- sponsor -

Jika Anda adalah seorang investor kripto, crypto staking tentunya merupakan konsep yang sering didengar. Staking adalah aktivitas bagi pengguna untuk mengunci koinnya di dompet kripto dalam hal berpartisipasi meneguhkan operasi sistem dengan basis proof of stake (PoS).

Proof of stake adalah mekanisme konsensus untuk blockchain yang bekerja dengan memilih validator secara proporsional dengan jumlah kepemilikan mereka dalam aset kripto terkait. Tidak seperti proof of work (PoW), sistem PoS tidak banyak mengonsumsi banyak energi.

Sedangkan proof of work adalah suatu bentuk cryptographic zero-knowledge proof di mana satu membuktikan kepada pihak lain bahwa upaya komputasi tertentu telah dilakukan. Pemeriksa selanjutnya dapat mengkonfirmasi pengeluaran tersebut.

Crypto staking dapat menjadi cara bagus untuk mendapatkan passive income melalui aset kripto yang dimiliki. Apalagi beberapa instrumen cryptocurrency menawarkan suku bunga tinggi. Namun sebelum itu, ada baiknya pahami dulu cara kerja dari staking atau bertaruh.

Bagaimana Cara Kerja dari Crypto Staking?

Koran Crypto - Bagaimana Cara Kerja dari Crypto Staking?

Jika mata uang kripto yang dimiliki seperti Tezos, Cosmos, dan Ethereum dipertaruhkan, investor dapat meraih percentage-rate reward. Biasanya hal ini terjadi pada staking pool yang konsepnya mirip dengan rekening tabungan berbunga.

Konsep staking dalam cryptocurrency mirip dengan konsep mining. Tetapi mining menggunakan sistem proof of work (PoW) dengan memecahkan persamaan kriptografi menggunakan komputer berdaya tinggi.

Pada konsep ini, selain investor mengunci koinnya dalam dompet, mereka juga diberikan insentif untuk menemukan blok baru atau menambahkan transaksi di blockchain. Terlepas dari insentif, blockchain PoS dapat diskalakan dan memiliki kecepatan transaksi yang tinggi.

Crypto staking dilakukan melalui platform yang banyak tersedia di berbagai website. Sebelum itu, investor harus teliti dalam memilih platform tempat memulainya karena jika salah memilih koin dan hadiah yang dimiliki dapat hilang secara bersamaan.

Tidak semua cryptocurrency dapat dilakukan staking, bitcoin dan ethereum 1.0 contohnya. Menggunakan blockchain sederhana yang mirip dengan konsep ledger, proof of work merupakan solusi yang dapat diskalakan.

Tetapi untuk instrumen lebih kompleks seperti ethereum 2.0 yang memiliki berbagai macam aplikasi termasuk seluruh DeFi atau decentralised finance, PoW dapat menyebabkan kemacetan sehingga kecepatan transaksi lebih lama dan biayanya bisa lebih tinggi

Hanya instrumen tertentu, seperti contoh beberapa aset besar adalah Tezos (XTZ), Ethereum 2.0, Algorand (ALGO), Icon (ICX), dan Stablecoins yang dapat dilakukan pertaruhan. Investor dapat mempertimbangkan dan memilih mana mata uang yang akan dilakukan investasi ini.

Keuntungan dan Risiko Dari Fitur Ini

Korancrypto - Keuntungan dan Risiko dari Crypto Staking

Dari hasil menarik yang telah dijelaskan, staking tentu menjadi populer di kalangan investor mata uang kripto karena penghasilan tambahan untuk akun milik pengguna. Lebih jauh lagi, dengan hasil ratusan persen di beberapa instrumen memperkuat posisinya di kripto.

Namun, dalam investasi manapun selalu ada risiko mendampingi. Investor harus mempertimbangkan baik-baik tentang keuntungan dan potensi kerugian apabila memulai staking. Berikut adalah keuntungan dan kerugian yang dapat dipertimbangkan :

Passive income, sistem PoS yang mendasari membuat investor tidak perlu mengeluarkan banyak energi.

Low entry, mudah dilakukan dalam beberapa klik sederhana dan investor tidak memerlukan jumlah besar untuk memulainya.

Kemungkinan hacking atau cyberattacks membuat investor bertaruh dalam bentuk dompet hardware.

Kemungkinan jatuhnya nilai koin, terutama dalam kondisi gejolak pasar. Ketika terkunci dalam periode staking, investor tidak dapat melikuidasi kepemilikan saat terjadi penurunan harga.

Staking memang terlihat lebih baik secara lingkungan dan ekonomi daripada mining berbasis proof of work. Namun perlu diingat bahwa investasi ini memiliki risiko tinggi sehingga investor perlu melakukan riset menyeluruh dan berinvestasi secara bicak dalam crypto staking.

- sponsor -