- sponsor -

Ethereum Berjaya dan Kemajuan peminat mata uang kripto untuk berinvestasi setahun belakangan ini terus bertambah. Jumlah penggemarnya juga tidak main-main karena kenaikan harga kripto yang menjadi pusat perhatian.

Investasi kripto bahkan sudah menjadi alternatif bagi kebanyakan generasi milenial untuk dijadikan aset. Setelah bitcoin tidak memberikan hasil maksimal, kini Ethereum menjadi pilihan para investor kripto.

Kenaikan ini didukung oleh lonjakan keuangan terdesentralisasi (DeFi) beserta antisipasi penyesuaian teknis pada musim panas di tahun ini. Meskipun demikian, Ethereum juga memiliki tantangan dalam kenaikan harganya.

Lonjakan dalam setahunnya mencapai angka lebih dari 350 persen. Aset kripto Ethereum memiliki kapitalisasi pasar dengan peringkat kedua, satu tingkat di bawah mata uang kripto bitcoin.

Meskipun demikian, tidak sebanyak Cache dan memungkinkan memiliki lebih banyak tantangan operasional. Hal ini digunakan untuk mencegah dalam mengalahkan saingan utama dalam kenaikan harganya secara konsisten.

Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya
Ethereum Berjaya

Rekor Kenaikan Ethereum

Mata uang kripto Ethereum tidak ada hentinya mencetak rekor tertinggi sepanjang masa. Perdagangan di awal minggu ini bahkan menembus angka US$4.172,10 per koinnya atau setara dengan 59,25 juta rupiah.

Data menurut CoinDesk juga menerangkan saat ini kapitalisasi pasar dari Ethereum mencapai harga US$466,38 miliar. Jika dihitung sejak awal tahun sudah memberikan imbal hasil mencapai 452,27 persen.

Sedangkan, jumlah koin yang sudah tersebar sebanyak 115,81 juta koin. Kenaikan harga ini diduga dipengaruhi oleh munculnya euforia keuangan terdesentralisasi (DeFi) serta adanya antisipasi musim panas tahun ini.

Meskipun demikian, Ethereum juga memiliki tantangan dalam proses kenaikan harganya. Untuk kenyamanan penggunanya, Ethereum memperbarui versinya ke Ethereum 2.0 guna mengatasi masalah jaringan selama ini.

Oscar Darmawan, CEO Indodax ikut berkomentar dalam proses upgrade Ethereum. Upgrade ini sudah memberikan informasi terkait peta jalan proof of staking. Di dalamnya termasuk fitur sharding yang telah lama dinanti.

Sharding ini dianggap akan memperluas kapasitas Ethereum dalam memproses transaksi. Tentunya cara yang dilakukan ialah dengan membagi databasenya menjadi 64 blockchain mini yang baru sehingga kemacetan jaringan teratasi.

Kenaikan harga Ethereum juga dikarenakan banyaknya sistem pelelangan non fungible token (NFT). Hal ini akan lebih memudahkan pekerja seperti animator, fotografer hingga pencipta teknologi seperti para developer.

Direncanakan juga akan terjadi upgrade EIP-1559 pada pertengahan tahun ini. Proses upgrade ini juga bisa menjadi potensi besar dalam peningkatan harga Ethereum di masa mendatang.

Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya
Ini Pemicunya – website Defi

Pemicu Ethereum berjaya Jadi Idola Baru

Tokoh-tokoh yang mendukung adanya situs DeFi memberikan cerminan masa depan layanan keuangan. Selain itu, juga akan memberikan cara yang lebih murah dan lebih efisien sehingga bisa diakses banyak orang.

Salah satu keterhambatan kenaikan harga Ethereum ialah ketidakmampuan blockchain dalam memenuhi permintaan tanpa mengharuskan mengeluarkan biaya transaksi dalam jumlah yang besar. Selain itu, agar eksekusi transaksi tidak lambat lagi.

Presiden AVA Labs, John Wu menyebutkan platform open-source untuk aplikasi keuangan. Menurutnya, Ethereum menunjukkan migrasi Ethereum 2.0 sudah dikerjakan bahkan dalam kurun waktu bertahun-tahun untuk memaksimalkan hasilnya.

Tidak hanya itu, Ethereum juga menghadapi persaingan ketat dengan berbagai platform lainnya. Beberapa diantaranya seperti Avalanche AVA Labs dan Binance Smart Chain yang kompatibel dengan aplikasi Ethereum.

Perbaikan EIP-1559 juga dilakukan bertujuan mengurangi volatilitas biaya Ethereum. Tentunya dilakukan dengan memperkenalkan mekanisme yang digunakan untuk menghilangkan sebagian biaya transaksi. Hal ini bisa memperlambat penerbitan token.

Perkembangan aset kripto yang dijadikan investasi baru oleh para investor memicu kenaikan harganya. Termasuk yang sedang naik daun ialah Ethereum dengan kenaikan harga pada beberapa minggu terakhir.

- sponsor -