- sponsor -

Ada berbagai macam Daftar Aset Kripto Penting Tidak Hanya Bitcoin yang harus diketahui. Dengan berkembangnya dunia kripto, ada berbagai macam token baru atau koin yang mulai bermunculan.

Tentu saja, semakin banyaknya koin yang bermunculan, investor juga memiliki banyak alternative asset kripto, jadi bukan hanya bitcoin saja. Asset kripto yang dibuat sesudah bitcoin secara kolektif disebut dengan altcoin (alternative coin) atau shitcoin.

Saat ini altcoin yang bermunculan dan meniru bitcoin juga menjadi semakin banyak. Bahkan memodifikasinya. Sayangnya, tingkat keamanan yang dicapai belum terlihat mirip dengan bitcoin.

Meskipun demikian, ada beberapa kemunculan koin atau token baru yang mempunyai berbagai macam keunikan lain serta tidak dimiliki oleh bitcoin. Inilah yang menjadikannya sebagai pilihan lain selain bitcoin.

Daftar Aset Kripto Penting Sebagai Alternatif Bitcoin

Daftar Aset Kripto Penting Sebagai Alternatif Bitcoin - Korancrypto

Berikut berbagai macam asset kripto yang bisa menjadi alternative bitcoin, antara lain:

Stellar XLM

Stellar merupakan sebuah jaringan blockchain terbuka serta sengaja dirancang untuk memberi solusi perusahaan dengan cara menghubungkan lembaga keuangan untuk kebutuhan transaksi besar.

Biasanya, transaksi besar antara perusahaan dan bank akan memakan waktu hingga beberapa hari serta melibatkan sejumlah perantara, bahkan menghabiskan banyak uang. Namun transaksi tersebut sekarang bisa dilakukan dengan instan tanpa perantara.

Stellar juga menjadi blockchain terbuka yang bisa digunakan siapa saja. Sistem yang dimiliki Stellar memungkinkan transaksi lintas batas di antara mata uang apa saja. tetapi, mata uang asli yang dimiliki Stellar ialah Lumens.

Dogecoin DOGE

Banyak yang menyebut Dogecoin sebagai memecoin. Dogecoin sendiri sempat menyebabkan kegemparan tahun lalu karena harganya yang meroket.

Dogecoin mempergunakan gambar Shiba Inu sebagai avatar serta sempat diterima sebagai sebuah bentuk pembayaran beberapa perusahaan besar.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan Dogecoin untuk alat pembayaran adalah Kronos, Dallas Mavericks dan SpaceX yang dimiliki Elon Musk. Dogecoin dibuat oleh Billy Markus serta Jackson Palmer di tahun 2013.

Harga dari Dogecoin mencapai titik paling tinggi di sepanjang masa selama satu minggu ketika Elon Musk dijadwalkan tampil pada Saturday Live di tahun 2021 lalu tepatnya bulan Desember.

SHIB

Aset kripto penting lainnya adalah SHIB. SHIB juga menjadi memecoin yang terinspirasi dari adanya Dogecoin bahkan, tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai sebuah koin turunan.

SHIB menjadi semakin terkenal ketika di musim gugur tahu 2021 lalu, SHIB berhasil melampaui kapitalisasi Dogecoin.

BNB

Binance Coin merupakan asset kriptop utilitas yang berfungsi sebagai metode pembayaran yang berkaitan dengan perdagangan di Binance Exchange. BNB merupakan kripto ketiga paling besar jika dilihat dari kapitalisasi pasar.

Binance Coin sendiri didirikan oleh Changpeng Zhao serta menjadi salah satu bursa yang begitu banyak digunakan di dunia. Awalnya, Binance Coin merupakan token ERC-20 yang beroprasi di ETH dan mempunyai peluncuran market sendiri.

Di awal 2022 ini, Binance Coin mempunyai kapitalisasi pasar USD 73,3 miliar, nilai dari satu Binance Coin sebesar 435,24 USD.

Ethereum

Ethereum merupakan sebuah platform perangkat lunak serta terdesentralisasi sehingga memungkinkan kontrak pintar serta aplikasi terdesentralisasi. ETH dibangun serta dijalankan tanpa downtime, control, penipuan maupun gangguan lain.

Aplikasi Ethereum ini dijalankan dengan menggunakan blockchain yang dimilikinya sendiri tahun 2014. Ethereum meluncurkan presale untuk Ether serta menerima respons dengan sangat baik.

Di tahun 2020 lalu, Ethereum mentransisikan algoritma konsensusnya. Langkah tersebut dimaksudkan agar memungkinkan jaringan Ethereum berjalan sendiri dengan energy yang lebih sedikit serta kecepatan transaksi yang baik.

Jadi, bukan hanya bitcoin saja yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Anda juga bisa menjadikan berbagai aset kripto penting di atas sebagai alternative investasi.

- sponsor -