- sponsor -

Investasi kripto 2022 atau cryptocurrency, menjadi salah satu hal menarik untuk investor yang memiliki nyali tinggi. Namun, jika Anda tidak mengetahui celahnya dengan baik, kerugian bisa mendera. Sebaliknya, jika mengetahui celahnya, keuntungan akan menjanjikan.

Ketika melakukan investasi kripto, sembarangan melakukan investasi menjadi hal yang tidak diperbolehkan. Memahami terlebih dulu apa yang harus dilakukan serta tidak ketika melakukan investasi menjadi hal yang wajib dilakukan.

Sebisa mungkin, investor harus menghindari kesalahan yang bisa terjadi agar dapat menurunkan risiko kerugian.

Tips Investasi Kripto 2022

Tips Investasi Kripto 2022 - Korancrypto

Ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti ketika ingin melakukan investasi dengan menggunakan mata uang kripto, antara lain:

Miliki strategi perdagangan

Memisahkan kripto asli dan penipuan menjadi hal yang tidak mudah. Ada begitu banyak penjahat buas di luar sana yang menunggu. Harus diakui, penipuan investasi kripto sekarang menjadi semakin marak.

Bahkan terjadi lonjakan hingga 7.118 di dalam 9 bulan pertama tahun 2021 lalu. Angka tersebut naik hingga 30% bila dibandingkan dengan tahun 2020. Oleh sebab itu ketika Anda dihadapkan dengan begitu banyaknya informasi mengenai kripto, lebih baik hati-hati.

Investor harus melihat dengan kritis seperti apa proyek tersebut serta berapa banyak pengguna yang dimilikinya. Kemudian, apakah terdapat hubungan dengan industry. Hindari membeli koin yang memberi janji namun belum memiliki hal yang nyata.

Kelola risiko dengan baik

Sebagai investor, Anda harus menetapkan batasan banyaknya jumlah investasi dengan mata uang digital tertentu. Hindari berdagang dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kerugian yang bisa ditanggung.

Perdagangan kripto adalah investasi yang memiliki risiko tinggi, sehingga tidak sedikit pedagang yang mengalami kerugian dibandingkan yang tidak.

Diversifikasi portofolio kripto

Melakukan investasi dalam jumlah banyak namun hanya di satu jenis kripto bisa menjadi boomerang yang akan merugikan investor. Layaknya saham, ketika melakukan investasi kripto, Anda harus menyebarkan uang dalam berbagai macam bentuk.

Dengan menyebarkan uang ke dalam berbagai macam bentuk, Anda tidak akan mengambil risiko terlalu besar, bila salah satu dari asset tersebut mengalami penurunan nilai.

Lebih-lebih harga pasar dari investasi begitu fluktuatif, terdapat ribuan pilihan koin kripto yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, oleh sebab itu lakukan riset yang mendalam sebelum melakukan pemilihan.

Kripto bisa menjadi investasi jangka panjang

Tidak sedikit pemula yang terbuai dengan tindak penipuan. Hal seperti ini memang sangat sering terjadi, biasanya, pemula akan ditipu melakukan panic buying ketika harga sedang rendah.

Namun setelah itu, koin kripto akan hilang. Lebih baik hindari hal seperti ini. Jika Anda sudah yakin dengan salah satu jenis koin kripto, Anda bisa melakukan pembelian secara berkala kemudian menjadikannya sebagai investasi.

Meninggalkan uang di pasar hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bisa memberikan Anda hadiah paling baik.

Lakukan pembelian secara otomatis

Layaknya melakukan pembelian saham bisa, pembelian secara otomatis bisa dilakukan. Sebagian besar penukaran mata uang kripto memungkinkan investor untuk melakukan pembelian secara berulang.

Menentukan waktu jual dan beli memang sangat stress, sehingga mengatur pembelian serta penjualan secara otomatis bisa menghilangkan tingkat stress Anda. Bayangkan saja mengatur waktu pasar dengan membeli di harga yang menurut Anda sudah rendah.

Kemudian menjualnya di harga tinggi tentu sangat sulit bahkan hanya bisa dilakukan oleh para profesional. Oleh sebab itu dibandingkan dengan melakukan hal tersebut, lebih baik melakukan pembelian otomatis.

Kripto di tahun 2022 memang tidak bisa ditebak, di awal tahun saja sudah banyak kejutan yang membuat investor panas dingin. Oleh sebab itu, sebelum masuk ke dalam investasi ini, pastikan mengenalinya dengan baik.

- sponsor -