- sponsor -

Perhatian khusus terhadap perkembangan laju harga Uang Digital dari kripto mulai mengalami perubahan yang cukup signifikan lagi. Kualitas dari harga beberapa koin digital nampaknya mengalami penurunan yang cukup tinggi terhitung dari hari selasa kemarin.

Perkembangan laju dari uang kripto tersebut mengalami penurunan dengan nominal cukup fantastis. Beberapa koin besar bahkan mengalami penurunan harga hingga mampu membalikkan kondisi pasar secara lebih luas.

Salah sati koin terbesar sepanjang sejarah kripto yakni bitcoin juga mengalami penurunan drastis. Pada hari selasa kemarin, menurut data terbaru bitcoin mengalami penurunan hingga 2,19% atau setara dengan Rp, 661 ribuan koin.

Hal ini jelas mempengaruhi beberapa investor. Koin sebesar bitcoin yang mengalami penurunan ini tentu akan berdampak pada nilai dari beberapa koin lainnya. Hal tersebut cukup beralasan.

Sebab bitcoin masih menjadi barometer atas semua nilai mata uang asset digital dari semua jenis kripto. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai harga dari ethereum yang mengalami penurunan hingga 3,1%.

Lalu selanjutnya ada nilai harga dari binance koin yang juga mengalami penurunan harga hingga mencapai 0,31% atau setara dengan US$ 420,7 koin. Tidaknya sampai disitu saja, beberapa koin yang kemarin sempat stabil juga secara mengejutkan mengalami penurunan secara drastis.

Misalnya dogecoin yang telah merosot hingga 3,11% atau setara dengan US$ 0,3275 koin. Semua penurunan tersebut tentu merupakan informasi yang cukup memberikan kekhawatiran terhadap semua investor.

Pertumbuhan kripto yang diharapkan menjadi salah satu produk keuangan yang bebas tentu akan terganggu dengan tidak stabilnya harga tersebut. Berikut ini setidaknya adalah alasan dari beberapa hal terkait faktor yang mempengaruhi.

Adanya Hacker yang Merusak Harga Uang Digital

Adanya Hacker yang Merusak Harga Uang Digital | Koran Crypto

Kemungkinan yang pertama terhadap adanya hal atau alasan mengapa harga bitcoin menjadi turun dalam beberapa hari terakhir ialah dengan munculnya kabar hacker. Kabar tersebut berhembus setelah lembaga keungan yang memiliki aset kripto besar mengalami gangguan.

Gangguan tersebut ialah dengan hilangnya aset kuangan mereka secara mendadak. Laporan mengenai adanya hacker tersebut menjadi satu-satunya informasi yang cukup falid apalagi ada data yang menyebutkan bahwa deteksi adanya hacker juga ditemukan oleh beberapa peneliti.

Perusahaan yang berangkutan atau poly network melaporkan bahwa lembaga tersebut telah kehilangan aset dari kripto hingga senilai 8 triliyun rupiah. Angka yang sangat fantastis untuk menjadikan perusahaan tersebut mengalami kekhawatiran berlebih.

Akan tetapi pihak perusahaan telah mengambil langkah tegas dengan upaya jalur hukum. pihaknya juga telah menyiapkan beberapa bukti kuat bahwa ada seorang hacker yang telah terdeteksi mencuri aset keuangan kripto.

Secara tidak langsung kasus pencurian ini telah memberikan dampak kepada kualitas penjualan dan pembelian nilai harga kripto. Para investor tentu lebih hati-hati dalam memberikan keamanan terhadap semua koin yang didapatkan.

Kebijakan Undang-undang Pajak Kripto AS

Kebijakan Undang-undang Pajak Kripto AS | Korancrypto

hal selanjutnya yang juga menjadi kendala terhadap adanya penurunan harga dari mata uang kripto adalah dengan adanya rencana dan kebijakan untuk memberlakukan pajak terhadap semua mata uang kripto khususnya di Amerika Serikat.

Berbagai penolakan muncul dari semua investor agar kebijakan tersebut tidak diberlakukan. Sebab pada dasarnya kripto sendiri berdiri secara khusus dan tidak bisa diintervensi oleh siapa saja baik perorangan atau juga lembaga negara.

Disisi lain pemerintah AS merasa perlu untuk memberlakukan hal tersebut sebab pengaruh kripto juga dirasa cukup kuat. Pergolakan ini yang nantinya memberikan pengaruh besar terhadap penurunan mata uang kripto tidak hanya di AS melainkan diseluruh dunia.

- sponsor -