//Definisi Cryptocurrency Untuk pemula

Definisi Cryptocurrency Untuk pemula

[Total: 1    Average: 4/5]

Apa itu Cryptocurrency ?

Cryptocurrency adalah uang kripto atau dikenal dengan sebutan mata uang virtual / digital. Cryptocurrency sendiri terdiri atas dua kata yaitu “crypto” (cryptography) dan “currency” (mata uang). Namun, tidak semua cryptocurrency dimaksudkan untuk digunakan sebagai mata uang seperti Bitcoin (BTC).

Mengapa harus Cryptocurrency ?

Cryptocurrency tidak memerlukan otoritas pusat dan mengelola transaksi secara peer to peer (P2P). Artinya, menghubungkan langsung kedua belah pihak tanpa melewati perantara secara online. Sementara jika melalui bank kemungkinan data di curi masih ada, untuk cryptocurrency tidak akan dapat diretas.

Selain itu, cryptocurrency dapat memproses transaksi dalam hitungan detik maupun menit yang berbeda dengan sistem transfer uang yang membutuhkan waktu berhari-hari maupun berbulan-bulan dalam pengiriman lintas negara.

Dapat kita lihat dari pengiriman menggunakan cryptocurrency seperti Ripple (XRP) bisa diselesaikan dalam hitungan detik dan juga biaya lebih murah daripada cara tradisional yang saat ini kita gunakan. Saat ini sudah banyak bank yang mengadopsi XRP untuk melakukan transfer dana antar negara ini.

Bagaimana Cryptocurrency itu bekerja ?

Cryptocurrency dikembangkan dan berjalan diatas sebuah teknologi yang disebut dengan blockchain. Blockchain adalah sebuah protokol database untuk menyortir data menjadi “blocks”.

Pada dasarnya, blockchain adalah kumpulan blocks yang saling berhubungan dalam kode cryptography yang disebut dengan “hashes”. basis data ini terdesentralisasi dan di distribusikan dibanyak komputer.

TAGS: