- sponsor -

Hacker Bobol Uang Kripto dari Horizon senilai $100 Juta. Peretasan tersebut disebutkan memanfaatkan Bridge blockchain. Pencurian ini menjadi salah satu pencurian besar baru di dunia keuagan Kripto.

Belum ada rincinan pasti atas kronologis peretasan tersebut. Namun Harmony, pengembang Horizon mengungkapkan bahwa mereka mengidentifikasi pencurian itu pada hari Rabu pagi dan membidik sebuah akun individu yang diduga sebagai pelaku peretasan tersebut.

Ia menuturkan telah mulai menyelidiki peretasan tersebut dan bekerjasama dengan otoritas nasional serta spesialis forensic untuk dapat mengidentifikasi pelaku pencurian dan diharapkan dapat mengamankan kembali dana yang telah dicuri.

Dalam sebuah tweet, Harmony juga menjealskan bahwa mereka bekerja bersama Biro Investigasi Federan dan beberapa perusahaan keaamanan Cyber untuk menyelidiki serangan tersebut.

Hacker Bobol Uang Kripto Capai Hingga 1 Triliun Rupiah!

Korancrypto - Hacker Bobol Uang Kripto Capai Hingga 1 Triliun Rupiah!

Blockhain Bridge merupakan bagian penting dalam ruang DeFI yang menwarakan pengguna cara mentransfer aset mereka dari satu blockchain ke blockchain lainnnya. Dalam kasus ini, Pengguna dapat mengirim token dari jaringan Etherium ke Binance Smart Chain. Lalu Harmony mengkonfirmasi bahwa serangan tersebut tidak berpengaruh pada Bridge terpisah untuk Bitcoin.

Bridge yang merupakan aspek penting DeFi yang bertujuan untuk membangun ulang layanan keuangan tradisional telah menjadi target utama bagi hacker karna rentan dalam kode basisnya.

Menurut Jerss Symington, pemimpin penelitian di perusahaan analissi blockchain Eliptic. Bridge menjaga mata uang kripto untuk tetap likuid dan mudah dipindahkan menjadikannya menjadi target yan gmenggoda bagi hacker.

Ia juga menuturkan bahwa untuk seorang individu dapat menggunakan Bridge untuk memindahkan dana. Aset akan dikunci di satu blockchain dan tidak dikunci atau dicek di blockcain lain yang mengakibatkan layanan tersebut banyak menyimpan uang dalam bentu aset kripto.

Harmony belum menjelaskan secara pasti bagaimana dana tersebut belum dicuri. Namun satu investor telah menyarakan keprihatinan tentang kemanan bridge Horizon sejak April lalu.

Axie Infity, Wormhole dan Horizon Sudah Pernah di Hack

Koran Crypto - Axie Infity, Wormhole dan Horizon Sudah Pernah di Hack

Keamanan Bridge Horizon sangat bergantung pada dompet ‘multisig’ yang membutuhkan dua tanda tangan untuk memulai transaksi. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa peretasan tersebut merupakan hasil konsekuensi dari ‘kompromi kunci pribadi’. Dimana peretas berhasil memperoleh kata sandi yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke dompet kripto.

Saat itu Harmony tidak langsung memberikan komentar saat dihubungi oleh CNBC. Peretasan ini menjadi salah satu serangkaian serangan penting pada jembatan blockchain lainya.

Jaringan Ronin yang mendukung permainan crypto Axie Infity juga kehilangan lebih dari $600 Juta dalam peretasan yang terjadi pada Maret Lalu. Disisi lain Wormhole, Jembatan populer yang juga kehilangan lebih dari $320 juta dalam peretasan sebulan sebelumnya.

Pencurian ini pada akhirnya menambah aliran negatif dalam dunia mata uang kripto akhir akhir ini. Setelah Crypto Celcius dan Babel Fincance membekukan penarikan setelah penurunan tajam nilai aset merka yang mengakibatkan krisis likuiditas.

Sementara itu dana lindungan nilai crypto yang terkepun Thhree Arrows Capiar dapat dipastikan menjadi acuan pada pinjaman 660 Juta doal dari perusahaan Voyager Digital.

Komunitas kripto sebelumnya telah menyuarakan keprihatinan atas rentetan kejadian tersebut. Dilaporkan hanya dua dari empat multisig yang mengamankan bridge yang menunjukkan bahwa dua penandatangan cukup untuk memindahkan dana.

Seorang pakar industri berpendapat bahwa rendahnya jumlah penandatangan yang diperlukan membuat Bridge menjadi rentan terhadap peretasan. Fakta bahwa Bridge benar-bnar dieksploitasi semakin membuat kekhawatiran publik atas kripto semakin kuat.

Multisig telah menimbulkan ancaman keamanan serius seperti Bridge Ronin Axie Infinity, Wormhole dan sekarang Horizon.

- sponsor -