- sponsor -

Harga Bitcoin Turun Tipis | Selang beberapa hari kemarin, harga mata uang cryptocurrency seperti bitcoin memang tengah menunjukkan penguatan yang cukup signifikan. Pada dua hari kemarin, bitcoin sebagai mata uang kripto telah kembali masuk pada level kisaran U$ 40.000 per keping.

Seperti diketahui, bitoin merupakan mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi. Mengutip dari beberapa media ternama, nilai bitcoin yang diperdagangkan telah masuk pada kisaran U$ 40.465 per keping.

Apabila dirupiahkan, nilai mata uang tersebut mampu mencapai angka sekitar Rp. 574,6 juta. Lewat besar angka tersebut, tentu bisa diketahui apabila mata uang satu ini telah mengalami penguatan sebesar 3,41 persen dibanding beberapa waktu sebelumnya.

Apabila coba dibandingkan dengan akhir pekan kemarin, harga bitcoin hanya ada pada kisaran 23,09 persen. Adanya penguatan dari bitcoin ini memang tidak terlepas dari sosok Elon Musk. Dikabarkan, Elon Musk telah secara resmi menerima transaksi aset kripto.

Harga Cryptocurrency Menguat, Pelan Tapi Pasti
Harga Cryptocurrency Menguat, Pelan Tapi Pasti

Harga Cryptocurrency Menguat, Pelan Tapi Pasti

Pernyataan Musk di mana telah menerima transaksi dengan menggunakan aset kripto memang telah mengubah tren di pasaran. Walau memang demikian, namun perlu diketahui apabila Musk menerima transaksi ini dengan beberapa persyaratan.

Adapun salah satu persyaratan yang dimaksud adalah proses penambangan bitcoin menggunakan tingkat energi bersih. Tingkatan dari energi bersih dan wajar tersebut yaitu sebesar 50 persen.

Walau memang di lapangan nilai bitcoin telah menguat, namun perlu diketahui apabila harga tersebut masih lebih rendah sebesar 3,77 persen dibanding rekor tertingginya (U$ 64.804).

Selain itu, harga aset kripto juga masih terhitung rendah sebesar 40 persen apabila dibandingkan rekor tertingginya di level kisaran U$ 4.356,99 per keping. Untuk harga mata uang kripto lain seperti dogecoin, terpantau saat ini terjadi penguatan tipis sebesar 1,99 persen.

Sempat Menguat, Namun Harga Bitcoin Turun Tipis
Sempat Menguat, Namun Harga Bitcoin Turun Tipis

Sempat Menguat, Namun Harga Bitcoin Turun Tipis

Jika di beberapa hari kemarin mata uang kripto sedang mengalami penguatan, namun hal tersebut berbeda dengan harga per kemarin pagi. Dikabarkan, harga bitcoin memang sempat melemah sebesar 1,57 persen.

Terjadinya pelemahan di hari kemarin membuat harga bitcoin masuk pada level di sekitaran U$ 39,76 per kepingnya. Namun walau demikian, perlu diingat apabila harga bitcoin masih melejit pada kisaran 20,37 persen di akhir pekan kemarin.

Meski sebelumnya terjadi penguatan, namun sebenarnya nilai bitcoin masih terhitung sangat rendah. Penguatan yang terjadi hanya sebesar 38,1 persen saja per kepingnya. Seperti telah dijelaskan di awal, penguatan ini memang tidak lepas dari sosok Elon Musk.
Secara terang-terangan, Musk telah menyatakan bahwa Tesla akan kembali menerima mata uang kripto. Perusahaan besar ini juga mengakui bahwa bitcoin dapat digunakan sebagai salah satu alat transaksi pembelian mobil.

Selain sosok Musk, adanya penguatan cryptocurrency juga terjadi karena keputusan pemerintah El Salvador yang di mana telah mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai pilihan alat untuk bertransaksi.

Dikutip lewat media ternama, harga bitcoin tertinggi memang terjadi sejak bulan Maret kemarin. Tidak sedikit analis yang menilai bahwa bitcoin mampu mencapai kisaran level U$ 40.000, bahkan kembali pada level U$ 50.000

Namun per kemarin sore, mata uang kripto memang mengalami pelemahanan yang tipis. Hal tersebut tentu mengakibatkan beberapa harga aset kripto yang lain juga mengalami penurunan.

Untuk harga terakhirnya, ethereum dikabarkan pada level kisaran U$ 2.525 per keping. Apabila dibandingkan dengan harga ethereum sebelumnya, tentu ini menjadi sebuah kabar yang tidak menyenangkan bagi mereka penambang ethereum.

 

- sponsor -