- sponsor -

Harga kripto hari ini melonjak tinggi ke angka yang cukup fantastis. Dilansir dari beberapa situs, harga kripto menyentuh angka satu miliar rupiah dengan asumsi kurs BI setara dengan Rp14.243.

Meskipun tidak semua mata uang terlihat bagus, namun rata-rata bisa dibilang cukup aman. Tiga mata uang utama kripto rata-rata naik antara 0,11%-0,67% dengan bitcoin sebagai aktor utama, disusul oleh ethereum dan XRP.

Harga Kripto Hari Ini Hampir Tembus 1 Miliar Beli atau Jual?

Koran Crypto - Harga Kripto Hari Ini Hampir Tembus 1 Miliar Beli atau Jual?

Meski harga masih tergolong fluktuatif pada Minggu 14 November 2021 namun masih bertahan di angka yang cukup tinggi. Tidak main-main satu bitcoin dihargai hampir mencapai satu miliar rupiah.

Harga ini diasumsikan dengan menggunakan nilai tengah kurs BI dan nilai bitcoin ketika berada di angka kisaran US$64.792. Dengan kata lain nilai tukar satu bitcoin setara dengan Rp922.832.456,-

Menurut analisis Paul Spirgel harga kripto hari ini dan beberapa pekan kedepan diperkirakan terus meningkat dalam waktu dekat meski secara teknikal bitcoin sedang dalam fase kijun atas.

Fase kijun atas yaitu fase dimana bitcoin menuju harga level support atau dikisaran US$60.000-59.000. Tapi tenang hal tersebut diramalkan tidak berlangsung lama, karena muncul asumsi nilai tukar kripto akan masuk pada level support yaitu berkisar US$70.000-73.400 setelah sebelumnya anjlok hingga US$54.400.

Sehingga apabila kita ambil nilai tertinggi maka satu bitcoin bisa dihargai rata-rata Rp1,04 miliar rupiah dengan nilai terendah pada Rp997 juta rupiah. Angka yang cukup fantastis bagi para investor bitcoin.

Tidak hanya bitcoin nilai tukar ethereum pun cukup menggiurkan dengan kenaikan sebesar 0,37% perhari dan kenaikan bulanan sebesar 20,45% perbulan. Sedangkan rata-rata kenaikan XRP menembus angka 0,11% perhari dan 5,11% perbulan.

Asumsikan dengan nilai kurs rupiah yang sama, maka satu ethereum dinilai setara dengan Rp66 juta rupiah. Cukup menggiurkan bukan, terlebih bagi Anda yang mendambakan keuntungan besar dari passive income. Anda bisa memutuskan menjualnya sekarang atau membeli lebih banyak lagi.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia Haramkan Kripto sebagai Mata Uang

KoranCrypto - Fatwa Majelis Ulama Indonesia Haramkan Kripto sebagai Mata Uang

Kenaikan harga kripto hari ini tersebut tentunya menjadi dilema bagi para muslim di Indonesia. Munculnya fatwa MUI yang menyatakan uang kripto haram tentu membuat mereka kebakaran jenggot.

Pertanggal 11 November 2021 lalu, melalui forum Ijtima Ulama se-Indonesia fatwa tersebut resmi dikumandangkan. Alasan utamanya yaitu uang kripto mengandung nilai yang menyalahi UU No 7 tahun 2011, Peraturan Bank Indonesia Nomor 17 tahun 2015, dan tentunya menyalahi syarat sil’ah secara syar’i.

Mata uang dianggap menyalahi syarat sil’ah secara syar’I yaitu apabila uang tersebut tidak memiliki wujud fisik, bisa diserahkan ke pembeli, dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti.

Selain itu beberapa alasan lain nilai yang dilanggar yaitu uang ini penuh dengan ketidakpastian. Hal ini jelas karena fluktuatif nilai tukar uang jenis ini sangat tidak menentu. Terlebih lagi kripto juga mengandung ghanar dan dharar.

Tidak hanya dari Indonesia, sentiment negatif tentang kripto pun muncul dari Perdana Menteri Narendra Modi. Beliau beranggapan bahwa kripto hanya alat yang digunakan untuk menjebak generasi muda dengan iming-iming keuntungan tanpa memikirkan resiko jangka panjang.

Pasar kripto juga dinilai tidak transparan sehingga dapat dijadikan wadah pendanaan terorisme dan pencucian uang. Beberapa sentiment negatif tersebut tentu mempengaruhi keadaan pasar kripto di Indonesia, terutama bagi umat muslim.

Diluar semua hal tersebut di atas pilihan ada di tangan Anda sendiri. Mau jual sekarang dan mengikuti aturan aturan keagamaan atau menunggu hingga nilai jualnya tembus di angka satu miliar. Yang paling penting di antara semuanya yaitu selalu pantau pergerakan harga kripto hari ini.

- sponsor -