- sponsor -

Deretan Kripto ini Berpotensi sekarang ini memang masih terus dibayang-bayangi dengan tekanan geopolitik yang terus terjadi antara Ukraina dan Rusia. Bukan hanya itu, faktor lain yang mempengaruhi pasar kripto juga berasal dari Federal Reserve AS yang menjadi perhatian dari investor.

Pasar kripto memang harus bersiap menjalani sentiment bearish di pekan terakhir. Pada dasarnya, memang ada beberapa kripto yang memiliki potensi menguat, namun kripto yang memiliki potensi melemah juga tetap ada.

Penyebab Deretan Kripto ini Berpotensi Menguat dan Melemah

Korancrypto - Penyebab Deretan Kripto ini Berpotensi Menguat dan Melemah

Sebelum mengetahui apa saja kripto yang memiliki potensi melemah dalam akhir februari ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui penyebab harga kripto melemah dan menguat, antara lain:

  1. Harga kripto bergantung pada keseimbangan penawaran serta permintaan. Tentu saja ini menjadi hukum pasar. Jika kripto semakin popular, tentu akan banyak permintaan dan harganya akan mengalami kenaikan.
  2. Berita atau liputan yang dilakukan oleh media bisa mempengaruhi harga kripto. Contohnya saja terdapat berita mengenai serangan hacker yang berada di dalam dunia kripto atau berbagai hal buruk menimpa kripto.

Adanya berita seperti ini dapat membuat kemungkinan harga mengalami penurunan. Sedangkan jika berita yang muncul merupakan berita bagus seperti semakin meningkatnya adopsi di belakang teknologi kripto, harga bisa mengalami kenaikan.

  1. Volatilitas harga kripto cukup besar berdasarkan hype atau seringnya menjaga minat yang tinggi. Penurunan harga yang tajam bisa dipengaruhi oleh postingan yang berada di media sosial.
  2. Jumlah atau kuantitas bisa mempengaruhi harga dari kripto. Volume yang dimiliki asset kripto seperti bitcoin sangat sedikit, serta persebarannya juga tidak merata sehingga harganya akan dipengaruhi oleh tindakan pemegang asset kripto ini ketika melakukan penjualan.
  3. Rasa takut serta serakah. Faktor psikologis yang dimiliki investor kripto akan mempengaruhi harga kripto. Tetapi belakangan ini kripto mempunyai korelasi dengan beberapa saham di Amerika Serikat.

Pasar Kripto yang Berpotensi Melemah

Pasar Kripto yang Berpotensi Melemah - Koran Crypto

Berikut beberapa pasar kripto yang memiliki potensi melemah di akhir februari. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bitcoin

Di pekan ini terdapat banyak kripto yang berkapitalisasi besar dan memiliki potensi bearish seperti BTC atau Bitcoin. Bitcoin sudah sempat drop di bawah level support kuat 39.500 USD atau Rp 568,2 jutaan.

Angka tersebut merupakan penurunan paling tinggi semenjak November lalu. Di pekan ini, pergerakan BTC masih memiliki potensi turun sesudah terkoreksi di level harga USD 37.000.

  1. Ethereum atau ETH

Tidak jauh berbeda dengan Bitcoin, jenis Ethereum juga memiliki potensi bearish. ETH berada di dalam fase pemulihan namun masih tersendat. ETH sempat menembus serta ditutup di bawah level USD 2,652 di pertengahan Februari lalu.

  1. Bitcoin DOWN atau BTCDOWN

Bitcoin DOWN memiliki proyeksi mengalami penurunan di pekan terakhir Februari. Kondisi pasar kripto yang terjadi sekarang berpengaruh negative pada Bitcoin DOWN. Pergerakan Bitcoin DOWN telah menunjukkan pola reverse cup and handle.

Selain itu grafik Bitcoin DOWN menunjukkan sinyal bearish sehingga mengindikasikan trend penurunan harga, bahkan saat harga Bitcoin DOWN berada di level bawah. Adanya pergerakan Bitcoin DOWN bisa menjadi sinyal trader keluar dari posisi long dan lebih memilih posisi short.

  1. Terra atau LUNA

Terra merupakan blockchain yang dibangun dan memiliki tujuan menciptakan ekosistem pembayaran digital yang terdesentralisasi dengan menggunakan asset stablecoin LUNA.

Pada penghujung tahun 2021 lalu, LUNA memiliki angka yang sempat melonjak, bahkan menyalip dogecoin. Tetapi, LUNA untuk pekan ini memiliki potensi bearish, LUNA telah menunjukkan pola reverse cup and handle. Sehingga terdapat kemungkinan akan terus turun.

Tentu saja tidak ada yang mengetahui seperti apa nantinya pasar kripto ini, apakah benar-benar akan melemah atau menguat. Namun, saat ini investor harus lebih berhati-hati mengingat adanya geopolitik yang memanas.

 

- sponsor -