbincangkan karena keuntungannya yang fantastis. Namun, dibalik keuntungan tersebut, tentu ada risiko yang harus Anda pertimbangkan sebelum ikut terjun.

Layaknya investasi jenis lain, kripto juga tidak memberikan jaminan akan selalu menghasilkan untung. Apalagi jika salah dalam eksekusi, berkemungkinan membuat penggunanya merugi. Untuk itulah sangat penting memiliki pengetahuan mengenai investasi ini.

Supaya lebih tepat dalam mengambil langkah serta meminimalisir terjadinya kerugian. Sebelum melakukan investasi kripto, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah? Yuk simak pembahasan berikut.

4 Hal Sebelum Investasi Mata Uang Kripto yang Penting untuk Anda Ketahui

KoranCrypto - 4 Hal Sebelum Investasi Mata Uang Kripto yang Penting untuk Anda Ketahui

Jangan terburu-buru untuk melakukan investasi cryptocurrency. Pahami terlebih dahulu dengan baik konsep dan pengetahuan dasarnya. Ada 4 hal sebelum investasi kripto yang penting untuk Anda ketahui, di antaranya:

Terdesentralisasi dan Tidak Teratur

Mata uang kripto merupakan jaringan terdesentralisasi yang menggunakan teknologi canggih Blockchain. Teknologi ini adalah sebuah metode organisasi yang mempunyai fungsi untuk memastikan integritas dari transaksi data.

Jadi, aset digital ini pendistribusian jaringannya di sejumlah komputer seluruh dunia. Sifat dari kripto ini terdesentralisasi, sehingga pemerintah maupun otoritas lainnya tidak ikut mengendalikan.

Namun, di Indonesia ada lembaga Bappepti yang memberikan sejumlah peraturan mengenai aset kripto ini. Aturan tersebut untuk mencegah penggunaan aset kripto yang sifatnya ilegal, sehingga tercipta investasi kondusif.

Ada banyak sekali jenis cryptocurrency yang beredar dipasaran. Mulai dari harga cukup terjangkau hingga mahal. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya, sehingga Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Mudah Mengalami Perubahan

Harga investasi mata uang kripto cenderung sangat fluktuatif. Proses perdagangan dilakukan selama 24×7 dibanyak dunia. Karena tidak adanya regulasi khusus, tidak jarang ada investor tanpa nama melakukan manipulasi pasar.

Sebagai contoh cryptocurrency jenis Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir grafiknya sangat fluktuatif. Harganya menyentuh angka tertinggi hingga mencapai USD 19.650 pada pertengahan bulan Desember tahun 2017 silam.

Sedangkan ketika pandemi datang dan melanda pasar dunia yaitu tahun 2020, harganya mengalami penurunan pada bulan Maret hingga mencapai USD 5.000. Angkanya mengalami penguatan kembali pada bulan Maret 2021 sekitar lebih dari USD 61.000.

Peningkatan dan penurunan grafik ini tentunya sangat ekstrem. Bagi Anda yang belum siap dengan risiko tersebut, sebaiknya pikirkan kembali bila ingin terjun. Jika tetap berminat, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengeluarkan modal.

Banyak Spekulasi dari Berbagai Pihak

Mata uang crypto masih terus mengalami perkembangan. Banyaknya spekulasi dari berbagai pihak, tidak jarang membuat para penggunanya bingung, apakah pandangan tersebut dapat dipercaya.

Sebagai contoh, beberapa tokoh ahli keuangan mempercayai bahwa kripto ini akan memiliki umur pendek. Sedangkan beberapa lainnya memiliki pendapat bahwa mata uang crypto bisa mengganggu sistem keuangan sekarang ini.

Selain itu juga bisa mengubah sistem transaksi. Ada yang mengatakan kripto tidak akan bertahan, namun berkemungkinan bertahan untuk jenis terbaik. Hal-hal inilah yang masih banyak menjadi pro dan kontra.

Rawan Terserang Cyber

Hal penting terakhir yaitu memiliki potensi terserang cyber, walaupun teknologi Blockchain yang digunakan sangat aman. Sehingga, tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya, apalagi tidak semua bagian ekosistem kebal terhadap peretas.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi cryptocurrency, tetap harus waspada. Jangan terlena hingga akhirnya mengeluarkan uang sebanyak mungkin, namun akhirnya menanggung rugi karena salah eksekusi. Terjun di dunia investasi mata uang kripto juga membutuhkan ilmu.

- sponsor -